Bahan Khotbah Tentang Fatherless yang Menjelaskan Pentingnya Peran Ayah Dalam Keluarga
Sumber: CNN Indonesia

Kata Alkitab / 20 July 2023

Kalangan Sendiri

Bahan Khotbah Tentang Fatherless yang Menjelaskan Pentingnya Peran Ayah Dalam Keluarga

Claudia Jessica Official Writer
2424

Berdasarkan informasi dari Narasi TV dan beberapa media Indonesia, terungkap bahwa Indonesia menduduki peringkat ketiga tertinggi di dunia sebagai negara dengan tingkat kehadiran ayah yang rendah menurut data Kementerian Sosial tahun 2017. Meskipun data lengkapnya belum diungkapkan secara rinci, banyak pihak yang memberikan respons terhadap fakta ini.

Bagaimana kita sebagai orang Kristen menyikapi masalah ini?

Alkitab mencatat banyak sekali teladan seorang ayah yang baik terhadap anaknya. Sebagai orang Kristen, Anda dapat membagikan bahan khotbah atau sharing tentang fatherless ini ke jemaat atau teman komsel atau bahkan kepada keluarga Anda sendiri.

1. 8 Karakter yang Harus Dimiliki Ayah Sesuai dengan Alkitab agar Terhindar dari Fatherless

Fatherless sendiri merupakan istilah yang disematkan kepada suatu kondisi dimana seorang anak tidak mendapatkan peran pengasuhan dari seorang ayah di dalam kehidupannya. Atau bisa dibilang, anak hanya mendapatkan peran pengasuhan dari sosok ibu saja.

Oleh karena itu, sebagai seorang ayah sangat penting untuk memiliki hubungan yang kuat dengan Allah, memahami dan menghidupi karakteristik yang terkandung di dalam Alkitab agar terhindar dari situasi fatherless. 

Ada banyak karakter ayah Kristen yang baik yang dapat kita temukan di dalam Alkitab. Sehingga dengan adanya prinsip dan teladan yang terkandung di dalamnya dapat membimbing seorang ayah dalam memimpin keluarga dengan bijaksana dan penuh kasih. 

Bahan khotbah tentang Fatherless ini dapat Anda baca selengkapnya dengan KLIK DI SINI

 

2. Bagaimana Ibu Single Parent Mengisi Peran Ayah Bagi Anak?

Masalah Fatherless bisa muncul dari dua faktor utama, diantaranya perceraian dan kelahiran anak di luar nikah. Tidak dipungkiri jika kematian juga bisa menjadi faktor penyebabnya, meski begitu rasionya tentu jauh lebih rendah dibandingkan dengan perceraian dan kelahiran di luar nikah.

Faktanya, ketidakhadiran figur seorang ayah di dalam hidup anak bisa menimbulkan ketimpangan psikologi. Lalu bagaimana seorang ibu yang harus membesarkan anak seorang diri bisa menghadirkan peran seorang ayah bagi anak?

Bahan khotbah tentang Fatherless ini dapat Anda baca selengkapnya dengan KLIK DI SINI

 

3. Betapa Pentingnya Peran Ayah dan Keterlibatannya dalam Mengasuh Anak

Selain ibu, peran seorang ayah juga sangat penting dalam pola pengasuh anak. Jika sebelumnya kita menilai peran ayah hanya seputar sebagai penghasil materi atau uang, maka belakangan ini pandangan masyarakat sudah mulai bergeser. Ayah juga telah dilibatkan dalam proses tumbuh kembang anak. Peran ayah di dalam pengasuhan sangat berdampak pada hubungan antara ayah dan anak.

Penelitian yang dilakukan oleh Wallace dan Newman (2015) menemukan bahwa ayah yang terlibat dalam pengasuhan anak sangat membantu meningkatkan kualitas kehidupan keluarga secara keseluruhan. Menurut pandangan agama, terutama bagi umat Kristen, Alkitab juga memberikan pandangan yang sangat jelas mengenai peran ayah dalam keluarga.

Bahan khotbah tentang Fatherless ini dapat Anda baca selengkapnya dengan KLIK DI SINI

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA →

Sumber : jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami