Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
226


Probiotik baik adalah istilah untuk mikroorganisme yang hidup di dalam  sistem pencernaan manusia dan berguna untuk memberi efek yang baik bagi kesehatan. Mikroorganisme ini sendiri berupa bakteri hidup.

Selain menyehatkan lambung dan usus, probiotik juga berperan untuk mempermudah proses pencernaan makanan.

Ada 6 jenis probiotik dan fungsinya.

1. Lactobacillus

Ada lebih dari 50 spesies lactobacilli. Mereka secara alami ditemukan dalam sistem pencernaan, kandung kemih, dan bagian genital manusia. Dalam makanan, probiotik ini biasa ditemukan di dalam makanan yang difermentasi seperti yogurt.

Probiotik ini sendiri bisa digunakan untuk mengobati dan mencegah infeksi ragi, bakteri vaginosisi, infeksi saluran kemuh, sindrom iritasi usus, diare, jerawat, sariawan dan infeksi pernafasan.

2. Bifidobacteria

Ada sekitar 30 spesies bifidobacteria. Biasanya bakteri ini terbentuk di dalam usus. Beberapa Bifidobacteria yang digunakan sebagai probiotik adalah Bifidobacterium bifidum, Bifidobacterium breve, Bifidobacterium infantis, Bififobacterium thermophilum, dan Bififobacterium pseudolongum.

Bakteri yang satu ini berfungsi untuk meningkatkan lipid darah dan toleransi glukosa. Bifidobacteria telah teruji secara efektif meringankan IBS seperti kembung, gangguan pencernaan dan rasa nyeri.

3. Saccharomyces boulardii

Probiotik ini juga biasa disebut dengan S. boulardii dan merupakan probiotik ragi.

Beberapa penelitian menemukan bahwa bakteri ini efektif dalam mencegah dan mengobati diare, obat jerawat dan mengurangi efek samping pengobatan bakteri H.pylori.

Baca Juga:

Jangan Sepele! Konsumsi Suplemen Probiotik Itu Penting Loh Buat Kesehatan

Minum Probiotik Untuk Lancarkan Pencernaan

4. Streptococcus thermophiles

Bakteri ini menghasilkan enzim laktase dalam pencernaan dan berfungsi dalam pencegah intoleransi laktosa.

5. Enterococcus faecium

Bakteri ini biasanya ditemukan di saluran usus manusia dan hewan.

6. Leuconostoc

Bakteri yang satu ini digunakan secara massive dalam pengolahan makanan, khususnya susu. Karena bakteri ini bisa menghasilkan asam yang bermanfaat dalam proses fermentasi.

Selain susu, bakteri ini juga kerap digunakan dalam pengolahan makanan seperti sauerkraut, sosis, yogurt, kecap dan acar.

Dari jenis-jenis probiotik ini, manusia membutuhkan bakteri-bakteri baik seperti lactorbacillus, saccharomyces boulardii dan bifidobacterium. Probiotik ini sendiri bisa ditemukan di beberapa makanan ini yaitu:

1. Kefir

Kefir adalah produk susu probiotik yang paling ideal karena mengandung bakteri dan ragi yang bekerja bersama untuk memberikan manfaat bagi kesehatan.

Kefir yang mengandung bakteri lactobacillus casei, lactobacillus acidophilus dan bifidobacteria sangat bermanfaat dalam menjaga kondisi tubuh penderita diabetes.

2. Kimchi

Makanan khas Korea dan China ini pada umumnya dihasilkan dengan proses fermentasi. Karena itu sayuran yang terbuat dari kubis China, lobak, bawang merah, bubuk lada merah, bawang putih, jahe dan makanan fermentasi laut ini kaya akan bakteri Leuconostoc mesenteroides dan beragam bakteri Lactobacillus.

Kandungan probiotik yang tinggi dalam kimchi inilah yang bermanfaat untuk mencegah kanker, obesitas, konstipasi, menjaga kesehatan usus, menurunkan kolesterol, dan menjadi sumber antioksidan yang tinggi.

3. Yogurt

Yogurt adalah jenis makanan yang banyak mengandung bakteri Streptococcus thermophiles, Lactobacillus bulgaricus, L. acidophilus dan Bifidobacterium bifidum.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa yogurt memiliki efek positif pada microbiota usus dan bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit gastrointestinal dan intoleransi laktosa (bagi anak-anak) dan penyakit pernapasan, serta kesehatan gigi dan tulang.

Sementara makanan lain yang juga mengandung probiotik yang baik bagi tubuh bisa ditemukan dalam beragama jenis miso (pasta fermentasi kedelai), tempe, kol parut, keju, roti gandum, acar asam, gundruk, sinki, dan timun yang difermentasi.

Seperti diketahui, probiotik berguna untuk mengganti bakteri baik yang hilang dari dalam tubuh dan menyeimbangkan jumlah bakteri baik dan jahat yang hidup di dalam sistem pencernaan sehingga organ tubuh berfungsi maksimal.

Sangat dianjurkan untuk memenuhi probiotik baik melalui makanan dibandingkan dengan mengkonsumsinya dalam bentuk suplemen.

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Baby Medellu 17 November 2019 - 21:45:56

Sejarah kejatuhannya bangsa israel

0 Answer

Serly Setiawan 17 November 2019 - 13:17:28

selamat siang

0 Answer

Tonny 17 November 2019 - 00:19:03

Anak muda

0 Answer


surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Joice Merry 6 November 2019 - 13:22:01
Mohon topangan doa agar Supaya tidak khawatir akan... more..

Aneke Ane 5 November 2019 - 05:23:34
Saya ane. Saat ini saya merasa berada dititik ter... more..

Banner Mitra November Week 2


7269

Banner Mitra November Week 2