3 Jenis Puasa yang Diajarkan di Dalam Alkitab
Sumber: kumparan.com

Kata Alkitab / 27 March 2023

Kalangan Sendiri

3 Jenis Puasa yang Diajarkan di Dalam Alkitab

Bella Tiurma Official Writer
1768

Menjalankan ibadah puasa bagi umat kristiani adalah salah satu cara untuk meningkatkan iman dan mendekatkan diri kepada Tuhan Yesus. Namun, ibadah puasa bukan hanya sebuah rutinitas yang asal dilakukan begitu saja, tetapi ibadah yang bertujuan untuk membangun kesehatan rohani dan menjalankan sesuai dengan hukum kasih dalam Tuhan. 

Ibadah puasa sudah dilakukan oleh banyak tokoh Alkitab, seperti Tuhan Yesus, Musa, Daniel, Ester, Elia, Yohanes Pembaptis, hingga jemaat mula-mula. Hal ini jelas diceritakan di dalam Alkitab Perjanjian Lama ataupun Perjanjian Baru.

Baca Juga : Memahami Makna Mendalam Puasa dari Berbagai Pandangan Agama

Di sisi lain, ibadah berpuasa juga diartikan sebagai doa. Dimana berpuasa dengan berpantang makan dan mengurangi hal-hal duniawi untuk mendapatkan berkat. Ada beberapa jenis puasa yang terdapat di dalam ajaran Kristen, berikut 3 jenis puasa tersebut. 

1. Puasa Biasa atau Puasa Normal 

Puasa biasa atau puasa normal adalah puasa berpantang untuk semua makanan tetapi tidak dengan berpantang air yang dilakukan beberapa hari. Seperti yang tertulis di dalam kitab 2 Samuel 12 : 16 “Lalu Daud memohon kepada Allah oleh karena anak itu, ia berpuasa dengan tekun dan apabila ia masuk ke dalam, semalam-malaman itu ia berbaring di tanah.”. Hal ini memperlihatkan Daud yang telah berpantang makan tetapi tidak berpantang minum dan semalaman berbaring diatas tanah. 

2. Puasa Sepenuhnya atau Puasa Mutlak 

Puasa sepenuhnya atau puasa mutlak adalah puasa berpantang makan dan minum yang dilakukan sesuai dengan kondisi orang yang akan berpuasa. Puasa ini seperti kisah Musa yang melakukan puasa 40 hari 40 malam tidak makan dan tidak minum. 

“Dan Musa ada di sana bersama-sama dengan Tuhan empat puluh hari empat puluh malam lamanya, tidak makan roti dan tidak minum air, dan ia menuliskan pada loh itu segala perkataan perjanjian, yakni Kesepuluh Firman” - Keluaran 34 : 28. 

Baca Juga : Bantu Anak Memahami Makna Puasa Dengan Cara Ini

3. Puasa Sebagian 

Puasa sebagian adalah puasa berpantang makan dan minum yang telah ditentukan dan dilakukan dalam kurun waktu tertentu. Seperti kisah Daniel yang berpuasa selama tiga minggu penuh dalam bentuk pembatasan makanan yang bukan berarti tidak makan sama sekali. Yang tertulis pada kitab Daniel 1 : 12 “Adakanlah percobaan dengan hamba-hambamu ini selama sepuluh hari dan biarlah kami diberikan sayur untuk dimakan air untuk diminum.”. 

Demikian beberapa jenis puasa yang diajarkan di dalam Alkitab. Setiap umat Kristen dapat melakukan puasa dengan cara apapun dan berpantang sesuai dengan kondisi tubuh dan kesehata kita. Namun, yang perlu diperhatikan dalam melakukan puasa adalah bukan hanya tidak makan atau tidak minum, tetapi dengan berpuasa setiap orang percaya dapat berpuasa sebagai sarana lebih mendekatkan diri kepada Tuhan dan meneladani ajaran Kristus. 

Sumber : TuhanYesus.org/Kumparan.com

Halaman :
1

Ikuti Kami