Fakta Alkitab: Mengapa Yesus Tidak Langsung Naik ke Surga Setelah Kebangkitan-Nya?
Sumber: jawaban.com

Fakta Alkitab / 14 June 2023

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab: Mengapa Yesus Tidak Langsung Naik ke Surga Setelah Kebangkitan-Nya?

Claudia Jessica Official Writer
1671

Mengapa Yesus tidak langsung naik ke surga setelah kebangkitan-Nya? Mengapa Yesus justu menampakkan diri selama 40 hari setelah bangkit dari kematian? Apakah Yesus tidak bisa langsung pergi ke Surga?

Pertama, kita hari memahami bahwa kematian Yesus adalah sebuah fakta. Demikian pula dengan kebangkitan-Nya. Alkitab dan catatan sejarah mendukung kuat peristiwa kematian Yesus lewat beberapa saksi. Misalnya Yusuf Arimatea, seorang anggota Majelis Besar Farisi dan perempuan-perempuan pengikut Yesus yang merawat jenazah Yesus ketika akan dikuburkan di bukit batu. (Lukas 23:50-56)

Informasi seputar kematian Yesus ini perlu dibahas agar orang-orang memahami bahwa Yesus yang mati itu adalah Yesus yang juga bangkit. Setelah kebangkitan Yesus, Dia masih berada di bumi selama 40 hari. Nah, apa saja yang Yesus lakukan selama 40 hari itu? Berikut ini adalah beberapa hal yang dilakukan Yesus selama 40 hari setelah kebangkitan-Nya.

 

BACA JUGA: Peristiwa Yesus Menampakkan Diri 12 Kali Setelah Kebangkitan-Nya 

 

#1 Yesus menampakkan diri kepada sejumlah murid atau pengikut-Nya

Awalnya, berita kebangkitan Yesus dikabarkan oleh kaum wanita pengikut Yesus. Maria Magdalena dan Maria yang lain mendapati kubur Yesus telah kosong saat mereka berkunjung ke sana (Matius 28:8-10). Setelah itu, Yesus menampakkan diri kepada murid-murid-Nyadalam berbagai kesempatan. Seperti, kepada dua orang murid yang sedang berjalan menuju Emaus, sebuah desa yang letaknya 7 mil dari Yerusalem. (Lukas 24:13-43)

Munculnya ungkapan Tomas si Peragu juga menjadi salah satu bukti bahwa Yesus telah bangkit. Tomas, salah satu murid Yesus tidak percaya jika Yesus bangkit, tetapi keraguan Tomas sirna saat ia bertatap muka langsung dengan Yesus. (Yohanes 20:26-29)

Bahkan 1 Korintus 15:6 mencatat bahwa Yesus pernah menampakkan diri kepada lebih dari lima ratus orang. Paulus, sebagai penulis Kitab Korintus menyebut bahwa sebagian besar saksi itu masih hidup, meskipun ada pula yang sudah mati saat itu.

 

BACA JUGA: Yesus Bangkit! Ini 25 Ayat Alkitab dan Doa untuk Merayakan Kebangkitan-Nya!

 

#2 Alkitab mencatat bahwa Yesus menampakkan diri pada beberapa orang pengikut-Nya sampai sepuluh kali

1. Sebagai Bukti kebenaran Alkitab baik dalam Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru

Misalnya dalam Mazmur 16:10 adalah nubuatan yang berbunyi: “Sebab Engkau tidak menyerahkan aku ke dunia orang mati, dan tidak membiarkan Orang Kudus-Mu melihat kebinasaan. “

Nubuatan tersebut terpenuhi dalam Markus 16:6, “Tetapi orang muda itu berkata kepada mereka: "Jangan takut! Kamu mencari Yesus orang Nazaret, yang disalibkan itu. Ia telah bangkit. Ia tidak ada di sini. Lihat! Inilah tempat mereka membaringkan Dia.”

2. Yesus perlu membangkitkan moral dan spiritual murid-murid-Nya

Para murid telah berada di titik terendah dalam kehidupan mereka. Hal ini mengganggu perjuangan mereka dalam memberitakan ajaran Yesus. Dalam Yohanes 20:19, digambarkan bahwa banyak pengikut Yesus yang bersembunyi setelah Yesus disalibkan.

 

BACA JUGA: Fakta Alkitab: Kapan Roh Kudus Hadir? Sejak Perjanjian Lama atau Setelah Hari Pentakosta?

 

3. Yesus memanfaatkan waktu pasca kebangkitan-Nya untuk melakukan konsolidasi dengan para pengikut-Nya

Para murid perlu kembali kepada komitmen awal sebagai pengikut Yesus. Karena pada kenyataannya, sebagian murid mulai tercerai berai. Ada yang meninggalkan Yerusalem seperti dua orang yang berjalan ke Emaus, dan ada juga yang kembali menggeluti profesi lamanya sebagai nelayan.

4. Yesus menyampaikan Amanat Agung kepada para murid

Mereka harus menjadi bagian dari pemuridan dan pemberitaan Injil ke seluruh bumi. (Matius 28:18-20)

Itulah hal-hal yang dilakukan Yesus selama 40 hari setelah kebangkitannya. Nah bagaimana menurut Anda, seberapa berartinya kebangkitan Yesus?

 

Saksikan video Fakta Alkitab: Mengapa Yesus Tidak Langsung Naik ke Surga Setelah Kebangkitan-Nya?

Sumber : jawaban channel
Halaman :
1

Ikuti Kami