Rangkaian Pekan Paskah yang Dirayakan Seluruh Umat Kristen di Dunia
Sumber: jawaban.com

Kata Alkitab / 3 April 2023

Kalangan Sendiri

Rangkaian Pekan Paskah yang Dirayakan Seluruh Umat Kristen di Dunia

Claudia Jessica Official Writer
3381

Peringatan kematian Yesus Kristus di kayu salib untuk menebus umat manusia adalah salah satu peristiwa yang paling bersejarah bagi umat Kristen di seluruh dunia.

Untuk mengeksplorasi arti dan makna dari pengorbanan Yesus dan kebangkitan-Nya, ada serangkaian pekan paskah yang dilakukan oleh umat Kristiani demi memperdalam pemahaman manusia tentang kasih dan pengorbanan yang Yesus Kristus lakukan.

Pekan Paskah juga bisa menjadi kesempatan bagi kita untuk merenungkan kembali dosa-dosa yang telah kita lakukan dan memperdalam hubungan kita dengan Tuhan. Selama pekan paskah berlangsung, biasanya umat kristen akan melakukan serangkaian kebaktian, refleksi, doa, dan praktik ibadah lainnya yang bertujuan untuk mengarahkan fokus ke arah Yesus Kristus dan peristiwa-peristiwa penting dalam kehidupan-Nya.

Minggu Paskah dimulai pada hari Minggu Palma dan berakhir pada hari Minggu Paskah, yang juga dikenal sebagai Hari Kebangkitan. Berikut ini adalah rangkaian Minggu Paskah:

#1 Minggu Palma

Minggu Palma mengingatkan kita tentang kedatangan Yesus Kristus bersama seekor keledai ke kota Yerusalem yang disambut oleh banyak orang dan daun palem. Biasanya perayaan ini dilakukan pada hari Minggu sebelum Paskah dan sering diwarnai dengan pembagian daun palem serta arakan karpet hijau dari gereja.

Biasanya para peziarah yang datang ke Yerusalem akan mengambil bagian dalam memperagakan kembali prosesi palem ke Bukit Zaitun yang diadakan di sore hari setelah misa pagi. Rute yan gbiasanya dilewati adalah Gereja Segala Bangsa, Gereja Saint Anne, Gerbang St. Steven juga dikenal sebagai Gerbang Singa, Kota Tua, dan Via Dolorosa. Dalam perjalanan, para peziarah berdoa dan menyanyikan lagu-lagu religi dalam semua bahasa.

 

BACA JUGA: Mengiringi Prapaskah, Inilah Seluk Beluk Seputar Minggu Palma yang Perlu Anak Ketahui

 

#2 Kamis Putih

Pada peringatan Kamis Putih, kita akan mengingat malam terakhir Yesus bersama dengan murid-murid-Nya sebelum disalibkan. Di moment ini, umat Kristen akan melakukan perayaan Makan Malam Terakhir dan Perjamuan Kudus. Hal ini dilakukan seperti yang diminta oleh Yesus dalam injil Lukas 22:19 yang berbunyi, “Inilah tubuh-Ku yang diserahkan bagi kamu; perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku.”

 

BACA JUGA: Asal Usul Kamis Putih, Salah Satu Rangkaian Paskah yang Umumnya Dirayakan Umat Kristen

 

#3 Jumat Agung (Good Friday)

Jumat Agung adalah hari dimana Yesus disalibkan dan meninggal. Pada hari Jumat Agung, biasanya umat Kristen melakukan perayaan Perjamuan Siang untuk mengenang kematian Yesus Kristus dan pengorbanan-Nya bagi umat manusia. Peringatan ini biasanya diikuti dengan praktik puasa, doa, dan merenungkan penderitaan dan pengorbanan Kristus.

 

 

BACA JUGA: Kenapa Sih Jumat Agung Disebut ‘Good Friday’?

 

Biasanya Kota Tua Yerusalem akan dipenuhi oleh para peziarah yang ingin mengikuti langkah Yesus ke Golgota, tempat dimana Ia disalib. Prosesi Jalan Salib biasanya dimulai dari pukul 11.30 dari Stasiun I di Via Dolorosa. Pada malam Jumat Agung, biasanya orang-orang percaya akan menghidupkan kembali penguburan Kristus, membawa jenazah ke dalam makam di Basilika Makam Suci.

 

Baca halaman selanjutnya →

Sumber : rove.me
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami