Yang Belum Tahu, Ini Peran Perjamuan Kudus Dalam Kehidupan Kristen

Kata Alkitab / 23 September 2022

Kalangan Sendiri

Yang Belum Tahu, Ini Peran Perjamuan Kudus Dalam Kehidupan Kristen

Lori Official Writer
609

Mengambil bagian dalam Perjamuan Kudus adalah salah satu bagian dari ibadah yang dilakukan umat Kristiani. Ibadah ini sendiri merupakan bagian dari warisan Yesus sebelum Dia menjalani sengsara dan mati di atas kayu salib.

 

Apa Itu Perjamuan Kudus?

Perjamuan Kudus adalah perayaan Perjamuan Allah (seperti tertulis di dalam Injil Matius 26: 17-29, Markus 14: 12-25; dan Lukas 22: 7-38).

Saat perayaan Perjamuan Kudus ini, Yesus dan murid-murid-Nya tengah berkumpul untuk perayaan Paskah, yang bagi orang Yahudi merupakan salah satu perayaan besar keagamaan. 

Namun ketika Yesus mengadakan Perjamuan Kudus, Dia sedang menyampaikan tentang diri-Nya sendiri. Dia sedang mengubah peringatan pembebasan bangsa Israel dari Mesir menjadi peringatan akan keselamatan yang Dia kerjakan bagi umat manusia, melalui pengorbanan-Nya di kayu salib.

“Dan ketika mereka sedang makan, Yesus mengambil roti, mengucap berkat, memecah-mecahkannya lalu memberikannya kepada murid-murid-Nya dan berkata: "Ambillah, makanlah, inilah tubuh-Ku." Sesudah itu Ia mengambil cawan, mengucap syukur lalu memberikannya kepada mereka dan berkata: "Minumlah, kamu semua, dari cawan ini. Sebab inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa. Akan tetapi Aku berkata kepadamu: mulai dari sekarang Aku tidak akan minum lagi hasil pokok anggur ini sampai pada hari Aku meminumnya, yaitu yang baru, bersama-sama dengan kamu dalam Kerajaan Bapa-Ku.” (Matius 26: 26-29)

Dalam 1 Korintus 11: 23-25, Rasul Paulus kembali mengadakan ibadah Perjamuan Kudus ini kepada gereja yang sedang berjuang di Korintus. Dia mengingatkan mereka tentang penderitaan Yesus dan memerintahkan mereka untuk merayakan komuni sebagai peringatan akan Dia. 

Dia menyoroti bahwa Yesus memberi tahu murid-murid-Nya bahwa cawan yang terangkat adalah darah yang dikorbankan untuk Perjanjian Baru. Dia menyampaikan perkataan yang disampaikan Yesus: Perbuatlah ini, setiap kali kamu meminumnya, menjadi peringatan akan Aku!...Sebab setiap kali kamu makan roti ini dan minum cawan ini, kamu memberitakan kematian Tuhan sampai Ia datang. (1 Korintus 11: 26)

Jadi, setiap kali kita mengadakan Perjamuan Kudus kita diingatkan bahwa kita memperoleh keselamatan oleh karena kematian Yesus.

 

Siapa yang Berhak Menerima Perjamuan Kudus?

Ini adalah pertanyaan yang banyak ditanyakan oleh orang-orang Kristen. Apakah semua orang berhak menerima Perjamuan Kudus?

Kita harus memahami bahwa Perjamuan Kudus adalah tentang peringatan akan pengorbanan Yesus. Itu artinya, Perjamuan Kudus merupakan wujud dari iman di dalam Yesus. 

Bagaimana mungkin kuasa Perjamuan Kudus bisa terjadi atas seseorang ketika dia tidak percaya Yesus atau yang menyangkali Dia? Meskipun dia bisa mengikuti ibadah Perjamuan Kudus, namun jika dia tidak menerimanya dengan iman percaya maka itu hanyalah ceremonial biasa tanpa kuasa.

Jadi, jika Anda ingin mengalami kuasa penyembuhan, pemulihan, pengampunan, sukacita dan damai sejahtera, terima Perjamuan Kudus dengan iman yang tertuju kepada-Nya.

Terdapat 5 hal penting yang perlu dipahami orang Kristen terkait Perjamuan Kudus:

1. Dalam sejarahnya, Perjamuan Kudus merupakan bagian dari perjamuan Paskah umat Yahudi.

Setiap tahunnya, umat Israel memperingati pembebasan mereka dari perbudakan di Mesir (Keluaran 12). 

Namun Yesus memakai perayaan ini untuk menggenapi janji Tuhan di Perjanjian Lama, dengan pemahaman bahwa sama seperti Allah sudah membebaskan bangsa Israel dari Mesir, kematian-Nya di kayu salib merupakan peristiwa pembebasan bersejarah yang dilakukan Yesus bagi umat manusia. Dalam hal ini, Yesus membebaskan kita dari perbudakan dosa sekali untuk selamanya.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Crosswalk.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami