Terungkap! 5 Fakta Menarik Mengenai Hujan dalam Alkitab yang Perlu Anda Ketahui
Sumber: Pexels

Kata Alkitab / 27 February 2023

Kalangan Sendiri

Terungkap! 5 Fakta Menarik Mengenai Hujan dalam Alkitab yang Perlu Anda Ketahui

Wisnu Prianggani Contributor
3315

Hujan adalah fenomena alam yang menarik dan sudah dikenal sejak zaman dahulu, bahkan sudah ada tercatat di beberapa kisah dalam Alkitab. Namun, tahukah Anda bahwa hujan juga memiliki peran penting dalam Alkitab? Hujan tidak hanya sebagai sumber kehidupan bagi alam semesta dan juga manusia, tetapi juga menjadi bagian dari beberapa cerita dan peristiwa.

Berikut adalah 7 fakta menarik mengenai hujan di dalam Alkitab yang mungkin tidak Anda ketahui sebelumnya.

1. Hujan yang Pertama Kali Disebutkan Menjadi Tanda Hukuman

Hujan pertama kali disebutkan dalam Kitab Kejadian, di mana Allah menurunkan hujan pada saat terjadinya air bah (Kejadian 7:4). Hujan ini adalah bagian dari tanda-tanda bahwa Allah sedang memberikan hukuman pada umat manusia yang berdosa. Hujan juga menjadi tanda bagi Nuh bahwa hukuman Allah telah berakhir dan bumi bisa kembali dihuni.

 

Baca Juga: Turunkan Hujan dan Api, Inilah 4 Pelajaran Doa yang Bisa Kita Petik dari Nabi Elia

 

2. Hujan Menjadi Tanda Perjanjian Allah dengan Nuh

Setelah air bah, Allah membuat perjanjian dengan Nuh dan meletakkan busur pelangi di awan sebagai tanda bahwa Ia tidak akan membanjiri bumi lagi dengan air (Kejadian 9:13-15). Hujan menjadi bagian dari tanda perjanjian Allah dengan Nuh dan seluruh keturunannya bahwa Ia tidak akan lagi memberikan hukuman dengan banjir.

 

3. Hujan Sebagai Tanda Kebaikan dan Kesetiaan Allah

Dalam Kitab Mazmur, hujan sering kali dihubungkan dengan berkat dan kebaikan Allah. Mazmur 65:9-10 mengatakan bahwa Allah mengunjungi bumi dengan hujan dan membuatnya subur. Dalam Kitab Yesaya, hujan dianggap sebagai tanda kebaikan Allah dan kesetiaan-Nya terhadap umat-Nya. Yesaya 45:8 mengatakan bahwa Allah menurunkan hujan dari langit untuk menumbuhkan tumbuh-tumbuhan dan memberi makan pada umat-Nya.

 

4. Hujan Sebagai Hukuman Allah

Seperti yang disebutkan pada poin pertama, hujan juga bisa menjadi tanda hukuman Allah. Di Kitab Amos, hujan dianggap sebagai hukuman Allah terhadap dosa-dosa umat-Nya. Amos 4:7 mengatakan bahwa Allah menahan hujan dari mereka sebagai hukuman karena dosa-dosa mereka. Hujan bisa menjadi tanda bahwa Allah sedang memberikan hukuman pada umat manusia yang berdosa.

 

Baca Juga: Ketika Diluar Badai Mengamuk, Ini Caranya Agar Kamu Tetap Tenang Menghadapinya

 

5. Hujan Sebagai Salah Satu Tanda Akhir Zaman

Dalam beberapa nubuat Alkitab, hujan juga dianggap sebagai salah satu tanda akhir zaman. Dalam Kitab Wahyu, terdapat deskripsi tentang hujan es besar yang turun dari langit sebagai bagian dari bencana akhir zaman. Hal ini dianggap sebagai tanda bahwa Allah sedang memberikan hukuman pada umat manusia yang tidak taat.

Hujan bisa menjadi tanda kebaikan dan kesetiaan Allah, tetapi juga bisa menjadi tanda hukuman dan bencana akhir zaman. Oleh karena itu, kita perlu menghargai dan memperhatikan fenomena alam yang satu ini, serta mengambil pelajaran dari cerita dan peristiwa dalam Alkitab yang melibatkan hujan.

Meskipun Alkitab adalah kitab suci yang memiliki nilai rohani, fakta-fakta mengenai hujan dalam Alkitab bisa memberikan kita pemahaman yang lebih luas mengenai fenomena alam yang terjadi di sekitar kita. Kita bisa belajar bahwa hujan bukan hanya sebagai sumber air bagi makhluk hidup, tetapi juga memiliki makna simbolis dan rohani yang mendalam. Kiranya kita semakin memperdalam pemahaman tentang Alkitab dan meningkatkan rasa syukur kita pada Allah yang telah menciptakan segala sesuatu dengan penuh hikmat dan kasih sayang.

Halaman :
1

Ikuti Kami