10 Kebenaran Firman Tuhan yang Patut Diajarkan Gereja Kepada Anak Muda
Sumber: campaign asia

Kata Alkitab / 28 October 2022

Kalangan Sendiri

10 Kebenaran Firman Tuhan yang Patut Diajarkan Gereja Kepada Anak Muda

Lori Official Writer
3404

Kaum muda atau anak muda bukan saja menjadi masa depan bangsa, tetapi anak muda juga menentukan masa depan gereja Tuhan. Tentu saja para orangtua akan senang menyaksikan anak-anaknya tumbuh menjadi pemuda dan pemudi yang mengasihi Tuhan dan mau mengambil bagian di dalam pelayanan.

Peran generasi muda memang tidak terbatas hanya sekadar melayani di gereja. Kebenarannya adalah Tuhan merancangkan setiap anak muda ini untuk terlibat di dalam kepentingan bangsa. Itu sebabnya, gereja berperan untuk membentuk anak-anak muda memahami panggilannya dalam hidup melalui pelayanan hingga nantinya mereka siap terjun melayani bangsanya melalui bidang pekerjaan yang akan mereka ambil nantinya.

Sosok Timotius adalah salah satu gambaran teladan anak yang bisa ditiru oleh anak muda saat ini. Dia berkhotbah di usianya yang masih sangat muda. Tetapi Paulus mengingatkan supaya dia tidak merasa enggan untuk melayani meskipun usianya masih sangat muda. 

“Jangan seorangpun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu.” (1 Timotius 4: 12)

Paulus menyampaikan melalui ayat ini supaya anak-anak muda menjadi teladan di dalam:

1. Firman kebenaran – Memiliki tutur kata yang jujur dan penuh kasih (Efesus 4: 15)

2. Perilaku – memperhatikan kehidupan dan tindakan yang harus selalu didasarkan pada firman Tuhan. Tidak munafik (Titus 1: 16).

3. Penuh kasih – Mengasihi karena kita mengasihi Tuhan dan sesama. Tutur kata dan perbuatan menjadi cerminan dari kasih.

4. Hidup di dalam roh – Kehidupan harus mencerminkan kasih dan penghormatan kepada Tuhan.

5. Hidup mengandalkan iman – Dengan itu kita mengakui bahwa Tuhan berkuasa dan berdaulat atas segala sesuatunya.

6. Murni – Di dalam segala keadaan, tetaplah hidup dengan pikiran, hati dan tubuh yang murni dan tak bercela.

Menghasilkan anak muda yang menghidupi 6 poin ini tentu saja membutuhkan proses penempahan. Untuk itulah penting bagi gereja untuk membimbing, mengajar dan mengarahkan anak muda.

Inilah 10 kebenaran firman Tuhan yang bisa gereja ajarkan kepada anak-anak muda.

1. 1 Timotius 5: 1-2

Janganlah engkau keras terhadap orang yang tua, melainkan tegorlah dia sebagai bapa. Tegorlah orang-orang muda sebagai saudaramu, perempuan-perempuan tua sebagai ibu dan perempuan-perempuan muda sebagai adikmu dengan penuh kemurnian.

 

2. Mazmur 119: 9

Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu.

 

3. 1 Petrus 5: 5-9

Demikian jugalah kamu, hai orang-orang muda, tunduklah kepada orang-orang yang tua. Dan kamu semua, rendahkanlah dirimu seorang terhadap yang lain, sebab: "Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati." Karena itu rendahkanlah dirimu di bawah tangan Tuhan yang kuat, supaya kamu ditinggikan-Nya pada waktunya. Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu. Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya. Lawanlah dia dengan iman yang teguh, sebab kamu tahu, bahwa semua saudaramu di seluruh dunia menanggung penderitaan yang sama.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

4. Amsal 4: 20-22

Hai anakku, perhatikanlah perkataanku, arahkanlah telingamu kepada ucapanku; janganlah semuanya itu menjauh dari matamu, simpanlah itu di lubuk hatimu. Karena itulah yang menjadi kehidupan bagi mereka yang mendapatkannya dan kesembuhan bagi seluruh tubuh mereka.

 

5. Yeremia 1: 4-9

Firman TUHAN datang kepadaku, bunyinya: "Sebelum Aku membentuk engkau dalam rahim ibumu, Aku telah mengenal engkau, dan sebelum engkau keluar dari kandungan, Aku telah menguduskan engkau, Aku telah menetapkan engkau menjadi nabi bagi bangsa-bangsa." Maka aku menjawab: "Ah, Tuhan ALLAH! Sesungguhnya aku tidak pandai berbicara, sebab aku ini masih muda." Tetapi TUHAN berfirman kepadaku: "Janganlah katakan: Aku ini masih muda, tetapi kepada siapapun engkau Kuutus, haruslah engkau pergi, dan apapun yang Kuperintahkan kepadamu, haruslah kausampaikan. Janganlah takut kepada mereka, sebab Aku menyertai engkau untuk melepaskan engkau, demikianlah firman TUHAN." Lalu TUHAN mengulurkan tangan-Nya dan menjamah mulutku; TUHAN berfirman kepadaku: "Sesungguhnya, Aku menaruh perkataan-perkataan-Ku ke dalam mulutmu.

 

6. Amsal 1: 8-9

Hai anakku, dengarkanlah didikan ayahmu, dan jangan menyia-nyiakan ajaran ibumu sebab karangan bunga yang indah itu bagi kepalamu, dan suatu kalung bagi lehermu.

 

7. Pengkhotbah 11: 9-10

Bersukarialah, hai pemuda, dalam kemudaanmu, biarlah hatimu bersuka pada masa mudamu, dan turutilah keinginan hatimu dan pandangan matamu, tetapi ketahuilah bahwa karena segala hal ini Allah akan membawa engkau ke pengadilan! Buanglah kesedihan dari hatimu dan jauhkanlah penderitaan dari tubuhmu, karena kemudaan dan fajar hidup adalah kesia-siaan.

 

8. Roma 12: 2

Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

 

9. Matius 19: 19

…hormatilah ayahmu dan ibumu dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

 

10. Amsal 8: 32-33

Oleh sebab itu, hai anak-anak, dengarkanlah aku, karena berbahagialah mereka yang memelihara jalan-jalanku. Dengarkanlah didikan, maka kamu menjadi bijak; janganlah mengabaikannya.

Cbn Indonesia terus bergerak untuk memperlengkapi gereja-gereja di Indonesia di dalam mencetak generasi anak dan remaja yang mengasihi Tuhan. Jika Anda ingin terlibat di dalam visi besar ini, mari bergabung sebagai mitra kerja kami. Berikan dukungan Anda dengan mengklik link di bawah ini.

 

DONASI

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami