Rangkaian Prapaskah yang Wajib Umat Kristen Lalui Sebelum Memasuki Masa Paskah
Sumber: https://www.freepik.com/free-photo/high-angle-wooden-cross-crown-thorns-sand_25100179.htm#from_view=detail_serie

Kata Alkitab / 2 March 2023

Kalangan Sendiri

Rangkaian Prapaskah yang Wajib Umat Kristen Lalui Sebelum Memasuki Masa Paskah

bella tiurma Contributor
1752

Paskah merupakan momen sakral yang dinanti umat Kristiani, dimana paskah merupakan hari Kebangkitan Tuhan Yesus. Tapi tahukah kalian bahwa sebelum menyambut hari paskah datang kita melewati berbagai rangkaian masa prapaskah?

Sebelum kita memasuki masa prapaskah kita akan mengawali dengan Rabu Abu yang menjadi awal kita melakukan berpuasa hingga Jumat Agung. Masa ini ditandai dengan pemberian abu yang berasal dari daun palma kering tahun lalu sudah diberkati, hal ini memiliki makna bahwa manusia berasal dari abu dan akan kembali menjadi abu.

Kita akan melewati 6 minggu prapaskah, dimana diawali dengan Rabu Abu sebelum memasuki Minggu Prapasakah 1, lalu pada Minggu Prapaskah 6 merupakan pekan suci yang biasa disebut dengan Minggu Palma Sengsara. Selanjutnya kita akan memperingati Kamis Putih dan Jumat Agung yang jatuh sebelum kita merayakan Paskah.

 

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Ajarkan Anak Tentang Prapaskah

 

Masa prapaskah sendiri merupakan momen yang digunakan bagi umat Kristiani mempersiapkan diri untuk menyambut paskah dengan cara berdoa, melakukan pertobatan, amal kasih, menjalani hidup sederhana, dan penyangkalan diri.

Secara etimolgi, istilah pra paskah awalnya dipakai oleh Umat Katolik sebagai pengganti masa puasa. Sementara dalam Bahasa Yunani, yakni Sarakosti yang berarti masa 40 hari.

Masa ini digunakan oleh umat Kristiani dan Katolik untuk berpuasa dan berpantang yang dilakukan selama 40 hari lamanya. Berpuasa adalah kondisi dimana kita tidak memakan apapun, sedangkan berpantang adalah kondisi dimana kita tidak memakan makanan tertentu saja. Kebanyakan umat Kristiani melakukan berpantang memakan daging, ikan atau pun garam. Tetapi dalam hal berpantang kita dapat melakukan dengan hal-hal yang kita sukai.

Selama masa prapaskah ini digunakan oleh umat Katolik untuk melakukan jalan salib yang dilakukan setiap hari Jumat selama minggu pra paskah. Hal ini dapat dilakukan secara bersama ataupun mandiri, yang dimaknai untuk menghayati kisah sengsara Yesus dan pengorbananNya di kayu salib.

Setelah kita melewati 6 minggu lamanya masa prapaskah, kita akan memasuki Kamis Putih yang merupakan peringatan perjamuan kudus malam terakhir Yesus bersama dengan kedua belas muridnya.

 

Baca Juga: Perlukah Orang Kristen Puasa Prapaskah?

 

Kemudian, pada esok harinya kita mengenang peristiwa Yesus di salib yakni Jumat Agung. Pada hari ini juga dimaknai sebagai hari kesedihan dan penebusan dosa, dimana umat Kristiani akan melakukan pengakuan dan penebusan dosa karena pada Jumat Agung ini lah Yesus rela di salib bagi kita untuk menebus dosa manusia.

Begitu banyak rangkaian yang kita lalui yang diakhiri dengan Jumat Agung, kita memasuki minggu Paskah dimana masa ini tidak kalah dinantikan oleh umat Kristiani yang diperingati oleh umat Kristiani dengan menghias telur sebagai simbol Kebangkitan Tuhan Yesus.

Halaman :
1

Ikuti Kami