Fakta Alkitab: Riwayat Hidup Murid Yesus yang Paling Fenomenal, Simon Petrus

Fakta Alkitab / 31 August 2022

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab: Riwayat Hidup Murid Yesus yang Paling Fenomenal, Simon Petrus

Claudia Jessica Official Writer
1753

Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas riwayat hidup murid Yesus yang pertama, Andreas. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas riwayat hidup murid Yesus yang paling fenomenal, yaitu Simon Petrus.

 

BACA JUGA: Fakta Alkitab: Riwayat Hidup Murid Yesus, Andreas

 

Petrus adalah murid Tuhan Yesus yang paling banyak disebutkan di Alkitab dan menjadi pemimpin dan juru bicara tidak resmi dari murid-murid Yesus yang lain. Nama asli Petrus adalah Simeon, nama Aram yang berasal dari kata Shim’on yang artinya mendengar. Dalam bahasa Yunani, Simeon adalah Simon.

Petrus diperkirakan lahir pada tahun 1 sesudah masehi. Sebelum ia mengikuti Yesus, Petrus berprofesi sebagai nelayan. Pada zaman itu, nelayan adalah pekerjaan yang kasar. Bahkan kepribadian nelayan dikenal berantakan, keji, berpakaian lusuh, dan sering menggunakan bahasa vulgar.

Para nelayan dari abad pertama adalah laki-laki yang sangat jantan. Mereka penuh semangat dan memiliki emosi yang meledak-ledak, mungkin karena itulah Yakobus dan saudaranya, Yohanes disebut anak-anak guruh (Markus 3:17).

Kehidupan mereka adalah kehidupan yang kasar karena menangkap ikan merupakan pekerjaan yang sangat menuntut kekuatan fisik. Selain kasar, Petrus juga adalah seorang yang latah, cepat bertindak tanpa berpikir terlebih dahulu. Ia tidak pernah meniru gaya dan kepribadian orang lain.

Keaslian yang dimilikinya merupakan salah satu modal dalam kepemimpinannya yang sejati.

 

BACA JUGA: Apa Kunci Kerajaan Surga yang Diberikan Yesus Kepada Petrus?

 

Sama seperti Andreas sang adik, Petrus adalah murid Yohanes pembaptis sebelum diperkenalkan kepada Tuhan Yesus oleh Andreas. Kemudian Petrus dipanggil menjadi murid ketika sedang menjala ikan.

Tuhan Yesus memberi Petrus nama baru yaitu Kepha atau Kefas dari bahasa Aram yang disebut Petros atau Petrus dalam Bahasa Yunani. Namanya Kefas dan Petrus mempunyai arti yang sama, yakni batu karang. Pemberian nama baru ini menyiratkan pribadi dan kepemimpinan Petrus atas murid-murid lain.

Menurut tradisi, ucapan Yesus tentang nama Petrus yaitu batu karang merujuk kepada diteguhkannya kembali kumpulan orang yang percaya yang kuat dan dimulai dari Kaisarea Filipi sebagai sebuah komunitas atau gereja.

Petrus memiliki berapa keunikan yang dicatat di Alkitab, seperti Petrus meninggalkan jalannya yang merupakan penunjang kehidupannya atau mata pencahariannya, yaitu pekerjaannya dan penghasilannya untuk seluruh anggota keluarga. Petrus meninggalkan orangtua dan saudara-saudaranya bahkan meninggalkan mertuanya yang sakit-sakitan demi mengikuti Yesus. Petrus mencoba berjalan di atas air untuk mendapati Tuhan Yesus, Petrus ingin mendirikan tiga kemah di atas gunung waktu Tuhan Yesus dimuliakan di atas gunung agar Yesus, Musa , dan Elia serta dirinya tinggal di tempat itu.

 

BACA JUGA: Saat Anda Tidak Tahu Harus Melakukan Apa, Belajarlah Dari Petrus!

 

Petrus juga tidak mau membiarkan Tuhan Yesus membasuh kakinya, Petrus bahkan menyombongkan kesetiaannya. Petrus juga berani membela Tuhan Yesus dengan pedang dan memotong salah satu prajurit bernama Malkhus, yang menangkap Tuhan Yesus di Getsemani.

Petrus mengabaikan Yohanes yang ragu-ragu dan dengan berani masuk ke dalam kuburan Yesus. Ketika mengetahui Tuhan Yesus berdiri di Pantai, ia mengenakan pakaiannya lalu terjun ke danau dan berenang ke tepi karena tidak sabar menunggu perahu yang sarat dengan ikan untuk bertemu Yesus.

 

Seperti apa kisah akhir hidup Petrus dan kematiannya?

 

BACA HALAMAN SELANJUTYA -->

Sumber : jawaban channel
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami