Apa yang Membedakan Makna Pengorbanan bagi Umat Yahudi, Kristen, dan Katolik?
Sumber: bible

Kata Alkitab / 27 June 2023

Kalangan Sendiri

Apa yang Membedakan Makna Pengorbanan bagi Umat Yahudi, Kristen, dan Katolik?

Bella Tiurma Official Writer
1419

Berdasarkan pengertian yang terkandung dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengorbanan adalah proses, cara, dan perbuatan mengorbankan. Sedangkan secara harfiah pengertian pengorbanan adalah suatu hal yang kita lakukan secara sadar tanpa adanya perjanjian yang diberikan secara ikhlas. Dan biasanya pengorbanan yang kita berikan tidak hanya seputar penyembelihan hewan saja, tetapi pemberian waktu, pikiran, bahkan tenaga kita kepada Tuhan. 

Namun pada beberapa kepercayaan, melakukan sebuah pengorbanan sebagai bentuk ketaatan kita dalam menjalankan ibadah dan perintah agamanya. Lalu apa yang menjadi makna dari pengorbanan bagi umat Yahudi, Kristen, dan Katolik? 

Makna Pengorbanan Bagi Umat Yahudi 

Pengorbanan bagi umat Yahudi telah dijelaskan dalam Perjanjian Lama, dimana pengorbanan yang terbaik adalah pengorbanan sembelihan hewani yang dijadikan sebagai korban bakaran. Korban bakaran ini bukan sekedar penghormatan biasa kepada Allah, tetapi dilakukan untuk penebusan dosa dan keselamatan. 

Pengorbanan yang dilakukan oleh umat Yahudi sebagai korban dalam meraih keselamatan ini dilakukan oleh para nabi yang ditunjukkan dan doa untuk melayani Tuhan. Namun, pengorbanan ini memiliki makna yang sangat mendalam sebagai tujuan dalam penebusan melalui Yesus. 

Makna Pengorbanan Bagi Umat Kristen 

Bagi sebagian besar umat Kristiani melakukan pengorbanan hewan kurban tidak lagi menjadi sebuah acuan yang dituntut untuk dilakukan seperti dalam Perjanjian Lama. Karena di dalam Perjanjian Baru Yesus telah memberikan dirinya sendiri sebagai kurban untuk menebus dosa manusia sekali untuk selamanya. 

Pada umumnya, kebanyakan umat Kristen melakukan kurban persembahan sebagai bentuk sebuah penghormatan yang dilakukan atas pengorbanan yang sudah Yesus lakukan bagi kita. Sehingga pengorbanan yang dilakukan oleh umat Kristen tidak perlu memberikan hewan bakaran saja yang dilakukan secara rutin setiap tahunnya. Tetapi kita dapat memberikan tubuh kita sebagai persembahan yang hidup , kudus, dan berkenan bagi kemuliaan Allah. 

“Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati.” - Roma 12 : 1 

Makna Pengorbanan Bagi Umat Katolik 

Sebagian besar umat Katolik percaya bahwa pengorbanan yang dilakukan sebagai simbol kasih sayang Kristus. Dimana kurban yang dilakukan sebagai simbol penyembelihan domba yang telah dijelaskan dalam Perjanjian Baru dalam Yohanes 1 : 29 “Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia.” 

Berdasarkan ayat tersebut kita dapat memahami bahwa Yesus digambarkan sebagai domba Allah yang akan disembelih dan darah Kristus yang suci sebagai sarana dalam menghilangkan dosa dunia. Inilah pemaknaan yang diambil oleh setiap umat Katolik dalam memberikan pengorbanannya yang berakar dalam belas kasih.

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami