Riwayat Hidup Murid Yesus yang Terkenal karena Tidak Percaya Kebangkitan Yesus, Tomas

Fakta Alkitab / 14 September 2022

Kalangan Sendiri

Riwayat Hidup Murid Yesus yang Terkenal karena Tidak Percaya Kebangkitan Yesus, Tomas

Claudia Jessica Official Writer
614

Riwayat hidup murid Yesus yang akan kita bahas kali ini terkenal dengan ketidak percayaannya akan kebangkitan Yesus sebelum ia menyaksikannya secara langsung. Murid Yesus yang terkenal dengan ketidak percayaannya itu adalah Tomas.

 

Pelajaran apa yang dapat kita peroleh dari kita Tomas?

Hanya ada sedikit catatan tentang Tomas.

Tomas mungkin dilahirkan di Galilea dari keluarga yahudi yang sederhana. Kepribadiannya lebih jelas dibandingkan beberapa dari 12 murid Yesus yang lain. Nama Tomas berasal dari bahasa Yunani, Koine, diturunkan dari bahasa Arab atau Bahasa Suryani klasik yaitu ܬܐܘܡܐ (Toma), dengan kesetaraan dalam Bahasa Ibrani Teom, yang artinya “kembar” atau dalam bahasa Inggris Twin. Istilah yang setara dengan “kembar” dalam bahasa Yunani, juga disebutkan dalam perjanjian baru yaitu dalam Injil Yohanes adalah Didimus.

Alkitab tidak mencatat dengan jelas siapa kembaran Tomas, tetapi tradisi Syria dan Mesir menyebut namanya adalah Yudas. Alkitab juga tidak mencatat dengan jelas bagaimana pemanggilan Tomas sebagai murid Tuhan Yesus pertama kali, kapan hal itu terjadi, apa pekerjaan Tomas sebelum menjadi murid Yesus.

 

 

BACA JUGA: Fakta Alkitab: Riwayat Hidup Murid Yesus, 11 Fakta Kehidupan Yohanes

 

Namun setelah kematian Tuhan Yesus, Tomas bersama 6 murid lainnya pergi ke danau Tiberias untuk menangkap ikan (Yohanes 21: 1-3). Mungkin hal ini mengidentifikasikan bahwa Tomas sebelumnya juga bekerja sebagai nelayan.

Selain dalam peristiwa tersebut, Tomas juga disebut dalam 3 peristiwa lain di dalam Injil Yohanes. Pertama ketika Tuhan Yesus hendak kembali ke daerah Yudea, murid-murid-Nya memperingatkan Yesus agar tidak kembali ke sana karena masyarakat setempat benci kepada Yesus. Lalu Tomas berkata, “Marilah kita pergi juga untuk mati bersama-sama dengan dia” (Yohanes 11:16).

Kedua, Tomas bertanya kepada Tuhan Yesus kemana Ia akan pergi saat mempersiapkan murid-muridNya tentang kepergianNya kepada bapak-Nya (Yohanes 14:5). Waktu Tuhan Yesus menampakkan diri kepada murid-muridNya, Tomas tidak hadir di sana (Yohanes 20:24). Alkitab tidak menceritakan mengapa Tomas tidak hadir saat itu.

Ketiga, Tomas sering dikutuk akibat kurangnya kepercayaan Tomas yang meragukan kebangkita Yesus (Yohanes 20: 24-25). Inilah bagian yang paling fenomenal dari hidup Tomas, tetapi sadarkah kita bahwa Tomas adalah seorang murid yang berani?

 

BACA JUGA: Fakta Alkitab: Riwayat Hidup Murid Yesus, Yakobus anak Zebedeus, Murid yang Mati Pertama

 

Tomas rela mendukung Yesus di masa-masa berbahaya. Hal itu dicatat jelas dalam Kitab Yohanes 11:16. Tomas juga mencari kebenaran seperti anak yang memiliki keingintahuan tinggi, ia mengajukan pertanyaan kepada Yesus tanpa henti (Yohanes 14:5). Tomas tercatat sebagai salah satu murid yang lantang mengakui ke-Tuhan-an Yesus. Tomas berkata, “Tuhanku dan Allahku,” adalah pernyataan paling jelas tentang keilahian Yesus dalam Kitab Suci (Yohanes 20:28).

 

Seminggu kemudian, Tuhan Yesus menampakkan diri lagi kepada murid-muridNya, termasuk kepada Tomas. Yesus memberi kesempatan kepada Tomas untuk meraba bekas paku di tanganNya dan bekas tombak lambungNya. Tomas pun mengaku, “Ya Tuhan dan Allahku!” (Yohanes 20:28). Keraguan Tomas atas kebangkitan Tuhan Yesus sebenarnya bukanlah hal yang negatif, sebab Tuhan Yesus pun tidak mencelanya.

 

Kematian Tomas

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

Sumber : jawaban channel
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami