Ajarkan Anak Mengasihi Orang Lain Tanpa Syarat Dengan 3 Langkah Ini

Relationship / 4 February 2022

Kalangan Sendiri

Ajarkan Anak Mengasihi Orang Lain Tanpa Syarat Dengan 3 Langkah Ini

Lori Official Writer
1408

Di usia balita, seorang anak akan mengabaikan perintah orangtua dan hal itu normal. 

Tetapi seiring bertambahnya usia, khususnya ketika anak memasuki usia 7 tahun, kesadaran dan pemahaman mereka akan kehidupan akan terus berkembang. 

Jika orangtua benar-benar mendidik anak dengan pola yang baik, khususnya pengajaran karakter, mereka akan sangat mudah dibentuk menjadi pribadi yang memahami tentang dampak dari sebuah tindakan baik dan buruk. 

Jika orangtua tidak ingin anak menangkap dan meniru lebih banyak tindakan buruk, maka jangan bertindak buruk. 

Misalnya saat anak menangis, alih-alih memarahi atau mengabaikannya, cobalah untuk menunjukkan tindakan kasih seperti memeluk anak dengan lembut. 

Saat kebiasaan ini dibangun di dalam keluarga, anak akan bertumbuh dengan pemahaman bahwa pelukan menjadi tindakan kasih yang harus ditunjukkan kepada orang lain, terutama dimasa-masa sulit yang sedang mereka hadapi. 

 

Baca Juga: 4 Cara Ajarkan Anak Untuk Mengasihi dan Bermurah Hati ke Orang Lain

 

Pelukan yang diberikan orangtua kepada anak menjadi bentuk kasih tanpa syarat.

Ada 3 cara mengajarkan anak mengasihi tanpa syarat:

1. Cari Tahu Bahasa Kasih Anak

Langkah pertama yang harus dilakukan orangtua adalah dengan mengidentifikasi bahasa kasih anak. 

Sebagai catatan, sebelum usia 5 tahun bahasa kasih anak biasanya masih belum kelihatan. Jadi ada baiknya mengidentifikasi hal tersebut setelah berusia lebih dari 5 tahun.

Apapun bahasa kasih anak, orangtua perlu menunjukkan tindakan kasih dalam segala hal. Namun orangtua bisa memberikan fokus yang lebih besar terhadap apa yang anak sukai. 

Tindakan ini akan membuat anak merasa dikasihi dan dipahami oleh orangtuanya. Sehingga mereka juga terdorong untuk mengasihi orang lain tanpa syarat.

 

Baca Juga: 2 Ayat Penting Bagi Orangtua, Sebuah Pengingat Untuk Terus Mengasihi & Mengampuni

 

2. Bertindak Dengan Kasih ke Anak Dimanapun dan Kapanpun

Anda perlu menunjukkan kasih kepada anak apapun yang terjadi.

Bagi banyak orangtua baru, hal ini mungkin terdengar mudah. Tetapi pada praktiknya pasti akan sangat menantang. Karena mengasuh anak tidak mungkin lepas dari rasa lelah dan dorongan emosional.

Tetapi tak peduli berapa kalipun anak bandal atau sulit untuk diperingatkan, orangtua tetap harus menunjukkan kasih. Sekalipun tindakan anak membuat Anda frustrasi, tetaplah mengucapkan kata-kata penyemangat. Atau tetaplah melakukan hal-hal yang baik untuk anak saat dia menolaknya.

Ingat, tunjukkan kasih Anda apapun yang terjadi. Jangan pernah menahannya dan jangan memanipulasi kasih Anda. Jangan pakai cara ini sebagai senjata di tengah konflik.

Saat Anda mendisiplinkan seorang anak, Anda mau menunjukkan kasih yang besar kepada mereka. Hal ini bisa terlihat seperti mengambil hak istimewa untuk mengambil alih kondisi anak.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami