Mau Regenerasi Pemimpin di Gereja? Begini Langkah-langkah Mengembangkan Kepemimpinan
Sumber: Vanguard News

Relationship / 2 June 2023

Kalangan Sendiri

Mau Regenerasi Pemimpin di Gereja? Begini Langkah-langkah Mengembangkan Kepemimpinan

Claudia Jessica Official Writer
2839

Pemimpin memiliki peran yang sangat penting dalam mengarahkan dan memberikan pengaruh dalam perkembangan sebuah gereja. Generasi selanjutnya adalah harapan dan masa depan bagi masa depan gereja itu sendiri. Oleh karena itu, regenerasi kepemimpinan dalam gereja sangat penting untuk memastikan kelangsungan gereja dan kesinambungan misi serta visi gereja di masa yang akan datang.

Kita membutuhkan pemimpin yang tidak hanya bersedia, tetapi juga memiliki kemampuan untuk memimpin. Sayangnya sampai saat ini, masih banyak gereja yang berjuang untuk menemukan sosok tersebut.

Regenerasi pemimpin menjadi salah satu tantangan gereja di hari-hari ini. Hal ini bisa kita lihat dari kurangnya pemimpin dalam kelompok kecil. Bahkan sekalipun kita memiliki orang yang bersedia menjadi pemimpin, mereka masih membutuhkan banyak bimbingan untuk dapat menjadi pemimpin sejati.

 

BACA JUGA: Belajar Leadership Dari Nehemia, Ini Lho 4 Karakter yang Harus Anda Miliki

 

Untuk itulah, strategi 5M ini dibuat agar bisa digunakan untuk mencetak dan melatih pemimpin. Simak penjelasan berikut ini:

1. Model – Pemimpin yang saat ini menjabat memberikan contoh kepada calon pemimpin kelompok mereka

Sebagai seorang pemimpin, Anda harus menjadi panutan yang baik bagi tim Anda. Pemimpin yang baik tidak hanya memberikan instruksi, tetapi juga menunjukkan sikap dan perilaku yang diharapkan dari anggota tim. Jadi, pastikan Anda mempraktikkan nilai-nilai yang ingin Anda lihat dalam tim Anda. Misalnya, jika Anda mengharapkan kerja keras dan dedikasi, tunjukkan kerja keras dan dedikasi Anda sendiri. Dengan menjadi contoh yang baik, Anda akan mempengaruhi tim Anda untuk mengikuti jejak Anda.

2. Mentoring – Pemimpin yang saat ini membimbing calon pemimpin baru

Langkah kedua untuk mengasah kepemimpinan adalah dengan melakukan pendampingan kepada anggota tim yang lebih junior. Sebagai pemimpin, Anda memiliki pengetahuan dan pengalaman yang berharga yang dapat Anda bagikan. Melalui pendampingan, Anda dapat membantu anggota tim mengembangkan keterampilan mereka, memberikan nasihat, dan membimbing mereka dalam menghadapi tantangan yang mungkin mereka hadapi. Pendampingan dapat memperkuat hubungan antara pemimpin dan anggota tim, serta membangun rasa saling percaya.

 

BACA JUGA: #KataAlkitab – Memilih Seorang Pemimpin yang Benar

 

3. Monitor – Memantau dan melihat kinerja pemimpin baru

Sebagai pemimpin, penting bagi Anda untuk memantau kinerja anggota tim Anda secara teratur. Dengan memantau, Anda dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan mereka, serta memberikan umpan balik yang konstruktif. Melalui pemantauan yang cermat, Anda dapat memberikan bimbingan dan dukungan kepada anggota tim yang membutuhkannya, serta memastikan bahwa semua orang bekerja menuju tujuan yang sama. Memantau juga membantu Anda mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dalam kepemimpinan Anda sendiri.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA →

Sumber : jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami