15 Cara Memprioritaskan Pasangan dalam Pernikahan
Sumber: pexels.com

Marriage / 30 June 2023

Kalangan Sendiri

15 Cara Memprioritaskan Pasangan dalam Pernikahan

Aprita L Ekanaru Official Writer
2671

Ketika kita menjalani berbagai tahap kehidupan, menavigasi prioritas menjadi semakin rumit. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk belajar menjadikan pasangan sebagai prioritas utama. Saat kita berkencan, kita berusaha menyeimbangkan waktu antara pasangan dan teman. Setelah menikah, mungkin kita bingung apakah harus lebih memperhatikan pasangan atau orang tua. Namun, jika pasangan kita merasa tersesat, apakah kita harus memprioritaskan pasangan?

Menjadikan pasangan sebagai prioritas berarti kita mengutamakan pasangan dalam hubungan kita. Ini tidak berarti mengabaikan kebutuhan dan keinginan kita sendiri, melainkan memberikan ruang untuk kebutuhan dan keinginan pasangan kita sejajar dengan kebutuhan dan keinginan kita sendiri. Sebagai pasangan yang telah menikah, kita adalah satu tim yang bekerja bersama.

 

BACA JUGA: 4 Hal yang Perlu dihindari Berdasarkan Kisah Alkitab untuk Memperkuat Ikatan Pernikahan

 

Pertanyaan sering muncul mengenai siapa yang harus didahulukan: orang tua atau pasangan? Jika kita memiliki hubungan yang dekat dengan orang tua, kita sering meminta nasihat dan membagikan masalah kita.

Walaupun dekat dengan orang tua adalah hal yang menyenangkan dan mereka telah mengenal kita lebih lama dari pasangan, pasangan kita seharusnya menjadi prioritas utama. Kita telah berjanji untuk menghormati dan menghargai pasangan kita, sehingga penting bagi kita untuk menghargai privasi dan pendapat mereka. Kita tinggal bersama pasangan kita, bukan dengan orang tua, oleh karena itu pernikahan harus menjadi prioritas dalam hubungan yang sehat.

Cobalah Anda lakukan 15 cara ini untuk menjadikan pasangan Anda sebagai prioritas, diantaranya:

1. Ungkapkan terima kasih pada pasangan

Jika Anda baru belajar bagaimana memprioritaskan pasangan Anda, silakan mulai dari yang kecil.

Anda dapat menjadikan pasangan Anda sebagai prioritas dengan mengungkapkan rasa terima kasih Anda kepada mereka, karena penelitian menunjukkan bahwa pasangan menikah yang mengungkapkan rasa terima kasih secara teratur memiliki:

  • Kepuasan hubungan yang lebih besar
  • Tingkat keintiman yang lebih tinggi
  • Dukungan untuk mengejar tujuan
  • Investasi dan komitmen hubungan yang lebih besar

2. Ingat arti partner

Menempatkan pasangan Anda sebagai yang pertama dalam suatu hubungan tidak selalu mudah. Lagi pula, Anda mungkin memiliki hal-hal lain dalam hidup Anda, seperti teman, keluarga, dan bahkan mungkin anak-anak.

Anda dapat mempelajari cara menunjukkan kepada pasangan Anda bahwa dia adalah prioritas dengan mengingat bahwa dia bukan hanya kekasih Anda; dia adalah pasangan Anda.

Partner adalah seseorang yang bekerja sama dengan Anda. Ini adalah upaya kerja sama antara dua orang yang ingin mencapai tujuan – dalam hal ini: pernikahan yang sukses.

3. Perhatikan pasangan Anda

Cara lain untuk menjadikan pasangan Anda sebagai prioritas adalah dengan memperhatikan hal-hal kecil tentang dirinya.

Ini terlihat kecil, tetapi ketika Anda memprioritaskan seseorang, Anda menunjukkan kepada mereka bahwa perhatian mereka penting bagi Anda.

Saat Anda memperhatikan apa yang terjadi dalam hidup pasangan Anda, Anda menjadikan kebahagiaan dan tujuan mereka sebagai pengalaman bersama.

4. Ambil sisi mereka

Anda dapat menjadikan pasangan Anda sebagai prioritas dengan memihaknya ketika mereka berada dalam konflik di luar pernikahan.

Loyalitas sangat penting untuk pernikahan yang penuh kasih dan langgeng. Bahkan jika Anda tidak selalu setuju dengan pasangan Anda tentang suatu hal, dukung dia dan berusahalah untuk memahami perasaannya.

Berpegang teguh pada pasangan Anda menunjukkan bahwa Anda mengutamakan pasangan Anda dalam suatu hubungan, apapun yang terjadi.

5. Bayangkan masa depan Anda

Saat mencoba mencari tahu mengapa pasangan Anda harus didahulukan, tanyakan pada diri Anda seperti apa masa depan yang Anda inginkan.

Pasangan Anda adalah masa depan Anda. Saat Anda tua dan beruban, bukan anak, orang tua, atau hobi Anda yang akan memeluk Anda di malam hari. Ini bukanlah hal-hal yang membuat Anda berbagi kehidupan intim.

Jadi, alih-alih terganggu, berusahalah untuk mengutamakan pasangan Anda dan memantapkan masa depan Anda sebagai pasangan.

 

BACA JUGA: 8 Cara Menghidupkan Kembali Romansa dalam Sebuah Pernikahan

 

6. Kirimi mereka pesan teks

Apa artinya mengutamakan pasangan Anda? Itu berarti membuat mereka merasa istimewa. Salah satu cara untuk memprioritaskan pasangan Anda adalah dengan mengirim pesan kepada mereka.

Prioritaskan pasangan Anda dengan memberi tahu dia bahwa Anda memikirkannya sepanjang hari. Tanyakan kabarnya. Katakan padanya Anda tidak sabar untuk melihatnya ketika Anda tiba di rumah. Buat dia merasa dicintai.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA >>

7. Temukan keseimbangan

Salah satu cara paling signifikan untuk memprioritaskan pasangan Anda adalah dengan mengetahui keseimbangan pekerjaan/kehidupan Anda.

Secara alami, pekerjaan akan membutuhkan perhatian Anda, tetapi gangguan pekerjaan Anda harus berhenti saat Anda berjalan melewati pintu depan (atau keluar dari kantor Anda).

Mengutamakan pasangan Anda dalam suatu hubungan dapat dicapai jika Anda menemukan keseimbangan yang masuk akal untuk keluarga Anda.

 

BACA JUGA: Apakah Cinta Saja Dapat Membuat Pernikahan Menjadi Bahagia?

 

8. Tanyakan pendapat mereka sebelum Anda membuat rencana

Haruskah Anda selalu mengutamakan pasangan Anda? Belum tentu, tapi ada baiknya datang ke pasangan Anda sebelum membuat rencana.

Jika teman Anda mengajak Anda keluar pada malam hari, prioritaskan pasangan Anda dengan mengajaknya terlebih dahulu.

Jangan menganggapnya sebagai meminta izin, melainkan bersikap sopan kepada pasangan Anda. Memberi tahu dia apa yang ingin Anda lakukan malam itu, memberinya waktu untuk membuat rencana atau menyesuaikan jadwalnya.

9. Pahami mengapa pasangan Anda harus didahulukan

Apa artinya mengutamakan pasangan Anda? Itu berarti menempatkan mereka di atas hobi, teman, dan tanggung jawab lainnya.

Ini mungkin terdengar kasar. Lagi pula, Anda menyukai hobi, teman, dan keluarga Anda. Namun pahamilah bahwa mengutamakan pasangan Anda dalam suatu hubungan tidak berarti mengabaikan hal-hal lain yang penting bagi Anda.

Menjadikan pasangan Anda sebagai prioritas berarti meluangkan waktu untuk menunjukkan kepada pasangan Anda bahwa mereka penting.

10. Luangkan waktu 

Salah satu cara terbaik untuk menjadikan pasangan Anda prioritas adalah dengan memberi mereka waktu Anda.

Prioritaskan pasangan Anda dengan mengatur malam kencan reguler dan jauhkan semua gangguan seperti telepon dan televisi selama waktu itu.

Penelitian menunjukkan bahwa melakukan hal itu dapat membantu meningkatkan keintiman seksual, meningkatkan komunikasi, dan mengembalikan kegembiraan ke dalam pernikahan Anda.

11. Hormati mereka dan keputusan mereka

Salah satu prioritas terbesar Anda dalam pernikahan adalah menunjukkan rasa hormat.

Saat Anda menghormati pasangan, Anda membuka pintu untuk saling menghormati dan memahami, menjunjung tinggi batasan yang sehat, dan bekerja sama selama konflik.

12. Buat tujuan bersama

Apa artinya mengutamakan pasangan Anda? Artinya tumbuh bersama. Menjadikan pasangan Anda sebagai prioritas berarti bersatu dan menciptakan tujuan yang dapat Anda upayakan. Misalnya:

  • Memiliki jadwal kencan yang teratur
  • Menabung untuk liburan romantis
  • Memulai hobi baru bersama

Tujuan bersama memastikan bahwa Anda terus tumbuh bersama dari waktu ke waktu dan memperkuat hubungan Anda.

13. Tetap ingin tahu tentang pasangan Anda

Salah satu cara Anda dapat menjadikan pasangan Anda sebagai prioritas adalah dengan mengajukan pertanyaan tentang mereka.

The Harvard Gazette melaporkan bahwa tetap ingin tahu tentang pasangan Anda adalah salah satu kunci untuk menjaga agar cinta Anda tetap hidup.

Prioritaskan pasangan Anda dan perkuat pernikahan Anda dengan tetap ingin tahu tentangnya.

14. Mintalah pendapat mereka

Apa artinya mengutamakan pasangan Anda? Itu berarti meluangkan waktu untuk meminta pendapat mereka tentang hal-hal penting.

Kedua pasangan harus terlibat dalam perubahan besar yang mempengaruhi pernikahan, seperti pindah, mengambil pekerjaan baru, atau bahkan menerima rencana sosial.

Prioritas Anda dalam pernikahan mungkin tidak sama dengan pasangan Anda, jadi selalu baik untuk berkumpul sebagai pasangan dan mendiskusikan rencana besar sebelum membuat keputusan tegas.

Ini menunjukkan cinta dan rasa hormat dan merupakan salah satu langkah ke arah yang benar untuk mengutamakan pasangan Anda dalam suatu hubungan.

15. Bersedia berkorban

Terkadang mengutamakan pasangan Anda dalam suatu hubungan berarti Anda harus membatalkan rencana atau mengorbankan waktu luang Anda untuk selalu ada untuk mereka.

Prioritaskan pasangan Anda dengan menunjukkan padanya bahwa Anda akan selalu ada untuknya, apa pun yang terjadi.

 

BACA JUGA: Menciptakan Pernikahan yang Harmonis, Jangan Lupa Lakukan Satu Hal Ini...

 

Selalu ingat, pernikahan yang diprioritaskan adalah pernikahan yang bahagia. Mengutamakan pasangan Anda dalam pernikahan tidak selalu mudah, tetapi itu selalu sepadan.

Sumber : marriage.com | Jawaban.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami