Benarkah Retret Gereja Bisa Bikin Anak Muda Lebih Dekat Sama Tuhan?
Sumber: SignUpGenius

Relationship / 11 July 2023

Kalangan Sendiri

Benarkah Retret Gereja Bisa Bikin Anak Muda Lebih Dekat Sama Tuhan?

Lori Contributor
5005

Pikirkan soal hal pertama kali saat kamu bergabung dalam sebuah kamp atau akrab dikenal sama retret rohani yang diadakan sama gereja atau organisasi pelayanan. Bagi banyak orang mungkin hal itu sangat menyenangkan, menarik dan penting buat kita. Benner sih kalau kita bisa dapat belajar berbagai hal, menikmati hubungan yang lebih akrab dengan Tuhan dan punya komunitas Kristen yang semakin luas. Tapi, ternyata banyak yang keliru memahami soal ikut dalam sebuah retret rohani Kristen lho!

Kebersamaan dan peneguhan iman yang kita dapat memang sangat menolong kita untuk terus bertumbuh secara iman. Tapi bukan berarti kamp sejenis yang sering diadakan oleh gereja bisa jadi jalan satu-satunya buat kita bisa semakin dekat sama Tuhan lho ya! Dalam artian, kegiatan ini bukan jalan satu-satunya bagi kita untuk bisa benar-benar mengenal Tuhan.

 

Baca Juga: 8 Alasan Pasangan Kristen Perlu Ikuti Retret Pernikahan Gereja

 

Kebenarannya adalah nggak ada acara, pelatihan, pengajaran pemuridan atau doktrin yang bisa membawa kita lebih dekat kepada Tuhan, selain kita bisa datang lebih dekat dengan Tuhan itu sendiri.

“Karena kita sekarang mempunyai Imam Besar Agung, yang telah melintasi semua langit, yaitu Yesus, Anak Allah, baiklah kita teguh berpegang pada pengakuan iman kita....Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya.” (Ibrani 4: 14, 16)

Usia muda memang menjadi momen setiap orang kemudian mulai mencari jati dirinya, termasuk mempertanyakan soal segala sesuatu yang hadir di tengah dunia ini. Karena itulah satu-satunya cara untuk menemukannya adalah dengan mencari siapa Tuhan itu dengan mulai membuka hati secara pribadi dan mendekat kepada Tuhan di dalam Kristus Yesus. Sebagaimana diucapkan Yesus bahwa tak ada yang boleh datang kepada Bapa kecuali melalui Dia. Ini adalah melalui pengorbanan Yesus Kristus.

 

Baca Juga: 3 Manfaat Lakukan Retret Rohani Singkat Bagi Orang Percaya

 

Karena kita, sebagai anak muda, terlalu menikmati komunitas atau acara tertentu, pikiran kita justru akan semakin jauh dari Tuhan itu sendiri. Meskipun Tuhan itu sendiri selalu dekat dengan kita. Alkitab bahkan menuliskan supaya sendirilah yang mendekat kepada Tuhan.

“Mendekatlah kepada Allah, dan Ia akan mendekat kepadamu. Tahirkanlah tanganmu, hai kamu orang-orang berdosa! dan sucikanlah hatimu, hai kamu yang mendua hati!” (Yakobus 4: 8)

Ayat Alkitab ini menekankan supaya kita tidak perlu menggantungkan kehidupan rohani kita kepada sebuah acara rohani atau kebangunan rohani. Sebab kita hanya perlu menempatkan iman dan kepercayaan kita kepada Yesus, dan kita pasti akan merasakan hadirat-Nya ada ata kita.

Perlu ditekankan, bahwa kamp atau retret rohani adalah kegiatan yang baik untuk kita bisa mendapatkan banyak pengajaran, pelajaran dan juga memperluas pertemanan. Tapi jangan menjadikan acara ini sebagai cara utama untuk mencari Tuhan dan membangun hubungan kembali dengan-Nya.

Nah, buat yang muda-muda nih kalau awalnya punya motivasi ikut kamp karena pengen mencari Tuhan, perlu hati-hati ya. Supaya kita jangan terjebak dalam pola pikir yang salah.

 

Apakah Anda diberkati dengan artikel ini dan rindu agar orang lain ikut diberkati? Mari bersama-sama dengan kami terus menghasilkan konten-konten inspiratif dengan terus mendukung pelayanan kami dengan klik link di bawah.

 

 

DONASI

 

 

Sumber : Christiantoday.com | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami