Ada Jawaban Doa Bagi Mereka yang Percaya Teguh Akan Janji-janji Tuhan
Sumber: NIV Bible

Kata Alkitab / 23 January 2023

Kalangan Sendiri

Ada Jawaban Doa Bagi Mereka yang Percaya Teguh Akan Janji-janji Tuhan

Setyoningsih Harjita Contributor
476

"Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita." (Efesus 3 : 20)

Percayakah kita, bahwa segala sesuatu di dalam diri kita adalah hasil dari doa? Ya! Sekalipun kita tidak menyadarinya. Doa selalu memberikan hasil yang terbaik, bukan menurut kita, tetapi menurut apa yang Tuhan pandang baik bagi kita. Bukankah dengan iman kita percaya bahwa dari Tuhan kita menerima segala yang baik dan yang sempurna (Yakobus 1 : 17).

Tetapi mungkin ada sebagian orang yang bertanya, apakah masalah, pergumulan, tekanan dan kesulitan hidup adalah juga jawaban Tuhan atas doa-doa kita? Ya! Sebab di balik semua peristiwa selalu ada campur tangan Tuhan di dalamnya (Roma 8: 28). Bentuk jawaban doa tidak selalu dapat kita pahami. Ada kalanya jawaban doa itu justru terbungkus di dalam persoalan hidup yang kita alami, yang sebenarnya memiliki tujuan jauh lebih mulia yaitu memurnikan iman kita dan membentuk kita menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih berkenan kepada Tuhan. Mungkin kita mendoakan datangnya hal-hal baik dalam hidup kita.

Melalui doa, kita mengharapkan datangnya pertolongan dan mukjizat. Namun jawaban doa adalah bentuk perkenanan Tuhan yang mengerjakan di dalam diri kita menurut waktu, cara dan kehendakNya sendiri. Terkadang kita merasa jawaban doa itu begitu lama, sehingga kita menjadi putus asa dan jemu berdoa. Kita perlu bertekun dalam nenantikan jawaban doa, Tuhan selalu tepat waktu dalam menjawab doa-doa kita.

Kesungguhan kita dalam iman percaya kepada Tuhan akan teruji melalui ketekunan dan kesabaran kita menantikan jawaban doa. Tuhan mengetahui isi hati dan motivasi pengiringan kita kepadaNya. Dia menghendaki supaya kita tidak sekedar menjadikan Tuhan sebagai sumber jawaban doa seperti kemauan dan harapan kita, namun lebih dari itu, dalam berdoa Tuhan menginginkan setiap kita dapat menjumpai PribadiNya, mengalami kasihNya dan mengenalNya lebih dalam sebagai Bapa yang begitu peduli dan mengasihi kita.

Janganlah kita berdoa hanya sekedar meminta. Sebab, sebelum meminta pun sudah pasti berkat pemeliharaan itu Tuhan sediakan, karena Jati DiriNya sebagai Bapa dan kita adalah anak-anak yang dikasihiNya. Mari belajar mencari kehendakNya di dalam doa. Roh Kudus akan menuntun kita dalam hikmatNya, sehingga kita dapat berdoa menurut apa yang berkenan kepadaNya dan kuasaNya yang menyempurnakan setiap doa permohonan kita.

Berdoalah dalam iman dan kepercayaan penuh atas janji-janji Tuhan. Tuhan sanggup melakukan jauh lebih besar dari perkara apapun yang kita doakan. Nantikan Tuhan dengan setia dan tetaplah berdoa. (SY)

Halaman :
1

Ikuti Kami