Jawab 7 Pertanyaan Ini dan Temukan Apakah Anda Kecanduan Sosial Media. Berani Coba?

Relationship / 29 July 2022

Kalangan Sendiri

Jawab 7 Pertanyaan Ini dan Temukan Apakah Anda Kecanduan Sosial Media. Berani Coba?

Claudia Jessica Official Writer
494

5. Apakah Anda merasa stres karena sosial media?

Apakah membuat konten atau memikirkan apa yang hendak Anda unggah di sosial media membuat Anda stres? Jika berpikir untuk membagikan sesuatu di sosial media memberi Anda tekanan berlebih, sudah waktunya bagi Anda untuk memikirkan kembali pentingnya sosial media bagi kehidupan Anda.

 

6. Apakah Anda merasa sosial media mengontrol hidup Anda?

Apakah Anda selalu mencari momen yang tepat untuk membagikan sesuatu? Begitu banyak orang mengambil foto untuk mengabadikan suatu momen namun terlalu fokus pada foto tersebut hingga melupakan momen yang sedang mereka abadikan.

Jika perhatian kita lebih tertuju pada foto daripada menikmati momen, artinya kita telah memberhalakan sosial media dan membahayakan kenangan sejati. Kita telah melupakan pengalaman atau kenangan sejati demi gambar yang sempurna. Yang terburuk dari hal ini adalah kita terjebak dalam kehidupan yang dibagikan orang lain sehingga kita gagal menjalani kehidupan kita sendiri.

 

7. Apakah sosial media merusak kesehatan mental Anda?

Apakah online di sosial media menyebabkan kecemasan atau depresi? Banyak orang yang berjuang melawan kecemasan atau depresi. Sebagian dari mereka yang mengalami hal itu mengaku depresi dan kecemasannya meningkat setelah menggunakan sosial media. Misalnya, orang-orang yang berjuang dengan kecemasan menghadapi rasa panik yang lebih besar ketika dibombardir dengan informasi. Menghentikan arus informasi dapat sangat membantu mereka yang berjuang secara mental.

 

Itulah 7 pertanyaan yang dapat membuktikan apakah Anda perlu melepaskan sosial media. Jika Anda menjawab “Ya” untuk lebih dari satu pertanyaan, artinya inilah saatnya untuk menutup sosial media dan berbicara dengan Roh Kudus.

Izinkan Dia menunjukkan kepada Anda cara menggunakan sosial media agar tidak berdampak negatif lagi. Ingat ini, tidak ada yang mengatakan sosial media adalah kewajiban yang harus dimiliki dan dijalani oleh Anda. Anda tidak perlu mengikuti apa yang dunia lakukan apabila hal tersebut berdampak buruk padamu.

Namun jika Anda tidak bisa berpisah dengan sosial media atau sosial media berkaitan dengan pekerjaan atau karir Anda, tetapkan batasan dan waktu dengan tegas. Misalnya dengan mengatur jam online atau mengatur berapa lama Anda boleh online dalam sehari. Seiring waktu, Anda tidak akan kecanduan lagi seperti sebelumnya dan menjadi lebih bijak dalam mengelola informasi yang Anda dapatkan melalui sosial media.

 

Sumber : jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami