Mengenal 5 Profesi Inspiratif Perempuan dalam Alkitab pada Hari Perempuan Internasional
Sumber: pexels.com

Relationship / 8 March 2023

Kalangan Sendiri

Mengenal 5 Profesi Inspiratif Perempuan dalam Alkitab pada Hari Perempuan Internasional

Wisnu Prianggani Contributor
2284

Hari Perempuan Internasional diperingati setiap tahun pada tanggal 8 Maret untuk menghargai kontribusi dan peran penting perempuan yang inspiratif dalam berbagai aspek kehidupan, selain itu hari ini juga digunakan sebagai promosi dalam kesetaraan gender serta hak-hak perempuan di seluruh dunia.

Di era sekarang, kita memang harus menyadari bahwa peran perempuan tidak terbatas pada tugas domestik, melainkan juga termasuk berbagai profesi yang membutuhkan keahlian, kemampuan, dan keberanian. Di dalam Alkitab, terdapat banyak contoh perempuan yang menjadi pemimpin dan bahkan menjadi inspirasi bagi orang lain dalam menjalani profesi dan panggilan hidup mereka. Perempuan-perempuan di dalam Alkitab ini telah memainkan peran yang sangat penting dalam sejarah, budaya, dan agama. Meskipun sering kali diabaikan atau dianggap sebagai pengikut, perempuan dalam Alkitab sering menunjukkan kekuatan, keberanian, dan ketekunan yang luar biasa.

 

Baca Juga: Ini 4 Tokoh Perempuan Penting Dalam Alkitab, Punya Pengaruh dan Beriman Besar

 

Apa saja profesi perempuan yang bisa ditemukan di dalam Alkitab? Berikut adalah lima profesinya.

1. Debora, seorang nabi dan pemimpin

Debora adalah seorang nabi dan pemimpin yang memimpin bangsa Israel dalam perang melawan raja Yabin. Debora merupakan contoh perempuan yang gigih, bijaksana, dan penuh dengan Roh Kudus. Ia menjadi sosok inspiratif bagi perempuan dalam menjalankan tugas sebagai pemimpin dan nabi.

"Pada waktu itu Debora, seorang nabiah, isteri Lapidot, memerintah sebagai hakim atas orang Israel." (Hakim-hakim 4:4)

 

2. Ester, seorang ratu

Jika kita membaca keseluruhan kitab Ester, kita bisa mengenal sosok perempuan yang satu ini lebih dekat. Dia adalah seorang ratu yang menjadi pahlawan bangsa Israel dalam Kitab Ester. Ia berani membela bangsanya dari rencana jahat Haman dengan menggunakan kecerdasan dan keberaniannya. Ratu Ester merupakan contoh perempuan yang dapat menjadi pemimpin dan melindungi orang lain dari ancaman yang mengintai.

 

3. Priskila, seorang pengajar

Priskila adalah seorang pengajar yang bersama suaminya, Aquila, memberikan pengajaran kepada Apolos tentang jalan Allah dengan lebih lengkap. Priskila dan Aquila merupakan pasangan yang berkontribusi dalam pengajaran dan memberikan inspirasi bagi perempuan dan laki-laki untuk berkontribusi dalam pelayanan dan pengajaran gereja.

"Sampaikan salam kepada Priskila dan Akwila, teman-teman sekerjaku dalam Kristus Yesus. Mereka telah mempertaruhkan nyawanya untuk hidupku. Kepada mereka bukan aku saja yang berterima kasih, tetapi juga semua jemaat bukan Yahudi. Salam juga kepada jemaat di rumah mereka. Salam kepada Epenetus, saudara yang kukasihi, yang adalah buah pertama dari daerah Asia untuk Kristus." Roma 16: 3-5

 

Baca Juga: Wanita-wanita Hebat Dalam Alkitab (Bagian 1)

 

4. Lydia, seorang pengusaha

"Seorang dari perempuan-perempuan itu yang bernama Lidia turut mendengarkan. Ia seorang penjual kain ungu dari kota Tiatira, yang beribadah kepada Allah. Tuhan membuka hatinya, sehingga ia memperhatikan apa yang dikatakan oleh Paulus. Sesudah ia dibaptis bersama-sama dengan seisi rumahnya, ia mengajak kami, katanya: "Jika kamu berpendapat, bahwa aku sungguh-sungguh percaya kepada Tuhan, marilah menumpang di rumahku." Ia mendesak sampai kami menerimanya." Kisah Para Rasul 16:14-15

Lydia adalah seorang pengusaha kain yang bertemu dengan Paulus dan Silas di Filipi. Ia menjadi orang pertama yang menerima pengajaran Injil dan memutuskan untuk dibaptis. Lydia merupakan contoh perempuan yang berkontribusi dalam perdagangan dan juga menjadi saksi dan murid Yesus.

 

5. Sifra dan Pua, bidan

Di dalam kitab Keluaran 1:15-21, kita bisa membaca bawah Sifra dan Pua adalah bidan yang memberontak melawan perintah raja Mesir yang memerintahkan mereka untuk membunuh bayi laki-laki Israel yang baru lahir. Mereka menjadi teladan bagi perempuan yang berani melawan kebijakan yang tidak adil dan melindungi kehidupan manusia.

Alkitab memuat banyak contoh perempuan yang menjadi inspirasi dan teladan dalam berbagai profesi dan panggilan hidup. Mereka adalah perempuan yang berani, gigih, ahli, bijaksana, dan setia dalam melayani Tuhan dan orang lain. Dalam memperingati Hari Perempuan Internasional, kita bisa belajar dari contoh-contoh ini dan menghargai kontribusi dan peran penting perempuan dalam masyarakat.

Semua contoh ini memberikan inspirasi bagi kita semua, terutama pada Hari Perempuan Internasional, untuk memberikan dukungan dan menghargai peran perempuan dalam masyarakat. Mari kita memperhatikan dan menghargai kemampuan dan kontribusi perempuan, serta memperjuangkan hak mereka untuk meraih potensi penuh yang dimiliki.

Halaman :
1

Ikuti Kami