Menghadapi Masa Depan Lebih Tenang dengan Persiapan Sebelum Usia 50-an
Sumber: canva.com

Finance / 19 April 2023

Kalangan Sendiri

Menghadapi Masa Depan Lebih Tenang dengan Persiapan Sebelum Usia 50-an

Wisnu Prianggani Contributor
1066

Ketika memasuki usia 50-an, bisa dipastikan ada banyak tantangan dan tanggung jawab yang harus dihadapi. Selain tanggungan yang semakin banyak, kita semua setuju jika biaya hidup semakin tinggi. Oleh karena itu, persiapan sebelum memasuki usia 50-an sangatlah penting untuk memastikan masa tua yang nyaman dan bahagia. Jangan khawatir, ada dua hal yang dapat dilakukan untuk persiapan, yaitu meningkatkan keterampilan dan berinvestasi.

Percayalah, meningkatkan keterampilan sangat penting dilakukan untuk mempersiapkan diri menghadapi masa depan yang semakin kompleks. Jika usia Anda masih berada di antara 20-30 tahun, maka pergunakan waktu Anda dengan bijak untuk banyak belajar berbagai hal karena tentu masih mudah belajar dan menyerap ilmu, seperti bahasa asing, kemampuan menulis, trading, atau bahkan keterampilan komputer. Menambah keterampilan ini bisa saja akan membuka peluang karir baru, memperkaya pengalaman hidup, dan meningkatkan daya tahan mental serta fisik.

 

Baca Juga: Saat Hari Pensiun Tiba, Apakah Keuanganmu Sudah Cukup Untuk Membiayaimu Sampai Akhir?

 

Seiring bertambahnya usia, daya tangkap dan daya ingat kita akan menurun. Oleh karena itu, tidak ada waktu yang lebih baik untuk belajar daripada sekarang. Banyak lembaga kursus online maupun offline yang bisa dijadikan pilihan. Namun, jika ada orang yang kurang suka belajar formal, maka bisa belajar otodidak dengan memanfaatkan internet yang kini sudah semakin canggih. Sebagaimana firman Tuhan dalam Kitab Amsal 18:15, “Hati orang berpengertian memperoleh pengetahuan, dan telinga orang bijak menuntut pengetahuan.”

Langkah selanjutnya adalah mengatur keuangan dengan bijak. Seperti yang dikatakan dalam Kitab Amsal 21:20, “Harta yang indah dan minyak ada di kediaman orang bijak, tetapi orang yang bebal memboroskannya.” Memiliki penghasilan yang cukup tidak cukup jika tidak diatur dengan baik. Penting untuk membuat anggaran dan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu agar bisa mengalokasikan uang untuk investasi. Selain itu, memulai investasi sebelum usia 50-an juga bisa membantu meningkatkan keamanan finansial di masa depan. Dalam melakukan investasi, kita bisa memilih berbagai opsi investasi yang ada, seperti saham, reksa dana, atau membuka bisnis kecil. Namun, dalam melakukan investasi, ada baiknya melakukan riset terlebih dahulu untuk menghindari risiko kerugian.

 

Baca Juga: 7 Ayat Alkitab yang Bantu Kuatkan Saat Hadapi Krisis Finansial

 

Dalam Amsal 13:22 disebutkan, “Orang baik meninggalkan warisan bagi anak cucunya, tetapi kekayaan orang berdosa disimpan bagi orang benar.” Ayat ini menunjukkan bahwa seorang Kristen harus mempersiapkan masa depan dengan baik agar bisa memberikan warisan yang baik bagi keturunannya. Persiapan sebelum memasuki usia 50-an sangat penting untuk masa depan. Mengembangkan keterampilan baru, mengatur keuangan dengan bijak, dan memiliki sikap positif dan termotivasi adalah langkah-langkah yang bisa diambil untuk mencapai tujuan tersebut.

Dalam melakukan persiapan ini, selalu ingat untuk mengandalkan Allah dalam segala hal, dan berpegang pada janji-Nya dalam Yeremia 29:11, “Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.”

Halaman :
1

Ikuti Kami