Fakta Alkitab: Fakta Menarik Keberadaan Malaikat di Alkitab
Sumber: jawaban.com

Fakta Alkitab / 14 March 2023

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab: Fakta Menarik Keberadaan Malaikat di Alkitab

Claudia Jessica Official Writer
2188

Artikel kali ini kita akan membahas sesuatu yang sangat penting dan ada di sekeliling kita tanpa kita sadari, penasaran apa itu? Kita akan membahas fakta menarik tentang keberadaan para malaikat.

Inilah bukti dan fakta tentang para malaikat seperti yang dikatakan oleh Alkitab tentang keberadaan mereka. Apakah Anda pernah mendengar atau diajarkan mengenai keberadaan para malaikat? Meskipun kita, manusia tidak bisa melihat malaikat, tetapi mereka adalah makhluk yang nyata dan ada di sekitar kita. Simak fakta-fakta tentang keberadaan malaikat berikut ini:

Pertama, malaikat makan makanan di surga

Mazmur 78:25“Setiap orang telah makan roti malaikat, Ia mengirimkan perbekalan kepada mereka berlimpah-limpah.”

Kedua, malaikat akan dihakimi oleh manusia

1 Korintus 6:3“Tidak tahukah kamu, bahwa kita akan menghakimi malaikat-malaikat? Jadi apalagi perkara-perkara biasa dalam hidup kita sehari-hari.”

Ketiga, malaikat memiliki bahasa sendiri

1 Korintus 13:1 “Sekalipun aku dapat berkata-kata dengan semua bahasa manusia dan bahasa malaikat, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama dengan gong yang berkumandang dan canang yang gemerincing.”

Keempat, malaikat kadang tidak bisa dibedakan dari manusia

Ibrani 13:2 “Jangan kamu lupa memberi tumpangan kepada orang, sebab dengan berbuat demikian beberapa orang dengan tidak diketahuinya telah menjamu malaikat-malaikat.”

Kelima, malaikat tidak maha tahu

1 Petrus 1:12“Kepada mereka telah dinyatakan, bahwa mereka bukan melayani diri mereka sendiri, tetapi melayani kamu dengan segala sesuatu yang telah diberitakan sekarang kepada kamu dengan perantaraan mereka, yang oleh Roh Kudus, yang diutus dari sorga, menyampaikan berita Injil kepada kamu, yaitu hal-hal yang ingin diketahui oleh malaikat-malaikat.”

Keenam, malaikat bisa berbuat dosa

2 Petrus 2:4 “Sebab jikalau Allah tidak menyayangkan malaikat-malaikat yang berbuat dosa tetapi melemparkan mereka ke dalam neraka dan dengan demikian menyerahkannya ke dalam gua-gua yang gelap untuk menyimpan mereka sampai hari penghakiman.”

Ketujuh, sebagian malaikat diikat dengan rantai menunggu hari penghakiman

Yudas 1: 6 “Dan bahwa Ia menahan malaikat-malaikat yang tidak taat pada batas-batas kekuasaan mereka, tetapi yang meninggalkan tempat kediaman mereka, dengan belenggu abadi di dalam dunia kekelaman sampai penghakiman pada hari besar.”

Kedelapan, malaikat bisa membunuh umat manusia

Wahyu 9:15“Maka dilepaskanlah keempat malaikat yang telah disiapkan bagi jam dan hari, bulan dan tahun untuk membunuh sepertiga dari umat manusia.”

Kesembilan, malaikat bisa dilihat oleh binatang

Bilangan 22:23 “Ketika keledai itu melihat Malaikat TUHAN berdiri di jalan, dengan pedang terhunus di tangan-Nya, menyimpanglah keledai itu dari jalan dan masuk ke ladang. Maka Bileam memukul keledai itu untuk memalingkannya kembali ke jalan.”

Sepuluh, malaikat bisa mengendalikan binatang

Daniel 6:22“Allahku telah mengutus malaikat-Nya untuk mengatupkan mulut singa-singa itu, sehingga mereka tidak mengapa-apakan aku, karena ternyata aku tak bersalah di hadapan-Nya; tetapi juga terhadap tuanku, ya raja, aku tidak melakukan kejahatan.”

Sebelas, malaikat bisa mengontrol benda-benda tanpa menyentuhnya

Kisah Para Rasul 12:7-10 “Tiba-tiba berdirilah seorang malaikat Tuhan dekat Petrus dan cahaya bersinar dalam ruang itu. Malaikat itu menepuk Petrus untuk membangunkannya, katanya: "Bangunlah segera!" Maka gugurlah rantai itu dari tangan Petrus. Lalu kata malaikat itu kepadanya: "Ikatlah pinggangmu dan kenakanlah sepatumu!" Ia pun berbuat demikian. Lalu malaikat itu berkata kepadanya: "Kenakanlah jubahmu dan ikutlah aku!" Lalu ia mengikuti malaikat itu ke luar dan ia tidak tahu, bahwa apa yang dilakukan malaikat itu sungguh-sungguh terjadi, sangkanya ia melihat suatu penglihatan. Setelah mereka melalui tempat kawal pertama dan tempat kawal kedua, sampailah mereka ke pintu gerbang besi yang menuju ke kota. Pintu itu terbuka dengan sendirinya bagi mereka. Sesudah tiba di luar, mereka berjalan sampai ke ujung jalan, dan tiba-tiba malaikat itu meninggalkan dia.”

Duabelas, malaikat bisa menyamar dan berubah wujud

2 Korintus 11:14 “Hal itu tidak usah mengherankan, sebab Iblis pun menyamar sebagai malaikat Terang.”

Dalam bahasa Yunani, metaschematizo berubah wujud sebagai malaikat terang. Kata “menyamar” menggunakan kata Yunani metaschematizo yang artinya bertransformasi atau berubah figur, berubah wujud, transfigur, menyamar, dan shape-shifting.

Itulah 12 fakta tentang malaikat.

Pertanyaan selanjutnya, Apakah malaikat bisa dilihat dan menampakkan diri seperti yang ada di film-film, atau hanya rekayasa saja?

Lihat artikel tentang fakta malaikat lainnya, klik di sini.

 

Tonton video Fakta Alkitab: Fakta Menarik Keberadaan Malaikat di Alkitab berikut ini:

Sumber : jawaban channel
Halaman :
1

Ikuti Kami