Fakta Alkitab: Riwayat Hidup Murid Yesus, Andreas

Fakta Alkitab / 3 August 2022

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab: Riwayat Hidup Murid Yesus, Andreas

Claudia Jessica Official Writer
1431

Tidak satupun dari murid Yesus yang memilih untuk hidup nyaman dan tentram dengan cara mengingkari dan tidak mengakui Yesus. Rata-rata, mereka mengalami akhir hidup yang tragis dan mengenaskan.

Salah satu penulis sejarah dengan bukti-bukti nyata alkitabiah yang tulisannya dapat dipertanggungjawabkan ialah Eusabius. Pada tahun 325, Eusabius pernah menulis buku yang berjudul “Rasul dan Murid dari Juruselamat telah Menyebarkan dan Mengkhotbahkan Injil ke Seluruh Dunia.”

Buku tersebut berisi tentang kisah hidup dan kematian murid-murid Yesus. Tulisan Eusebius telah ditelusuri dan diselidiki ulang penulis sejarah gereja kondang, Mr. Schumacher, untuk membuktikan kebenaran dari tulisan tersebut. Berdasarkan tulisan itulah kami ingin membagikan riwayat dan akhir hidup murid-murid Yesus.

 

Murid yang pertama yaitu Andreas

Andreas adalah saudara Simon Petrus, arti nama Andreas dalam bahasa Yunani adalah “jantan.” Nama Andreas atau dalam bahasa Inggris Andrew berasal dari bahasa Yunani, bukan dari Bahasa Arab.

Andreas adalah murid pertama Tuhan Yesus, sebelumnya Ia adalah murid Yohanes pembaptis. Yohanes pembaptis memperkenalkan Tuhan Yesus sebagai anak domba Allah pada Andreas dan kemudian ia mengikut Tuhan Yesus serta membawa Petrus, saudaranya kepada Yesus. Setelah itu, Andreas dan Petrus dipanggil menjadi murid sepenuhnya.

Andreas berasal dari Betsaida, daerah Galilea. Namun kemudian Andreas tinggal bersama Petrus di Kapernaum, sebagai penjala ikan. Seberapa dekat Andreas dengan Yesus?

Di dalam Injil dan kisah sinoptik, keduabelas rasul selalu terdaftar dalam tiga kelompok yang terdiri dari empat orang. Yang pertama dari kelompok-kelompok ini menunjukkan mereka yang paling dekat dengan Yesus. Mereka adalah dua pasang saudara yang pertama Petrus dan Andreas putra-putra Yunus, dan yang kedua adalah Yakobus dan Yohanes, Putra-putra Zebedeus.

Dengan demikian, Andreas adalah salah satu dari empat murid yang paling dekat dengan Yesus.

Apa yang diungkapkan Injil kepada Andreas? Tradisi Injil menyebutkan ada tiga peristiwa penting.

Yang pertama adalah penggandaan roti di Galilea. Pada kesempatan itu, Andreas menunjukkan kepada Yesus kehadiran seorang anak laki-laki yang membawa 5 roti Jelai dan 2 ikan, dimana Andreas meragukan kecukupannya untuk disajikan kepada ribuan orang saat itu. Peristiwa yang kedua adalah di Yerusalem ketika empat sekawan, yaitu Andreas bersama dengan Petrus, Yakobus, dan Yohanes bertanya kepada Yesus tentang kokohnya tembok Bait Suci Yerusalem yang tak mungkin dapat diruntuhkan dan akhir dari kesudahan zaman. Andreas lah yang berkata, “Beritahu kami kapan ini akan terjadi dan apa yang akan menjadi tanda ketika semua hal ini harus diselesaikan?”

Ketiga, Andreas dengan nama yunaninya berfungsi sebagai jembatan antara pengikut Yesus dari orang Yahudi dan bukan Yahudi, yaitu Yunani. Kisah ini dicatat dalam Injil Yohanes 12, ketika di Yerusalem sebelum masa sengsara Yesus tiba. Ketika perayaan Paskah, Yohanes menceritakan beberapa orang Yunani telah datang ke kota, mungkin proselit atau orang-orang yang takut akan Allah datang untuk menyembah Allah Israel pada Hari Raya Paskah.

Andreas dan Filipus adalah dua rasul dengan nama Yunani yang melayani sebagai penafsir dan penengah kelompok kecil orang Yunani bersama Yesus. Andreas dikenal sebagai penginjil mula-mula, maka tidak heran jika Andreas disebut sebagai penginjil nasional dan internasional yang pertama.

 

Seperti apa akhir hidup Andreas dan bagaimana kisah kematiannya?

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

Sumber : jawaban channel
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami