Perempuan Punya Peran, Berikut 5 Perempuan Penolong dan Penopang di Alkitab
Sumber: pexels.com

Relationship / 13 March 2023

Kalangan Sendiri

Perempuan Punya Peran, Berikut 5 Perempuan Penolong dan Penopang di Alkitab

Wisnu Prianggani Contributor
2624

Perempuan juga bisa menjadi penolong dan penopang. Di Alkitab peran perempuan seringkali terabaikan karena bias gender yang muncul dalam masyarakat pada masa lalu. Namun, jika kita melihat dan membaca Alkitab dengan seksama, terdapat beberapa tokoh perempuan yang berperan sangat penting dan bahkan menjadi penentu dalam peristiwa-peristiwa yang tercatat.

Memang perempuan dalam Alkitab sering kali tidak mendapat peran yang sebesar seperti tokoh-tokoh laki-laki, namun beberapa perempuan menunjukkan bahwa mereka bahkan sangat berpengaruh dalam perjalanan sejarah Israel. Beberapa dari mereka bahkan bertindak sebagai penolong dan penopang yang tidak hanya membantu secara fisik, tetapi juga memberikan dukungan emosional dan spiritual yang sangat dibutuhkan.

Berikut 5 perempuan di Alkitab yang kisahnya bisa kita jadi kan pelajaran dalam hidup kita.

1. Debora

Hakim-hakim mencatat bahwa Debora adalah seorang nabi perempuan yang berperan menjad pembantu Barak dalam memimpin pasukan Israel melawan tentara Sisera. Hakim-hakim 4:8, “Jawab Barak kepada Debora: ”Jika engkau turut maju aku pun maju, tetapi jika engkau tidak turut maju aku pun tidak maju.” Dalam peran ini, Debora menunjukkan bahwa perempuan tidak hanya dapat berperan sebagai pengikut, tetapi juga sebagai pemimpin dan penolong dalam pertempuran. Meskipun pada masa itu, perempuan jarang dianggap sebagai pemimpin, Debora menunjukkan bahwa ia mampu memimpin dengan baik dan memberikan keberanian pada orang-orang di sekitarnya.

 

Baca Juga: Berjuang Untuk Percaya Kepada Rencana Tuhan? 2 Wanita Dalam Alkitab Ini Juga Demikian

 

2. Rahab

Rahab adalah seorang perempuan Kanaan yang membantu para pengintai Israel saat mereka memata-matai kota Yerikho. Yosua 2:4, “Tetapi perempuan itu telah membawa dan menyembunyikan kedua orang itu. Berkatalah ia: "Memang, orang-orang itu telah datang kepadaku, tetapi aku tidak tahu dari mana mereka”. Rahab berperan menolong mereka dengan memberikan perlindungan dan mengirim mereka pergi dengan selamat. Meskipun Rahab berasal dari bangsa yang dianggap sebagai musuh oleh orang Israel, ia menunjukkan kasih sayang dan belas kasih kepada orang lain. Belajar dari Rahab, kita harus membantu orang lain tanpa memandang latar belakang mereka.

 

3. Ester

Ester juga merupakan salah satu tokoh perempuan yang berperan penting dalam menyelamatkan bangsanya dari genosida. Dalam Ester 4:13-16, ia berani menghadap raja dan meminta izin untuk menyelamatkan bangsanya dari pembantaian yang diorganisir oleh Haman. Ester 4:15, “Maka Ester menyuruh menyampaikan jawab ini kepada Mordekhai” Dalam peran ini, Ester menunjukkan bahwa perempuan dapat berperan penting dalam menjaga keadilan dan kebenaran. Meskipun tindakannya bisa berakibat fatal bagi dirinya sendiri, Ester menunjukkan keberanian dan kesediaan untuk berkorban demi orang lain.

 

Baca Juga: Mengenal 5 Profesi Inspiratif Perempuan dalam Alkitab pada Hari Perempuan Internasional

 

4. Rut

Kebaikan hati dan kesetian ditunjukkan oleh Rut dalam menolong dan menopang Naomi, ibu mertuanya, setelah suaminya meninggal. Rut bekerja di ladang dan mengumpulkan gandum untuk menyediakan makanan bagi Naomi. Meskipun Rut adalah orang asing di Israel, ia menunjukkan kasih sayang dan kepedulian pada orang lain. Dalam Rut 2:1-16, Rut menunjukkan bahwa perempuan dapat menolong keluarga tanpa mengharapkan imbalan. Rut 2:13, “Kemudian berkatalah Rut: "Memang aku mendapat belas kasihan dari padamu, ya tuanku, sebab tuan telah menghiburkan aku dan telah menenangkan hati hambamu ini, walaupun aku tidak sama seperti salah seorang hamba-hambamu perempuan.” Rut menunjukkan bahwa ketekunan dan kerja keras adalah kunci dalam menjadi penolong yang efektif.

 

5. Maria Magdalena

Dalam Markus 16:1-8, Maria Magdalena dan beberapa perempuan lainnya datang ke makam Yesus untuk membersihkan jenazah-Nya. Namun, ketika mereka tiba di sana, mereka melihat bahwa batu penutup makam telah digulingkan dan jenazah Yesus tidak ada di dalamnya, Markus 16:4, “Tetapi ketika mereka melihat dari dekat, tampaklah, batu yang memang sangat besar itu sudah terguling.”. Maria Magdalena lalu berlari untuk memberitahu murid-murid Yesus dan menjadi orang pertama yang melihat Yesus yang telah bangkit. Maria Magdalena adalah seorang pengikut Yesus yang menolong-Nya dalam pelayanan-Nya. Ia juga merupakan saksi penting dalam kebangkitan Yesus dari kematian. Meskipun pada masa itu perempuan dianggap sebagai saksi yang tidak dapat dipercaya, Maria Magdalena tetap memberikan kesaksian tentang kebangkitan Yesus dengan berani dan tegas.

Dari tokoh-tokoh perempuan ini, terdapat beberapa pelajaran yang dapat kita ambi dari peran mereka di Alkitabl. Pertama, perempuan dapat berperan penting dalam menolong dan menopang dalam berbagai situasi, termasuk dalam pertempuran dan peperangan. Dalam era sekarang pertempran bisa berarti banyak hal, bisa pekerjaan atau bahkan peran sebagai orang tua. Kedua, perempuan dapat menunjukkan keberanian dan kesetiaan dalam membantu orang lain tanpa memandang latar belakang dan keyakinan. Ketiga, perempuan dapat berperan penting dalam menjaga keadilan dan kebenaran serta memperkuat iman dan hubungan dengan Tuhan. Terakhir, iman dapat menyembuhkan dan mengubah hidup, dan perempuan dapat berperan penting dalam mencari kesembuhan dan menyebarkan kabar baik.

 

Baca Juga: Ini 4 Tokoh Perempuan Penting Dalam Alkitab, Punya Pengaruh dan Beriman Besar

 

Dalam kehidupan sehari-hari, belajar dari peran perempuan sebagain penolong yang kita baca di atas, kita bisa mengaplikasikan pelajaran-pelajaran tersebut agar kita bisa menjadi penolong bagi orang-orang di sekitar kita, terutama mereka yang membutuhkan bantuan. Tidak perlu melakukan tindakan besar, namun tindakan kecil seperti memberikan senyum, memberikan dukungan moral, atau memberikan bantuan finansial dapat memberikan dampak besar bagi orang lain.

Halaman :
1

Ikuti Kami