Band 1975 Viral! Lihat Daftar Musisi yang Dukung LGBT Secara Terang-terangan
Sumber: Instagram The 1975

News / 24 July 2023

Kalangan Sendiri

Band 1975 Viral! Lihat Daftar Musisi yang Dukung LGBT Secara Terang-terangan

Claudia Jessica Official Writer
2190

Aksi ciuman sesama jenis yang dilakukan oleh sebuah band asal Inggris, The 1975 saat tampil dalam acara Good Vibes Festival 2023 di Malaysia, menuai tanggapan kontroversial.

Peristiwa yang terjadi pada hari Jumat (21/07/2023) malam waktu setempat itu membuat pihak penyelenggara segera mengakhiri penampilan The 1975. Bahkan otoritas Malaysia pun memerintahkan untuk membatalkan seluruh rangkaian acara festival musik tersebut.

Jika kita menelusuri lebih lanjut, sebenarnya bukan hanya band The 1975 saja yang menyatakan pro LGBT. Sederet musisi lain juga ikut mendukung LGBT secara terang-terangan. Siapa saja mereka?

 

BACA JUGA: LGBT Ditolak atau Dikasihi? Ini Kata Pendeta Gilbert Lumoindong

 

1. Harry Styles

Bukan rahasia lagi bahwa Harry Styles, seorang musisi dari Inggris, memberikan dukungan kepada komunitas LGBT dan sering diisukan memiliki hubungan dengan sesama jenis. Selain membawa bendera pride ke panggung saat konsernya, Harry juga menjadi viral ketika mencium Lewis Capaldi dalam BRIT Awards 2023.

Namun, tindakan tersebut mendapatkan kritik dari beberapa warga Inggris yang merasa jengah. Mereka menyebut Harry hanya melakukan queerbaiting, yaitu perilaku yang menyiratkan orientasi non-heteroseksual untuk menarik perhatian penonton LGBT, padahal sebenarnya tidak ada bukti atau komitmen terhadap orientasi seksual tersebut.

2. Sam Smith

Sam Smith, musisi asal Inggris telah lama mengakui bahwa ia menyukai sesama jenis. Penampilannya semakin berani dalam mengekspresikan identitasnya, yang menyebabkan kontroversi di kalangan masyarakat Inggris. Banyak dari mereka yang mengkritik Sam Smith dengan keras.

Sejak tampil dengan gaya yang semakin kontroversial, Sam Smith hampir tidak pernah tampil di negara-negara mayoritas Muslim. Ia juga sering kali mengungkapkan pengalaman mendapat komentar homofobia dari beberapa oknum akun yang tak dikenal.

 

BACA JUGA: Tobat Jadi Transgender, Kini Arianna Armor Bagikan Kasih Tuhan ke Jutaan Orang di TikTok

 

3. Chris Martin (Vokalis Coldplay)

Pada beberapa konsernya, Chris Martin sering kali membawa bendera pelangi LGBT, seperti yang terlihat saat tampil di London, Inggris. Hal ini membuat vokalis band Coldplay ini diakui sebagai salah satu musisi dunia yang mendukung komunitas LGBT.

Pada tahun 2019, dia menceritakan kepada Rolling Stone tentang masa kecilnya yang “penuh dengan ketidakpahaman terhadap homoseksualitas” saat dibesarkan dalam keluarga Kristen yang konservatif. Namun, pada usia 15 tahun, dia akhirnya menyadari bahwa menjadi seorang gay bukanlah akhir dari segalanya.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA →

Sumber : jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami