Apakah Orang Kristen yang Belum Dibaptis Boleh Mengikuti Perjamuan Kudus?
Sumber: canva.com

Kata Alkitab / 13 June 2023

Kalangan Sendiri

Apakah Orang Kristen yang Belum Dibaptis Boleh Mengikuti Perjamuan Kudus?

Claudia Jessica Official Writer
3202

Jika Anda membuka artikel ini, Anda pasti merasa penasaran dan ingin tahu, Apakah orang Kristen yang belum dibaptis boleh mengikuti Perjamuan Kudus, bukan?

Anda perlu mencatat bahwa tidak semua gereja akan menjawab dengan cara yang sama. Tetapi, mayoritas orang Kristen sepanjang sejarah percaya bahwa hanya orang-orang yang sudah dibaptis yang boleh mengikuti perjamuan Ekaristi. Mengapa demikian? Mari kita pahami makan pembaptisan dan makna Perjamuan Kudus terlebih dahulu.

Makna Baptis dan Makna Perjamuan Kudus

Ada dua sakramen yang diberikan kepada gereja, yaitu baptisan dan Perjamuan Kudus. Namun, keduanya memiliki fungsi dan makna yang berbeda.

 

BACA JUGA: Yang Belum Tahu, Ini Peran Perjamuan Kudus Dalam Kehidupan Kristen

 

Pengertian Baptisan

Baptisan adalah sebuah peristiwa yang menandakan bahwa Anda telah menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat serta menandakan bahwa Anda memutuskan untuk mengikuti Yesus Kristus dan telah meninggalkan kehidupan lama Anda.

Banyak firman Tuhan yang mencatat hal ini di Alkitab, tetapi saya tidak akan menyebutkan semuanya.

Namun perhatikan ini, Amanat Agung yang diberikan kepada kita dalam Matius 28:19, kemudian Kisah Para Rasul (Kis. 2:39, 8:16, 10:48) saat orang dibaptis dalam nama Yesus, atau surat-surat dimana Paulus berbicara tentang dibaptis ke dalam Kristus dan dalam tubuh (Galatia 3:27, Roma 6:5).

Dengan kata lain, baptisan adalah sesuatu yang mengidentifikasi seseorang dengan Kristus dan mempersatukan seseorang dengan gereja. Lihat Kisah Para Rasul 2, dimana orang yang bertobat, percaya, dan dibaptis, mereka ditambahkan ke dalam gereja (Kis. 2:38-41).

Arti Perjamuan Kudus

Perjamuan Kudus adalah peristiwa yang dilakukan secara terus menerus dan berulang, hal ini menandakan 3 hal berikut: persekutuan dengan Kristus, kelanjutan dalam iman Kristen, dan kesatuan dengan gereja Kristen.

 

BACA JUGA: Cara Lakukan Perjamuan Kudus Saat Paskah Online Jadi Masalah, PGI Sampaikan 3 Solusi Ini..

 

Hal ini dijelaskan secara khusus dalam 1 Korintus 10: 16-17, dimana Paulus berkata, “Bukankah cawan pengucapan syukur, yang atasnya kita ucapkan syukur, adalah persekutuan dengan darah Kristus? Bukankah roti yang kita pecah-pecahkan adalah persekutuan dengan tubuh Kristus? Karena roti adalah satu, maka kita, sekalipun banyak, adalah satu tubuh, karena kita semua mendapat bagian dalam roti yang satu itu.”

Baptisan dan Perjamuan Kudus

Baptisan adalah pengakuan awal dari iman, dan Perjamuan Kudus adalah pembaharuan iman yang berkelanjutan dan berulang. Bukankah orang yang mengikuti Perjamuan Kudus tetapi belum dibaptis berarti melupakan makna dari Perjamuan Kudus itu sendiri?

Perjamuan Kudus juga merupakan ikrar untuk memperbaharuan kepercayaan serta ketaatan kita kepada Kristus. Adalah suatu kesia-siaan bagi seseorang yang mengikuti Perjamuan Kudus tetapi tidak pernah mengambil langkah pertama dalam mengikuti dan taat kepada Yesus dalam baptisan.

Ada juga pola alkitabiah yang urutannya selalu dimulai dengan baptisan dan kemudian diikuti dengan Perjamuan Kudus. Dalam Kisah Para Rasul 2 misalnya, dikisahkan bahwa hanya mereka yang dibaptis dan masuk ke dalam gereja yang berpartisipasi dalam pemecahan roti. Tidak ada peristiwa dalam Alkitab yang memberikan contoh dari orang-orang yang belum dibaptis mengikuti Perjamuan Kudus.

 

BACA JUGA: Apakah Seseorang Harus Dibaptis Terlebih Dahulu untuk Diselamatkan Tuhan?

 

Ditambah dengan kesaksian gereja selama berabad-abad. Sebagian besar gereja telah mengajarkan atau berasumsi bahwa baptisan harus dilakukan lebih dulu sebelum melakukan Perjamuan Kudus. Tentu saja ada ketidaksepakatan tentang cara dan waktu pembaptisan, tetapi hampir semua setuju bahwa baptisan harus dilakukan terlebih dahulu sebelum Perjamuan Kudus.

Terakhir, jangan pernah lupa bahwa baptisan dan Perjamuan Kudus diperintahkan oleh Tuhan untuk membuat Injil dapat terlihat oleh gereja dan dunia.

Apakah Anda diberkati dengan artikel ini dan rindu agar orang lain ikut diberkati? Mari bersama-sama dengan kami terus menghasilkan konten-konten inspiratif dengan terus mendukung pelayanan kami dengan klik link di bawah.

Saya mau dukung pelayanan CBN

Sumber : christianity.com
Halaman :
1

Ikuti Kami