Fakta Alkitab: Riwayat Hidup Murid Yesus, Andreas

Fakta Alkitab / 3 August 2022

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab: Riwayat Hidup Murid Yesus, Andreas

Claudia Jessica Official Writer
1429

Menurut tradisi, Andreas menghabiskan tahun-tahun terakhir hidupnya di Scythia, bagian utara Laut hitam. Tetapi, sebuah buku kecil yang berjudul “Acts of Andrew” yang kemungkinan ditulis tahun 260 Masehi, menceritakan bahwa ia memberitakan Injil, terutama di daerah Makedonia dan mati martir di Patras, Yunani.

Pada abad ke-15 menurut sejarawan agama Dorman Iman, Andreas pergi ke Patras di Yunani bagian barat ada tahun 69 SM dimana Gubernur Roma, Aegeates, berdebat tentang kekristenan dengan Andres. Aegaetes mencoba meyakinkan Andreas untuk meninggalkan kekristenan atau pengikut Yesus, sehingga ia tidak perlu menyiksa dan mengeksekusNya. Tapi usaha Aegaetes tidak berhasil. Alhasil, Aegaetes memutuskan untuk memberikan siksaan kepada Andreas.

Andreas dicambuk dan kemudian diikat, dan dipakukan ke sebuah kayu salib berbentuk huruf “X’ sehingga ia akan menderita untuk waktu yang lama sebelum meninggal. Andreas tetap terikat di tiang gantung selama dua hari, dimana selama dua hari itu dia terus berkhotbah kepada orang yang lewat walau dalam posisi tergantung salib.

Salib berbentuk huruf “X” adalah sebuah bentuk religius yang kini dikenal sebagai salib Andreas.

Seorang pengikut Andreas yang turut menyaksikan hukuman Andreas menceritakan perkataan yang telah diucapkan oleh Andreas sebelum ia meninggal dunia. Pada waktu itu ua mengatakan, “Ternyata keinginan dan cita-cita saya bisa terkabul. Dimana saya bisa turut merasakan saat-saat disiksa dan disalib seperti Yesus.”

Bahkan pada saat tergantung di kayu salib “X” sambil disiksa dengan cambukan, Andreas tiada henti-hentinya berkohtbah kepada orang-orang yang berada di situ selama dua hari sebelum ajalnya tiba.

Bangsa Skotlandia menjadikan salib Andreas sebagai lambang bendera negara mereka karena negara itu mempunyai kisah Legenda dan bersejarah berkaitan dengan Rasul Andreas.

Itulah Riwayat hidup murid-murid Yesus yang pertama, Andreas.

Saksikan riwayat hidup murid Yesus, Andreas melalui video berikut ini:

Sumber : jawaban channel
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami