Jangan Rusak Momen! Ini 5 Cara Menghadapi Pertanyaan Menjengkelkan Saat Kumpul Keluarga
Sumber: canva.com

Relationship / 21 April 2023

Kalangan Sendiri

Jangan Rusak Momen! Ini 5 Cara Menghadapi Pertanyaan Menjengkelkan Saat Kumpul Keluarga

Claudia Jessica Official Writer
1470

Kumpul keluarga di momen hari raya seperti Natal, Lebaran, atau Imlek, bisa saja menjadi pedang bermata dua. Kok begitu? Iya, karena di satu sisi ada orang-orang yang merasa bahagia dapat berkumpul dengan sanak saudaranya yang jarang ditemui, tetapi bisa juga menjadi ajang yang paling menjengkelkan bagi sebagian orang, terutama jika ada anggota keluarga yang suka membahas topik sensitif.

Biasanya topik yang paling dihindari oleh para jomblo adalah pertanyaan seperti “Kapan nikah?”

Nah kalau yang sudah menikah biasanya ada saja pertanyaan seperti, “Kapan punya anak? Kapan nambah momongan? Kapan sebar undangan anakmu?” ada juga yang suka mengomentari fisik kita atau bahkan anak dan pasangan kita seperti, “Wah anaknya kecil ya. Eh kok anaknya gemuk banget? Kok tambah gemuk sih sekarang?” dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan lain yang menjengkelkan.

Tapi, momen kumpul keluarga hari raya ini kan jarang terjadi, bahkan mungkin bisa dikatakan hanya satu tahun sekali. Sangat disayangkan kalau momen yang berharga ini justru rusak karena pertanyaan-pertanyaan yang menjengkelkan bukan?

 

BACA JUGA: Catat! 4 Topik Obrolan yang Ga Boleh Dibahas Saat Kumpul Keluarga Khususnya di Hari Raya

 

Kita tidak bisa mengontrol apa yang dikeluarkan dari mulut orang lain, tetapi ada beberapa hal yang bisa kontrol dari dalam diri kita saat menerima pertanyaan- pertanyaan yang menjengkelkan seperti itu. Mau tau caranya?

#1 Jawab dengan bijaksana dan minta hikmat dari Tuhan

Yesus selalu menjawab pertanyaan dari orang-orang Farisi yang berniat jahat dengan penuh kebijaksanaan. Sebagai anak-Nya yang menjadi wakil-Nya di bumi, sudah seharusnya kita mengikuti teladan-Nya. Kita bisa menanggapi pertanyaan-pertanyaan yang menjengkelkan dengan bijaksana dan tidak mudah tersulut emosi jika kita meminta hikmat dari-Nya.

#2 Berbicara dengan kasih

Teladan lain yang bisa kita ikuti dari Yesus adalah berbicara dengan kasih dan belas kasih. Ketika ditanya dengan pertanyaan yang menjengkelkan, kita dapat berbicara dengan penuh kasih dan memperlihatkan belas kasih kita kepada orang yang bertanya.

#3 Mengabaikan topik yang tidak nyaman

Kadang-kadang kita harus menghindari topik yang tidak nyaman dan memilih untuk tidak menjawab pertanyaan yang tidak pantas. Ketika situasi seperti ini muncul, kita bisa memilih untuk mengalihkan topik pembicaraan lain yang lebih menyenangkan atau menolak untuk membicarakan topik tersebut.

 

BACA JUGA: Bukannya Makin Erat, 3 Alasan Dibawah Justru Bikin Kumpul Keluarga Adalah Mimpi Buruk

 

#4 Bersikap rendah hati

Kita juga dapat mencontohkan sikap rendah hati seperti Raja Daud yang tidak membela dirinya ketika dihina. Ketika ditanya dengan pertanyaan yang menjengkelkan, kita dapat menunjukkan sikap rendah hati dan tidak terlalu mempermasalahkan pertanyaan tersebut. Tentu saja sikap ini bukan hal yang mudah, tetapi kita bisa melakukannya dengan bantuan dari Tuhan dan Roh Kudus.

#5 Berdoa dan memohon petunjuk Tuhan

Terakhir, kita dapat memohon petunjuk Tuhan dalam situasi seperti ini. Berdoalah agar diberikan kebijaksanaan, kekuatan, dan kasih yang diperlukan untuk menghadapi situasi yang sulit dan bisa mencari bimbingan melalui Firman Tuhan untuk mendapatkan arahan. Terlebih lagi kita juga bisa mendoakan orang-orang yang melontarkan topik-topik sensitif agar mereka bisa lebih dewasa dalam berbicara dengan orang lain.

Nah itulah 5 cara menghadapi pertanyaan yang menjengkelkan saat kumpul keluarga. Ayo kita jaga momen berharga yang jarang terjadi saat kumpul keluarga ini dengan memberikan respon yang bijak saat menghadapi pertanyaan yang menjengkelkan saat kumpul keluarga.

 

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami