Penting Buat Orangtua! Perhatikan Tanda-tanda Anak yang Kena Bullying
Sumber: canva.com

Relationship / 12 June 2023

Kalangan Sendiri

Penting Buat Orangtua! Perhatikan Tanda-tanda Anak yang Kena Bullying

Claudia Jessica Official Writer
1385

Beberapa waktu belakangan ini kita seringkali mendapati berita tentang kasus bullying yang terjadi. Hal yang terjadi pada korban pun beragam, ada yang harus pindah sekolah demi menghindari teman-teman yang kerap membully-nya, trauma berat, luka fisik, depresi, bahkan yang paling ekstrem seorang anak SD memilih untuk mengakhiri hidupnya sendiri.

Peristiwa ini tentu sangat memilukan dan meninggalkan luka di hati kita.

Banyak dari kita yang masih belum memahami cara untuk melindungi anak dari tindakan bullying dan kekerasan lainnya. Bahkan mungkin saja saat ini Anda masih belum tahu aoakah anak Anda menjadi korban, saksi, atau bahkan pelaku dari bullying ini.

 

BACA JUGA: Jangan Tunggu Anak Jadi Korban! Ini 5 Cara Antisipasi Hindarkan Anak Dari Bullying

 

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memperhatikan anak-anak dari hal yang terkait dengan bullying ini.

Anak yang mengalami bullying mungkin menunjukkan beberapa tanda atau perubahan perilaku yang perlu diperhatikan oleh orang tua. Beberapa tanda-tanda umum yang dapat menunjukkan bahwa seorang anak menjadi korban bullying meliputi:

#1 Perubahan suasana hati:

Anak mungkin terlihat lebih sedih, cemas, atau tertekan secara emosional. Mereka mungkin mulai menarik diri dari teman-teman atau aktivitas yang mereka nikmati sebelumnya.

#2 Perubahan perilaku

Anak yang mengalami bullying dapat mengalami perubahan dalam perilaku mereka. Mereka mungkin menjadi lebih pendiam, mudah marah, atau terlihat gelisah. Mereka juga mungkin kehilangan minat pada hal-hal yang mereka sukai sebelumnya.

#3 Perubahan dalam pola tidur dan makan

Anak yang menjadi korban bullying juga bisa mengalami perubahan dalam pola tidur mereka, seperti kesulitan tidur atau mimpi buruk yang sering terjadi. Selain itu, mereka juga mungkin mengalami perubahan dalam pola makan mereka, seperti hilangnya nafsu makan atau keinginan berlebihan untuk makan.

#4 Cedera fisik yang tidak dapat dijelaskan

Anak mungkin memiliki luka, memar, atau cedera fisik lainnya yang tidak dapat dijelaskan dengan jelas. Ini bisa menjadi tanda bahwa mereka telah menjadi korban kekerasan fisik atau pelecehan.

 

BACA JUGA: Apa yang Harus Saya Lakukan Jika Anak Saya Jadi Korban Bullying?

 

#5 Penurunan dalam prestasi akademik

Biasanya, anak yang mengalami bullying sering mengalami kesulitan dalam konsentrasi dan fokus, yang dapat mempengaruhi kinerja akademik mereka. Mereka mungkin menunjukkan penurunan dalam prestasi sekolah mereka atau tidak lagi tertarik pada aktivitas belajar.

Jika Anda melihat tanda-tanda di atas, segeralah ambil tindakan dan bantu anak Anda untuk mengatasi bullying yang diterimanya.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami