Gempa Cianjur Menghancurkan Rumah dan Fasilitas Umum, Korban Dirawat di Tenda Darurat

News / 21 November 2022

Kalangan Sendiri

Gempa Cianjur Menghancurkan Rumah dan Fasilitas Umum, Korban Dirawat di Tenda Darurat

Claudia Jessica Official Writer
391

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengabarkan terjadi gempa berkekuatan 5,6 SR di Cianjur, Jawa Barat pada pukul 13.21 WIB hari ini (21/11/2022).

Sampai malam pukul 19.00 ini, BMKG mencatat terjadi 62 gempa susulan pasca gempa pertama.

“Sampai pukul 19.00 WIB terjadi 62 gempa susulan. Magnitudo terbesar M4,2 dan magnitudo terkecil M1,5,” ujar Kepala BMKG Stasiun Geofisika Bandung, Teguh Rahayu, seperti yang dilansir dari Liputan6.com.

Sementara itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan saat ini jumlah korban meninggal dunia mencapai 62 korban jiwa. Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengabarkan 25 orang diantaranya merupakan warga Desa Cijedil, Cugenang masih tertimbun dengan reruntuhan bangunan.

Sementara itu, 79 orang lainnya mengalami luka-luka dan ribuan orang lainnya harus mengungsi akibat kerusakan yang disebabkan oleh gempa ini.

Lebih dari 2.000 rumah, termasuk pondok pesantren, RSUD Cianjur, Gedung pemerintah, sarana pendidikan, dan tempat ibadah ikut hancur akibat bencana ini.

BPBD masih akan terus mendata korban jiwa dan kerusakan infrastruktur yang terjadi di Cianjur, Jawa Barat.

Ridwan Kamil, selaku Gubernur Jawa Barat menghimbau agar masyarakat tetap waspada mengingat gempa susulan yang masih sering terjadi hingga saat ini.

“Karena masih banyak warga yang terperangkap di tempat-tempat kejadian, kita asumsikan yang luka-luka dan yang meninggal dunia pun akan terus bertambah seiring waktu,” ujar Ridwan.

Dalam keadaan darurat, para korban ditangani di tenda-tenda yang terpasang di halaman atau tempat parkir RSUD Cianjur.

“Kedaruratan banyak dilakukan secara 'outdoor' untuk mengantisipasi gempa susulan yang terjadi dua dan tiga kali setelah kejadian,” pungkas Ridwan.

Mari kita berdoa agar kiranya Tuhan memberikan perlindungan dan kekuatan bagi para korban yang terdampak dari bencana gempa ini.

 

BACA JUGA: 10 Ayat Alkitab Soal Perlindungan Tuhan di Tengah Bencana Alam

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami