Mau Anak Punya Hobi Membaca Supaya Wawasannya Luas? Coba Ikuti 10 Tips Ini Deh (Part 1)
Sumber: canva.com

Relationship / 4 May 2023

Kalangan Sendiri

Mau Anak Punya Hobi Membaca Supaya Wawasannya Luas? Coba Ikuti 10 Tips Ini Deh (Part 1)

Claudia Jessica Official Writer
1161

Menanamkan kemampuan membaca dan cinta pada buku pada anak-anak sejak dini sangatlah penting. Mengapa demikian? Keterampilan membaca memiliki pengaruh besar pada pembentukan dasar pribadi anak dan mempengaruhi seluruh proses pembelajaran di masa depan.

Anak yang senang membaca akan memiliki kemampuan bahasa yang lebih baik, kosa kata yang lebih kaya, dan kemampuan pemahaman yang lebih baik. Selain itu, membaca juga membantu meningkatkan imajinasi dan kreativitas anak, sehingga mampu memperluas wawasan dan meningkatkan daya ingatnya.

Meskipun anak Anda masih balita, ada berbagai cara untuk memulai membiasakan anak mencintai buku lho. Mau tau caranya?

 

BACA JUGA: 3 Alasan Pentingnya Pendidikan Untuk Anak Usia Dini yang Wajib Kamu Ketahui

 

#1 Menyediakan buku cerita menarik

Menyediakan buku cerita menarik sangat penting untuk membangun minat membaca pada anak sejak usia dini. Anda bisa memilih buku dengan kertas karton tebal yang tahan air untuk bayi dan anak balita. Hal ini akan mencegah kerusakan buku jika sering dibuka dan dimainkan. Pastikan juga untuk memilih buku dengan gambar dan warna-warna yang menarik. Buku dengan gambar yang banyak dan sedikit tulisan akan lebih menarik bagi anak balita.

#2 Buat perpustakaan mini yang nyaman untuk anak

Anda dapat membuat perpustakaan mini yang sederhana namun nyaman dan menarik untuk si kecil. Caranya, sediakanlah sebuah area khusus dengan karpet atau bantalan-bantalan yang berbeda di dekat rak buku. Pastikan rak buku mudah dijangkau oleh si kecil dan tidak membahayakan keselamatannya. Dengan begitu, si kecil dapat merasa nyaman dan aman saat membaca bukunya di perpustakaan mini yang telah Anda ciptakan.

#3 Membacakan cerita untuk anak secara berkala

Anda dapat mengatur waktu secara teratur untuk membacakan cerita yang menarik bagi anak. Misalnya, sebelum anak tidur. Pilih cerita yang menarik dan baca dengan cara yang menarik. Jika memungkinkan, gunakan alat bantu sederhana untuk mendukung cerita, seperti boneka tangan yang dijadikan tokoh dalam cerita.

 

BACA JUGA: Mengapa Orangtua Perlu Memuridkan Anak Dengan Karakter Kristus?

 

#4 Bermain tebak-tebakan cerita

Dalam membacakan cerita pada anak, Anda dapat membuat kegiatan tebak-tebakan cerita dengan cara berhenti pada titik tertentu dalam cerita ketika mengarah ke satu arah, dan bertanya pada anak tentang apa yang terjadi dengan tokoh utama menurut mereka.

Ajarkan anak untuk mengarang kelanjutan cerita dengan tebak-tebakan sendiri, sehingga ia terbiasa untuk mengembangkan cerita secara kreatif dan mandiri. Dengan cara ini, anak akan terlatih untuk berimajinasi dan mengembangkan kreativitasnya sendiri dalam membuat cerita.

 

BACA JUGA: Memberikan Pendidikan Moral pada Anak Sejak Dini, Begini Caranya...

 

#5 Berani eksplor dan tidak membatasi diri

Jangan hanya membatasi diri pada buku cerita saja. Anda dapat membacakan segala sesuatu yang bisa dibaca dengan suara keras. Contohnya, resep makanan yang sedang anda buat, atau isi dari amplop surat yang baru saja anda terima. Bacakan bagian-bagian yang mudah dipahami seperti nama dan alamat pengirim surat. Selain itu, tunjukkan tulisan-tulisan yang terdapat di jalan dan bacakan dengan keras.

Kita akan membahas 5 tips untuk membuat anak memiliki hobi membaca supaya memiliki wawasan di part 2 ya! Klik di sini.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami