Inilah Tema Paskah PGI 2023, Begini Makna Ayatnya
Sumber: Jawaban.com

News / 26 February 2023

Kalangan Sendiri

Inilah Tema Paskah PGI 2023, Begini Makna Ayatnya

Lori Official Writer
41579

Dalam rangka menyambut perayaan Paskah 2023, Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) akhirnya merilis tema besar Paskah 2023 yaitu “Ia Mendahului Kamu ke Galilea; Jangan Takut!” 

Tema Paskah 2023 ini merupakan kutipan dari ayat Matius 28 ayat 7 dan 10. Demikian isinya “Dan segeralah pergi dan katakanlah kepada murid-murid-Nya bahwa Ia telah bangkit dari antara orang mati. Ia mendahului kamu ke Galilea; di sana kamu akan melihat Dia. Sesungguhnya aku telah mengatakannya kepadamu."...Maka kata Yesus kepada mereka: "Jangan takut. Pergi dan katakanlah kepada saudara-saudara-Ku, supaya mereka pergi ke Galilea, dan di sanalah mereka akan melihat Aku."”

Meskipun telah merilis ayat besar Paskah 2023, PGI masih belum menjelaskan pesan dibalik makna Matius 28: 7 dan 10, baik dari sudut pandang pribadi, gereja maupun bangsa. Namun kita bisa menggali makna ayat ini berdasarkan sejarah dan korelasinya di masa ini. Sehingga kita bisa memahami peristiwa penyaliban, kematian hingga kebangkitan Yesus lebih luas.

 

Baca Juga: 5 Makna Matius 28:7 yang Berbicara Tentang Kebangkitan Tuhan Yesus

 

Makna Ayat Paskah 2023 “Matius 28: 7 dan 10”

Bagian pasal Matius 28: 1-8, berbicara tentang kebangkitan Yesus pada hari ketiga setelah kematian-Nya. Kebangkitan ini sama seperti yang dituliskan dalam kisah penciptaan, bahwa pada hari pertama minggu pertama penciptaan, Tuhan menjadikan terang untuk mengusir kegelapan. Kebangkitan Yesus adalah wujud dari Terang Dunia yang bersinar dari kegelapan kubur. Sejak saat itu, hari kebangkitan Yesus disebut sebagai perayaan khusyuk dan istimewa. 

Kebangkitan Yesus menjadi sumber sukacita. Karena itu di ayat 10 disampaikan agar para perempuan itu melawan ketakutan mereka. Yesus berkata “Jangan takut!” Ia meyakinkan bahwa kebangkitan-Nya adalah penghiburan. Dia mengundang kita untuk mengalami kebangkitan yang sama.

 

Baca Juga: Inilah Arti Paskah yang Sebenarnya

 

Melalui pesan ini, ada satu poin penting yang bisa kita tangkap, yaitu bahwa di tengah rasa takut Tuhan selalu hadir untuk meneguhkan kembali iman kita dan kembali mengingat banyak karya ajaib yang Ia sudah lakukan.

Selamat menyambut Paskah 2023. “Ia mendahului kamu ke Galilea; Jangan Takut!”

Sumber : PGI
Halaman :
1

Ikuti Kami