Ini Alasan Penting Parents Perlu Bacakan Ayat Alkitab ke Anak

Relationship / 19 September 2022

Kalangan Sendiri

Ini Alasan Penting Parents Perlu Bacakan Ayat Alkitab ke Anak

Lori Official Writer
394

Berbahagialah Anda, parents, yang dipercayakan Tuhan untuk membesarkan anak-anak di tengah zaman yang penuh tantangan ini.

Di satu sisi, sebagian besar parents mungkin akan merasa was was karena rentannya anak terpengaruh hal-hal buruk dari luar. Namun di sisi lain, sebagian parents masih belum menyadari pengaruh buruk dunia yang merusak anak.

Disadari ataupun tidak, ini waktunya parents mempersiapkan anak menghadapi berbagai tantangan yang datang dari luar. Salah satunya dengan cara membentuk karakter anak di rumah. Peran Anda bukan hanya sekadar mencari nafkah atau memenuhi kebutuhan anak sehari-hari, tetapi lebih dari itu kehadiran Anda bagi anak sangat menentukan pertumbuhan anak ke depannya.

Membentuk karakter anak di rumah bisa dimulai lewat cara sesederhana membacakan Alkitab secara rutin bersama anak. Ini adalah cara terbaik untuk mengingatkan anak tentang identitas mereka di dalam Tuhan.

 

Baca Juga: Selain Cerita Sebelum Tidur, 3 Kisah Ini Bisa Menjadi Tokoh Inspiratif Si Kecil Loh, Mom!

 

Bagi parents yang belum tahu gimana cara memulai kebiasaan membacakan Alkitab setiap hari bareng anak, bisa coba lakukan dengan 5 tips ini:

Tips 1: Tentukan Bagian Alkitab yang Ingin Dibaca. 

Sangat direkomendasikan untuk memulainya dari Injil Yohanes. Yohanes adalah narasi yang banyak membicarakan tentang sosok Yesus dan semua hal yang Dia lakukan. Atau jika parents rasa bagian ini agak berat, cobalah memilih bagian kitab lain. Tapi pastikan untuk memulainya dari pasal yang paling awal.

 

Tips 2:  Baca per Sub-Judul Saja.

Setiap kali membacakan Alkitab, pastikan untuk selalu konsisten membaca satu pasal setiap harinya. Hal ini bertujuan untuk tidak membuat anak merasa bosan. 

Misalnya, pasal pertama Yohanes dimulai dengan sub-judul ‘Firman Menjadi Daging’. Jadi mulailah dari sana. Selesaikan membaca hingga di ayat terakhir dari pasal ini. Pastikan untuk meluangkan waktu membaca Alkitab setidaknya 3-5 menit setiap hari.

 

Baca Juga: Bangun Mezbah Doa Bareng Keluarga Rupanya Berfaedah Untuk Hal Ini Loh!

 

Tips 3: Ajukan Satu Pertanyaan.

Setelah membaca ayat bersama anak, ajukan pertanyaan sederhana seperti, “Apa yang disampaikan ayat ini?” Minta anak untuk mengutarakan apa yang dia dapatkan. Atau minta anak untuk meringkas isi keseluruhan dari ayat yang dibaca.

 

Tips 4: Pakai Ayat Sebagai Topik Doa.

Setelah membaca dan menanyakan beberapa pertanyaan, akhiri waktu membaca Alkitab ini dengan doa. Gunakan ayat Alkitab yang sudah dibaca sebagai topik doa di hari itu. 

 

Tips 5: Cari Waktu yang Tepat Setiap Hari Untuk Pembacaan Alkitab.

Sangat dianjurkan untuk memulai pembacaan Alkitab setiap pagi. Namun jika waktu ini kurang mendukung karena kesibukan, pastikan untuk melakukan kebiasaan ini setiap malam sebelum tidur. Atau bahkan parents bisa melakukannya di sela-sela perjalanan menuju sekolah. 

 

Baca Juga: 3 Cara Menurunkan Imanmu Kepada Generasimu, Sehingga Mereka Menjadi Anak Yang Takut Tuhan!

 

Jadi lakukanlah sekreatif dan serutin mungkin. Karena dengan cara ini, Anda sedang menabur benih kebenaran firman Tuhan di dalam diri anak. Hal inilah yang akan membentengi anak dari berbagai-bagai tantangan. Anak juga akan belajar bahwa firman Tuhan itu merupakan kebutuhan hidup orang percaya setiap hari. Dia berkuasa bukan saja untuk melindungi tetapi juga mengubahkan.

Jadi, mulailah untuk memprioritaskan waktu bersama anak membaca firman-Nya setiap hari.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami