Apa Itu Hari Pentakosta? Ini yang Orang Kristen Perlu Tahu

Kata Alkitab / 2 June 2022

Apa Itu Hari Pentakosta? Ini yang Orang Kristen Perlu Tahu

Lori Official Writer
2749

Di Perjanjian Lama, Hari Pentakosta dikenal sebagai hari raya orang Yahudi. Namun hari ini dinamakan Hari Raya Panen. 

“Kaupeliharalah juga hari raya menuai, yakni menuai buah bungaran dari hasil usahamu menabur di ladang; demikian juga hari raya pengumpulan hasil pada akhir tahun, apabila engkau mengumpulkan hasil usahamu dari ladang.” (Keluaran 23: 16)

“Kemudian haruslah engkau merayakan hari raya Tujuh Minggu bagi TUHAN, Allahmu, sekedar persembahan sukarela yang akan kauberikan, sesuai dengan berkat yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu.” (Ulangan 16: 10)

 

Asal Usul Perayaan Pentakosta

Hari Pentakosta di dalam budaya Yunani merupakan sebuah festival yang dikenal dalam Perjanjian Lama sebagai Hari Raya Berminggu-minggu (Imamat 23: 15; Ulangan 16: 9). 

Kata Yunaninya berarti lima puluh dan mengacu pada lima puluh hari yang sudah terlalu sejak persembahan di hari Paskah. Hari Raya Berminggu-minggu ini identik dengan panen gandum. 

Panen ini selalu jatuh pada pertengahan bulan Mei dan di awal Juni. Atau diadakan setelah perayaan Paskah, Roti Tidak Beragi dan Hari Raya Buah Sulung atau awal panen jelai.

Setelah 50 hari dari Perayaan Buah Sulung, hari Pentakosta mulai dirayakan oleh orang Yahudi.

 

Baca Juga: Roh Kudus, Karunia Terbesar Dari Tuhan

 

Namun yang menarik dari perayaan ini adalah peralihan makna yang disampaikan di dalam nubuatan Yoel bahwa, “…Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia...Juga ke atas hamba-hambamu laki-laki dan perempuan akan Kucurahkan Roh-Ku pada hari-hari itu…mengadakan mujizat-mujizat di langit dan di bumi... (Yoel 2: 28-30) dan nubuatan ini ditegaskan kembali di Kisah Para Rasul 1: 8, “Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.”

Jadi hari pentakosta ini bisa disimpulkan sebagai awal dari perkembangan gereja.

 

Pertukaran Makna Pentakosta Bagi Orang Kristen

Di zaman Perjanjian Baru, nubuatan penggenapan roh kudus terjadi (Kisah Para Rasul 2). Ini adalah hari dimana janji Yesus tentang penolong yang lain tergenapi.

 

Baca Juga: 26 Ayat Alkitab yang Bicara Soal Peran Roh Kudus

 

BACA HALAMAN BERIIKUTNYA --->

Sumber : Christianity.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami