Ingin Berdonasi? Simak Tips Bijak Sebelum Berdonasi Agar Tepat Sasaran
Sumber: Jawaban.com

Finance / 13 April 2023

Kalangan Sendiri

Ingin Berdonasi? Simak Tips Bijak Sebelum Berdonasi Agar Tepat Sasaran

Bella Tiurma Official Writer
1299

Bagi para donatur perlu berhati-hati setiap melakukan transaksi untuk berdonasi, karena saat ini sedang banyak yang membicarakan adanya oknum yang melakukan pemalsuan fitur pembayaran. Dimana beberapa oknum tersebut membuat dan memberikan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) palsu, sehingga yang seharusnya para donatur memberikan donasi ke sebuah yayasan atau lembaga tidak menerima donasi tersebut. 

Pemberitaan perilaku pemalsuan fitur pembayaran ini telah sampai pada Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), telah menduga adanya indikasi penyelewengan penggunaan dana yang diterima oleh masyarakat dan para pihak lainnya. 

Kepala PPATK menghimbau kepada seluruh masyarakat terkhusus para donatur untuk lebih berhati-hati karena adanya kemungkinan hasil dari donasi dapat disalahgunakan oleh oknum untuk melakukan tujuan yang tidak baik.

Baca Juga : 3 Tips Aman Bertransaksi dengan QRIS untuk Terhindar dari Penipuan

Biar donasi tidak menjadi sia-sia, simak tips bijak berikut agar berdonasi aman dan tepat sasaran. Sehingga donasimu bermanfaat sesuai dengan tujuannya. 

1. Para donatur dapat melihat kredibilitas lembaga atau yayasan yang menjadi tujuan berdonasi melalui database Kementrian Sosial. Para donatur dapat memeriksa lembaga atau yayasan tersebut telah terdaftar atau tidak, dan nama pengelola dari lembaga atau yayasan tersebut. 

2. Para donatur dapat memeriksa ketersediaan informasi dan publikasi penggalangan donasi tersebut di dalam akun resmi yang terverifikasi, seperti media sosial, website, dan laman publikasi lainnya. 

3. Para donatur dapat mengakses berbagai macam informasi terkait peloparan keuangan dan pertanggung jawaban secara menyeluruh dari penggalangan donasi melalui laman resmi. Seluruh pelaporan dapat diakses melalui website atau laman resmi lainnya yang dapat diakses secara luas oleh publik, dan pelaporan ini biasanya telah dilakukan audit oleh para ahli. 

4. Para donatur dapat mengecek kembali program yang sedang dilakukan untuk penggalangan donasi. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan kunjungan ke lokasi lembaga atau yayasan langsung, atau memeriksa kembali sumber informasi yang mempublikasikannya. 

Dengan melakukan pengecekan ulang sebelum melakukan transaksi donasi, para donatur dapat mendapatkan informasi yang tepat dan benar, serta dapat mengetahui donasi yang didapatkan telah berjalan sesuai dengan program atau dapat menemukan ketidaksesuaian. 

Melalui tips di atas para donatur dapat berjaga-jaga ketika ingin berdonasi, sehingga dapat terhindar dari segala macam bentuk penipuan. Seperti yang tertulis dalam Efesus 4: 14 “Sehingga kita bukan lagi anak-anak, yang diombang-ambingkan oleh rupa-rupa angin pengajaran, oleh permainan palsu manusia dalam kelicikan mereka yang menyesatkan,” Oleh karena itu, para donatur dapat menjadi lebih berhati-hati dan bijaksana agar tidak mudah tertipu.

Sumber : ppatk.go.id | hukumonline.com
Halaman :
1

Ikuti Kami