Alami Krisis Keuangan? Jangan Panik, Lakukan Ini
Sumber: canva.com

Finance / 30 March 2022

Kalangan Sendiri

Alami Krisis Keuangan? Jangan Panik, Lakukan Ini

Claudia Jessica Official Writer
3422

Apakah kamu merasa panik dan ketakutan atas perekonomianmu di masa pandemi ini? Ada beberapa hal yang harus kamu tahu. Kamu tidak sendiri dan kamu akan baik-baik saja. Kamu tahu bahwa Tuhan yang memelihara kamu bukan?

Orang-orang di seluruh negeri ingin tahu bagaimana COVID-19 mempengaruhi keuangan mereka. Berikut adalah beberapa pertanyaan utama tentang bagaimana menangani uang selama masa percobaan ini.

 

Baca juga: Yuk Belajar Public Speaking, Agar Selepas Wabah Corona Karirmu Bisa Berkembang

 

Apa yang harus saya lakukan untuk melindungi diri saya dan keluarga saya saat ini?

Pertama, hematlah sumber daya keuanganmu. Artinya, potong pengeluaran yang tidak perlu seperti TV kabel, makan di luar, dan berlangganan keanggotaan (seperti gym, atau salon.) Fokuslah untuk menjaga empat kebutuhan pokok. Kebutuhan mutlak yang tidak dapat dihilangkan seperti; makanan, tempat tinggalm utilitas dan transportasi.

 

Haruskah saya mencairkan investasi saya atau mengambil uang saya dari bank?

Jawabannya adalah, tidak! Pasaran saham seperti rollercoaster yang dapat menukik turun dan naik seketika. Jangan sampai kamu lompat dari rollercoaster.

Kamu akan menderita kerugian jika menarik uang sekarang. Namun jika kamu terus mengendarainya, uangmu bisa naik kembali kapan saja. Tidak hanya itu, deposito bank juga akan dilindungi.

 

Baca juga: Jangan Berhenti Berkembang, Manfaatkan Masa Ini Untuk Perkaya Skill Dengan 3 Langkah Ini

 

Berapa lama ini akan bertahan?

Tidak ada yang tahu berap lama pandemi ini akan berlangsug. Tetapi kita tahu bahwa ekonomi akan pulih. Kita dapat melakukan beberapa hal seperti melihat kembali sejarah ketika terjadi pandemi dan menjadikannya sebagai panduan. Kita bisa menilik kembali ketika krisis yang terjadi pada tahun 98 atau pandemic lainnya seperti SARS atau MERS.

 

Bagaimana saya bisa memberi diri saya alas jika kehilangan pekerjaan?

Sekarang adalah waktunya untuk membangun dana daruratmu. Fokus menghemat untuk tiga hingga enam bulan ke depan. Jika kamu menerima pengembalian pajak, simpanlah uang itu ke rekening tabunganmu.

Jika kamu membutuhkan uang tambahan, jual beberapa barang di sekitar rumah, atau kamu juga bisa mencari pekerjaan paruh waktu di perusahaan yang sedang mengalami permintaan tinggi akan produknya atau kamu juga bisa melakukan pekerjaa lepas (freelance) dengan menawarkan jasa.

Ingat, kamu haru bisa mengendalikan apa yang dapat kamu kontrol. Jangan biarkan rasa takut mendominasi dirimu. Mungkin perlu waktu untuk menyelesaikan semua ini. Tapi percayalah bahwa semuanya akan baik-baik saja.

 

Baca juga: 25 Ayat Alkitab untuk Menenangkanmu di Tengah Masa Corona yang Menakutkan

 

Yesaya 41:10 - janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; aAku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.

 

Kamu butuh didoakan langsung? Klik link dibawah ini untuk terbubung dengan Tim doa kami http://bit.ly/InginDidoakan

 

Kamu butuh konseling? Klik link dibawah ini untuk konseling. http://bit.ly/inginKonseling

Sumber : crosswalk.com
Halaman :
1

Ikuti Kami