Mengapa Orangtua Perlu Memuridkan Anak Dengan Karakter Kristus?
Sumber: canva.com

Kata Alkitab / 2 May 2023

Kalangan Sendiri

Mengapa Orangtua Perlu Memuridkan Anak Dengan Karakter Kristus?

Claudia Jessica Official Writer
1536

Melalui Firman-Nya, Tuhan telah memberikan kita mandat untuk beranak cucu dan memenuhi bumi. Namun, mandat Tuhan tidak berhenti di sana, Dia juga memberikan kita mandat untuk memuridkan anak-anak kita dengan Karakter Krsitus. Saat ini ada banyak sekali keberagaman yang tersebar di seluruh dunia, dan tugas kita adalah memuridkan anak dengan karakter Kristus sehingga mereka mampu menyebarkan kasih Tuhan kepada setiap orang yang mereka temui.

Allah adalah kasih itu sendiri, dan Dia mengasihi seluruh ciptaan-Nya tanpa terkecuali.

Sebagai orang yang diberikan mandat oleh Tuhan, mari kita memahami apa yang Tuhan ingin kita lakukan dalam memuridkan generasi anak.

#1 Amsal 22:6

"Didiklah anak menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu."

Ayat ini menunjukkan pentingnya mendidik anak sesuai dengan jalan yang benar dan sesuai dengan kebutuhan anak. Dalam proses mendidik anak, orangtua harus memberikan teladan dan bimbingan yang baik agar anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

#2 Ulangan 6:4

"Hai orang-orang Israel, dengarlah firman TUHAN, Allahmu: TUHAN itu esa."

Ayat ini menekankan pentingnya memberikan pengajaran tentang keesaan Allah kepada anak-anak sejak dini. Orangtua harus menjadi teladan dalam kehidupan rohani dan mengajarkan anak tentang kepercayaan dan ketakwaan kepada Allah.

#3 Ulangan 6:6-7

"Janganlah engkau lupa akan firman-firman yang telah kuberikan kepadamu pada hari ini. Hendaklah engkau mengajarkannya kepada anak-anakmu dan berkata-kata tentang firman-firman itu apabila engkau duduk dalam rumahmu dan apabila engkau berjalan di jalan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun."

Dari ayat ini, orangtua diajarkan untuk mengajarkan dan mengingatkan anak tentang firman Tuhan sepanjang waktu, baik di dalam maupun di luar rumah. Orangtua harus menjadi teladan dalam membaca Alkitab dan menerapkan prinsip-prinsipnya dalam kehidupan sehari-hari.

#4 Mazmur 78:4-6

"Kami tidak akan menyembunyikan hal itu dari anak-anak kami; kami akan menceritakan pada keturunan yang kemudian tentang sifat-sifat TUHAN dan kuasa-Nya, tentang mujizat-mujizat yang dilakukannya."

Ini berarti, orangtua harus menceritakan tentang karya Tuhan dan membagikan pengalaman rohani mereka kepada anak-anak mereka.

#5 Efesus 6:4

"Dan bapa-bapalah yang jangan membangkitkan amarah anak-anaknya, tetapi besarkanlah mereka dalam didikan dan nasihat Tuhan."

Salah satu bagian yang sangat penting! Mendidik anak-anak dengan cara yang baik dan penuh kasih sayang, serta memberikan nasihat dan pengajaran yang didasarkan pada ajaran Tuhan.

#6 Kolose 3:21

"Hai bapa-bapa, janganlah membuat anak-anakmu menjadi murung, tetapi didiklah mereka dalam didikan Tuhan."

Lewat Firman ini, kita diingatkan bahwa orangtua harus mendidik anak-anak dengan kasih sayang dan penuh kebijaksanaan, serta memberikan pendidikan yang didasarkan pada ajaran Tuhan.

#7 2 Timotius 3:14-15

"Tetapi engkau, teruslah tinggal dalam apa yang telah kaupelajari dan yang diyakini, karena engkau tahu, siapa yang telah mengajarkannya kepadamu, dan karena dari kecil engkau telah mengenal kitab suci yang dapat memberikan hikmat yang memimpin ke dalam keselamatan oleh iman dalam Kristus Yesus."

Ayat ini mengajarkan pentingnya membimbing anak-anak untuk mengenal Kitab Suci sejak usia dini, sehingga mereka bisa mengembangkan hubungan yang lebih dekat dengan Tuhan.

Alkitab memberikan mandat kepada orangtua untuk mendidik anak-anak dengan benar dan mengajarkan mereka tentang kepercayaan dan ketaatan kepada Allah. Orangtua harus menjadi teladan dalam kehidupan rohani dan memberikan bimbingan serta pengajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak.

Ini juga pelayanan yang dikerjakan oleh CBN. Melalui program-program seperti Superbook, Super5, dan Sanggar Belajar Anak School of Life, kami terus berusaha untuk memuridkan anak-anak sebagaimana yang Tuhan mandatkan. Ayo dukung pelayanan ini untuk terus memberikan pendidikan terbaik bagi anak-anak di seluruh Indonesia, klik tombol di bawah ini:

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami