Cerai Dengan Suami, Perlukah Seorang Ibu Tunggal Bekerja Sekaligus Mengurus Anaknya?
Sumber: canva.com

Finance / 26 June 2023

Kalangan Sendiri

Cerai Dengan Suami, Perlukah Seorang Ibu Tunggal Bekerja Sekaligus Mengurus Anaknya?

Claudia Jessica Official Writer
1340

Menjadi seorang ibu tunggal atau single mom setelah bercerai tentu bukan tanggungjawab yang mudah. Terlebih lagi Anda masih harus merawat anak Anda tanpa kehadiran pasangan yang seharusnya menjadi rekan dalam segala keadaan.

Disaat yang bersamaan dengan mengurus anak, masih ada kebutuhan finansial yang harus dipenuhi. Lantas perlukah seorang single mom bekerja untuk memenuhi kebutuhannya?

Menjadi seorang single mom, keputusan untuk bekerja atau tidak adalah pertanyaan yang membutuhkan pemikiran yang cermat. Pasalnya seorang single mom masih harus mendampingi anak demi mencapai pertumbuhan yang optimal. Ada begitu banyak hal yang harus dipertimbangkan dan seorang single mom harus siap berkorban untuk keluarganya.

Mantan suami Anda mungkin masih memberikan nafkah untuk memenuhi tanggung jawabnya sebagai seorang ayah. Kendati demikian, ada beberapa alasan mengapa seorang single mom masih harus mencari nafkah:

 

BACA JUGA: Alami Kesulitan Keuangan Karena Single Parent? Simak Tips Berikut Agar Keuanganmu Lancar

 

1. Mandiri Secara Finansial

Meskipun menerima nafkah dari mantan suami, memiliki sumber pendapatan tambahan dari pekerjaan dapat memberikan kemandirian finansial yang lebih besar. Ini memungkinkan single mom untuk mengatasi kebutuhan sehari-hari, mengelola keuangan dengan lebih baik, dan merasa lebih aman secara finansial.

2. Meningkatkan Kualitas Hidup yang Lebih Baik

Bekerja dapat memberikan kesempatan untuk meningkatkan kualitas hidup bagi single mom dan anak-anaknya. Pendapatan tambahan dari pekerjaan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang lebih baik, seperti pendidikan, perawatan kesehatan, dan fasilitas yang lebih baik.

3. Kepuasan Pribadi dan Perkembangan Karir

Bekerja dapat memberikan kepuasan pribadi dan memungkinkan single mom untuk mengembangkan keterampilan dan kemampuan mereka. Karir yang berkembang dapat memberikan peluang pertumbuhan dan meningkatkan prospek keuangan di masa depan.

 

BACA JUGA: Teruntuk Single Parent, Ini 5 Tips Rayakan Natal Berkesan Bersama Buah Hati

 

4. Menjadi Teladan bagi Anak

Dengan bekerja, seorang single mom dapat menjadi contoh yang baik bagi anak-anaknya. Mereka dapat mengajarkan nilai-nilai kerja keras, kemandirian, dan ketekunan kepada anak-anak mereka. Hal ini dapat membantu mempersiapkan anak-anak untuk masa depan mereka sendiri.

5. Membangun Jaringan Sosial dan Dukungan

Bekerja juga memberikan kesempatan untuk membangun jaringan sosial dan mendapatkan dukungan dari rekan kerja dan kolega. Hal ini penting untuk kesejahteraan emosional dan mendapatkan bantuan ketika dibutuhkan.

Kendati demikian, bekerja sebagai single mom tentu mengorbankan banyak hal. Anda harus mengorbankan waktu bersama dengan anak, tidak dapat hadir di acara yang penting bagi anak, mengalami penat dan stres, bahkan masih rentan mengalami kesulitan keuangan lantaran harus mengatur pengeluaran dengan hati-hati, menyesuaikan gaya hidup, dan memastikan kebutuhan anak-anak terpenuhi.

 

BACA JUGA: Single Mom? Nggak Mudah, 4 Pelajaran Ini Akan Membuat Tegar Dan Inspirasi Banyak Orang!

 

Keputusan untuk bekerja atau tidak tetap merupakan pilihan pribadi yang harus dipertimbangkan dengan cermat. Setiap single mom harus mempertimbangkan keadaan mereka sendiri, kebutuhan finansial, serta kesejahteraan fisik dan emosional mereka sendiri dan anak-anak sebelum membuat keputusan yang tepat bagi mereka.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami