Mengapa Orang Kristen Harus Pergi Konseling Pernikahan Kristen?
Sumber: canva.com

Relationship / 3 May 2023

Kalangan Sendiri

Mengapa Orang Kristen Harus Pergi Konseling Pernikahan Kristen?

Claudia Jessica Official Writer
3677

Konseling pernikahan Kristen maupun konseling pernikahan sekuler, memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk membantu pasangan suami istri mengatasi masalah dalam pernikahan mereka. Namun, jika Anda dan pasangan Anda adalah orang Kristen, Anda dapat memperoleh manfaat dari konseling pernikahan Kristen dan manfaat unik yang ditawarkannya kepada Anda. 

Ketahuilah bahwa konseling pernikahan Kristen memberikan harapan untuk pemulihan bagi hubungan Anda. Konseling pernikahan Kristen juga dapat membantu pertumbuhan Anda dengan Tuhan, pribadi yang mengasihi dan memperhatikan kita. Salah satu kelebihan konseling pernikahan adalah konselor memeluk kliennya dengan salib yang terikat di tangannya.

Mari kita lihat seberapa penting bagi kita pergi konseling pernikahan Kristen ketika memiliki masalah pernikahan:

 

BACA JUGA: Mengatasi Masalah Bersama Tuhan, Bagaimana Peran Konsultasi bagi Umat Kristiani?

 

1. Konselor memiliki iman dan nilai-nilai yang sama dengan Anda

Dengan mengikuti konseling pernikahan Kristen, Anda mendapat jaminan bahwa konselor memiliki prinsip-prinsip dasar yang sama dan berbagi nilai yang sama dengan Anda.

 

Anda atau pasangan Anda mungkin cenderung lebih terbuka dengan seorang konselor yang memiliki nilai dan keyakinan agama yang sama dengan Anda, dan hal itu dapat memberikan kenyamanan bagi Anda.

Konselor pernikahan Kristen, berlawanan dengan konselor sekuler. Konselor pernikahan Kristen menghargai kekudusan pernikahan dan memprioritaskan penyelesaian masalah hubungan alih-alih menyerah atau menyarankan perceraian. Konselor Kristen lebih fokus untuk mengatasi masalah dan menemukan solusi dengan iman.

2. Tuhan adalah otoritas tertinggi

Konseling pernikahan Kristen mengakui Tuhan sebagai otoritas tertinggi dan menemukan solusi untuk masalah berdasarkan apa yang dikatakan dalam Alkitab. Sementara konselor sekuler berfokus kepada teori psikologis, konselor Kristen berusaha mencari nasihat dari Tuhan.

 

Jika Anda khawatir tentang pernikahan dan komitmen kepada Tuhan, konseling pernikahan Kristen berpusat pada apa yang Tuhan inginkan dan nyatakan tentang pernikahan.

 

BACA JUGA: Ini Alasannya Konseling Pernikahan Itu Jauh Lebih Penting Daripada Cuma Ucapkan Janji Suci

 

3. Bertujuan untuk lebih dekat dengan Tuhan

Tujuan konseling pernikahan Kristen adalah untuk bertumbuh secara rohani lebih dekat dengan Tuhan, dan sepanjang perjalanan itu masalah Anda akan terpecahkan. Sedangkan konselor sekuler bertujuan untuk menyelesaikan tujuan dan kemudian menentukan masa depan pernikahan Anda. 

Konseling pernikahan Kristen adalah tentang pasangan, tetapi juga hubungan mereka kepada Tuhan dan bagaimana mereka dapat melayani Tuhan dengan lebih baik, menjadi versi yang lebih baik dari diri mereka sendiri, seseorang yang lebih baik, lebih lembut, lebih pemaaf. 

 

 

BACA JUGA: Nggak Cuma Selingkuh, 4 Masalah Ini Juga Harus di Waspadai. Temui Konselor Pernikahan!

 

4. Terhubung dengan pasangan dalam hubungan spiritual 

Karena tujuan konseling pernikahan Kristen adalah untuk menumbuhkan hubungan Anda dengan Tuhan, Anda akan berhubungan dengan pasangan Anda pada tingkat spiritual. Anda dapat menghadiri pelajaran Alkitab bersama, menjadi sukarelawan, menghadiri lebih banyak sesi gereja, dan menghabiskan lebih banyak waktu berhubungan dengan Tuhan untuk menyelesaikan masalah perkawinan Anda.

5. Prinsip utama: Pengampunan

Salah satu prinsip utama kekristenan adalah pengampunan, karena kita meminta Tuhan untuk mengampuni dosa kita setiap hari. Beberapa konselor sekuler fokus pada masalah masa lalu yang terjadi berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun sebelumnya. 

Konseling pernikahan Kristen bertujuan untuk menghilangkan kesalahan dari pernikahan dan beralih kepada pengampunan sehingga Anda dapat memulai hubungan yang baru dengan suami/istri Anda tanpa kebencian di hati Anda. 

Tak satu pun dari kita memiliki pernikahan yang sempurna atau tanpa dosa, tetapi Anda dapat memilih untuk memaafkan dan melanjutkan hidup Anda. Meskipun memaafkan itu penting untuk pemulihan, Anda masih bisa memaafkan sambil menetapkan batasan-batasan tertentu.

 

BACA JUGA: Melaney Ricardo Ungkap Kondisi Pernikahannya Setelah Konseling Dengan Pendeta

 

6. Pengertian Pasangan Anda 

Dengan menghadiri konseling pernikahan Kristen, Anda dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang apa yang pasangan Anda butuhkan dari Anda dan bagaimana Anda dapat mencapai tujuan tersebut. 

Setiap orang tumbuh dan berubah sepanjang hidup, ini adalah kesempatan bagi Anda untuk mendiskusikan bagaimana Anda ingin tumbuh bersama dan melalui Tuhan. Anda dapat mengembangkan rencana untuk memecahkan masalah Anda dan memenuhi kebutuhan Anda dengan cara yang sehat.

7. Harapan Untuk Masa Depan

Dengan memilih konseling pernikahan Kristen, sudah ada harapan untuk pernikahan Anda. Memilih konseling pernikahan Kristen berarti Anda memilih jenis konseling yang mengutamakan hubungan kembali dengan pasangan dan Tuhan. 

 

BACA JUGA: Layanan Doa dan Konseling CBN Meneguhkan Iman Krismiati Hingga Suaminya Sembuh dari Kanker

 

CBN menawarkan layanan konseling pernikahan Kristen secara gratis. Kami percaya hidup dan pergumulan yang Anda hadapi saat ini bersifat sementara dan kita memiliki masa depan yang penuh harapan tanpa kesedihan. Jika Anda tertarik melakukan konseling pernikahan dengan konselor Kristen, hubungi Layanan Doa dan Konseling CBN di sini atau hubungi nomor 0822-1500-2424 melalui WhatsApp dan sebutkan kebutuhan Anda dalam sesi konseling.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami