Sambut 2023, Ini 5 Ide Kerja Sampingan Tanpa Modal & Mudah yang Bisa Hasilkan Puluhan Juta
Sumber: jawaban.com

Finance / 2 January 2023

Kalangan Sendiri

Sambut 2023, Ini 5 Ide Kerja Sampingan Tanpa Modal & Mudah yang Bisa Hasilkan Puluhan Juta

Claudia Jessica Official Writer
1934

Selamat tahun baru 2023!

Seperti yang kita tahu, pada akhir tahun 2022 lalu banyak sekali isu yang mengatakan tahun 2023 akan terjadi resesi, PHK, global krisis, dan lain-lain. Apakah hal ini mengganggu dan membuat Anda merasa gelisah?

Tahukah Anda bahwa yang membuat kita jatuh adalah ketidaksiapan kita dalam menghadapi semua hal tersebut. Selain berdoa dan berserah kepada Tuhan, tindakan apa sih yang harus kita lakukan?

Alih-alih merasa gelisah dalam ketakutan, mari kita cari ide pekerjaan sampingan yang cocok diri Anda. Kita perlu mengantisipasi dengan cara mencari sumber pemasukan yang lain. Berikut ini adalah 5 ide pekerjaan sampingan yang cocok untuk dilakukan di tahun 2023.

1. Affiliate e-commerce

Affiliate marketing adalah strategi jualan yang legal dan sah di mata hukum. Sistemnya sendiri tidak jauh berbeda dengan kode referral dimana seorang affiliator membantu produsen untuk menjual barangnya. Kemudian sang affiliator yang memasarkan barang tersebut akan mendapatkan komisi dari banyaknya barang yang berhasil terjual.

Ada begitu banyak e-commerce yang menyediakan program affiliate marketing di Indonesia, seperti lazada, bukalapak, blibli, shopee, tokopedia, tiktok shop, shopify, amazon, rakuten, canva, dan masih banyak lagi.

2. Translator atau subtitler

Pekerjaan yang dilakukan oleh translator atau subtitler pada umumnya adalah menterjemahkan script, video, atau bahkan membuat subtitle.

Beberapa web yang menyediakan jasa ini adalah fastwork.id, sribulancer.com, fiverr.com, freelancer.co.id, dan masih banyak lagi.

3. Freelance model

Minim modal dan mudah sekali untuk dicoba. Untuk menarik klien, Anda perlu mulai menata penampilan Anda dan mengatur akun social media dengan pose yang photogenic. Ketika akunmu menarik dan nyaman dilihat, pasti akan ada klien yang menghubungi Anda untuk menawarkan menjadi model. Semakin banyak portofolio kamu, artinya semakin besar juga kesempatan untuk menjadi model freelance.

4. Dropship

Dropship merupakan cara untuk menghasilkan uang dengan cara yang sederhana dan minim kerugian. Dropshipper hanya perlu menawarkan produknya tanpa harus membeli atai menyetok barang terlebih dahulu.

Dropshipper hanya perlu memasarkan produk dari produsen kepada konsumen hingga mendapatkan kesepakatan kemudian memesan barang yang dipesan oleh konsumen kepada produsen.

5. Admin media sosial

Media sosial seolah telah menjadi bagian dari kehidupan kita saat ini. Alih-alih hanya menjadi penikmat konten, Anda bias menjadi admin media sosial atau pembuat konten itu sendiri lho.

Tanggung jawab seorang admin media sosial biasanya sepitar pada membalas pesan terkait pesanan atau keluhan dari pelanggan. Selain itu, Anda juga perlu membuat caption atau konten yang diperlukan untuk memasarkan produk yang hendak dijual, dan mengelola akun media sosial agar dikenal banyak orang.

Dari 5 ide sampingan tanpa modal yang dapat menghasilkan banyak uang hingga puluhan juta ini, mana yang paling menarik Anda untuk mencobanya?

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami