Apa yang Alkitab Katakan Tentang Mengasingkan Diri dengan Retret?
Sumber: jawaban.com

Kata Alkitab / 14 July 2023

Kalangan Sendiri

Apa yang Alkitab Katakan Tentang Mengasingkan Diri dengan Retret?

Claudia Jessica Official Writer
1440

Retret, aktivitas menarik diri dari keramaian untuk mencari ketenangan, sering kali dilakukan oleh gereja-gereja dan komunitas Kristen guna memulihkan dan menyegarkan kembali kerohanian mereka. Retret sendiri rupanya sudah dilakukan sejak jaman Yesus, bahkan Ia sendiri melakukannya untuk mendapatkan kesegaran (Markus 1:35).

Jadi, apa sih yang Alkitab katakan tentang retret? Berikut ini adalah 12 Ayat Alkitab yang katakan tentang mengasingkan diri dengan retret:

Mazmur 23:1

TUHAN adalah gembalaku, takkan kekurangan aku.

Mazmur 42: 2-3

Seperti rusa yang merindukan sungai yang berair, demikianlah jiwaku merindukan Engkau, ya Allah. Jiwaku haus kepada Allah, kepada Allah yang hidup. Bilakah aku boleh datang melihat Allah?

 

BACA JUGA: Apakah Retret Bisa Dilakukan Sendiri Tanpa Kelompok?

 

Mazmur 62:6

Hanya pada Allah saja kiranya aku tenang, sebab dari pada-Nyalah harapanku.

Mazmur 80: 19-20

Maka kami tidak akan menyimpang dari pada-Mu. Biarkanlah kami hidup, maka kami akan menyerukan nama-Mu. Ya TUHAN, Allah semesta alam, pulihkanlah kami, buatlah wajah-Mu bersinar, maka kami akan selamat

Mazmur 116:7

Kembalilah tenang, hai jiwaku, sebab TUHAN telah berbuat baik kepadamu.

Mazmur 119:114

Engkaulah persembunyianku dan perisaiku; aku berharap kepada firman-Mu.

Amsal 11: 25

Siapa banyak memberi berkat, diberi kelimpahan, siapa memberi minum, ia sendiri akan diberi minum.

 

BACA JUGA: 3 Manfaat Lakukan Retret Rohani Singkat Bagi Orang Percaya

 

Yesaya 28:12-13

Dia yang telah berfirman kepada mereka: “Inilah tempat perhentian, berilah perhentian kepada orang yang lelah; inilah tempat peristirahatan!” Tetapi mereka tidak mau mendengarkan. Maka mereka akan mendengarkan firman TUHAN yang begini: “Harus ini harus itu, mesti begini mesti begitu, tambah ini tambah itu!” supaya dalam berjalan mereka jatuh telentang, sehingga luka, tertangkap dan tertawan.

Yeremia 31:25

Sebab Aku akan membuat segar orang yang lelah, dan setiap orang yang merana akan Kubuat puas.

Hosea 2:13-14

Sebab itu, sesungguhnya, Aku ini akan membujuk dia, dan membawa dia ke padang gurun, dan berbicara menenangkan hatinya. Aku akan memberikan kepadanya kebun anggurnya dari sana, dan membuat lembah Akhor menjadi pintu pengharapan. Maka dia akan merelakan diri di sana seperti pada masa mudanya, seperti pada waktu dia berangkat keluar dari tanah Mesir.

Matius 11:28

Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.

Markus 6:31

Lalu Ia berkata kepada mereka: "Marilah ke tempat yang sunyi, supaya kita sendirian, dan beristirahatlah seketika!" Sebab memang begitu banyaknya orang yang datang dan yang pergi, sehingga makan pun mereka tidak sempat.

 

BACA JUGA: 4 Manfaat Sekolah Minggu Adakan Retret Rohani Untuk Anak

 

Retret rohani merupakan waktu yang berharga dalam perjalanan iman Kristen. Ini adalah waktu untuk mendekatkan diri kepada Tuhan, memperkuat relasi dengan-Nya, dan membiarkan Roh Kudus mengisi dan memimpin hidup kita. Melalui retret rohani, kita dapat menemukan keseimbangan, kedamaian, dan pertumbuhan dalam hidup rohani kita.

Maukah Anda meluangkan waktu untuk retret memulihkan kerohanian Anda?

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami