Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Inta

Official Writer
278


Makan sering dinilai sebagai salah satu cara untuk menurunkan tingkat stres. Nggak heran kalau kita sedang punya banyak masalah, makan sering jadi cara buat pelarian. Kita sadar banget kalau tubuh kita ini juga ikut dipengaruhi oleh apa yang kita makan.

Sayangnya, nggak banyak dari kita yang tahu kalau ternyata, ada satu metode makan yang nggak cuma bisa bikin berat badan kerap terjaga, tetapi juga bisa menurunkan tingkat stres. Cara itu disebut sebagai mindful eating  alias makan dengan penuh kesadaran, sehingga kita bisa menikmati seluruh proses makan, mulai dari melahap, mengunyah, sampai menelan makanan tersebut di sendok terakhir.

Kalau sudah dengar pengertiannya, kita bisa tahu kalau mindful eating  bikin kita lebih merhatiin soal wujud, warna, tekstur, aroma, dan pastinya rasa dari makanan yang kita konsumsi.

Meski kelihatannya nikmat, ternyata banyak dari kita nggak bisa melakukan mindful eating  ini, lho. kenapa? Soalnya kebanyakan dari kita makan karena emosi, bukan karena mendengarkan tubuh yang memang membutuhkan asupan makanan.

Perbedaan mindful eating  dan mindless eating

Biar lebih mudah, kita harus mengenali mindful eating  dengan mindless eating, alias makan ya makan aja tanpa perlu menyadari kalau kita ini sedang makan.

Mindful eating dilakukan saat tubuh kita mengatakan kalau kita perlu makan. Sementara mindless eating terjadi ketika emosi memberitahu kita untuk makan. Misalnya saat kita sedih, bosen, atau kesepian.

Minful eating bisa dilakukan bersama dengan orang lain, tetapi kita memikirkan soal makan dimana dan kapannya. Sementara mindless eating cenderung makan ya dimana aja, nggak perlu mikirin waktu makannya juga.

Mindful eating  menuntut kita untuk mengonsumsi makanan-makanan yang sehat, sementara mindless eating mau kita untuk makan yang membuat tubuh kita nyaman.

Nah buat makan dengan mindful eating , yuk gunakan beberapa cara di bawah ini.

1.  Makan dengan perlahan

Seringkali, kita makan dengan cepat sehingga abai terhadap sinyal tubuh. Kita nggak mendengarkan tubuh, padahal tubuh bilang kalau kita sudah kenyang. Makan dengan perlahan adalah salah satu cara terbaik untuk bisa melakukan mindful eating . Hal ini membuat tubuh kita bisa mengomunikasikan nutrisi apa yang sebenarnya kita butuhkan.

Tubuh setidaknya mengirimkan sinyal 'kenyang' sekitar 20 menit setelah otak bilang kenyang. Inilah kemudian yang membuat kita makan berlebihan. Ketika makan dengan perlahan, itu artinya kita sedang memberi tubuh kesempatan untuk mengejar pikiran kita bahwa kita sudah kenyang. Cara ini membuat kita makan dengan jumlah yang tepat.

2. Kenali sinyal lapar dalam tubuh kita

Makan karena lapar dan makan karena emosi itu merupakan dua hal yang berbeda. kita sering lebih mendengarkan pikiran kita. Misalnya, ketika kita melihat video masak, kita jadi pengin cepet-cepet makan. Padahal, tubuh sebenarnya nggak sedang lapar.

Coba dengarkan tubuh kita. Apakah perut kita keroncongan, kehabisan energi, sampai merasa pusing? Apa sih yang membuat hal-hal di atas itu terjadi? Makan dengan kesadaran penuh bisa membuat kita tahu sebenarnya kita ini lapar karena memang sekedar emosi semata, atau memang tubuh butuh makan. Jadi, apa yang memicu sinyal laparmu?

3. Pahami motivasi kita saat makan

Apakah makanan yang kita konsumsi ini sekedar enak aja? Atau makanan enak, kenyang, tapi banyak mecinnya? Nah kita tahu kalau tubuh ini adalah tentang apa yang kita makan. Padahal, kalau kita mau meluangkan waktu lebih banyak, kita bisa mendapatkan makanan yang enak, sekaligus sehat, lho.

Buat mengubah kebiasaan makan apa adanya ke makanan sehat itu juga perlu latihan. Boleh kok kita saat ini masih makan bakso di pinggir jalan dengan sambal dan mecin melimpah, tetapi kita harus ingat soal apa yang terkandung dalam makanan itu, ya. Kita makan karena memang kita butuh nutrisi untuh tubuh.

4. Fokus pada apa yang ada di piring kita

Kadang, kita pengin melakukan beberapa hal sambil makan. Hal ini bisa membuat tubuh nggak bisa mendengarkan dengan baik soal kebutuhan dan keinginan. Pernah nggak sih, saat kita keasyikan nonton, terus nggak sadar kalau ternyata kita sudah menghabiskan satu piring penuh makanan?

Coba deh mulai menikmati makanan kita dengan tidak melakukan apa pun. Kalau pun ada orang yang menemani makanan kita, cobalah menikmati obrolan dan makanna tersebut.

Wah, dari poin-poin di atas, mindful eating  sebenarnya bisa kita lakukan, dong. Kita cukup lebih menaruh fokus pada makanan yang ada di depan kita. Ingat, makan dan bisa menikmati hidangan yang ada di depan kita itu juga merupakan sebuah berkat. Yuk mulai ubah cara makan kita dengan mindful eating  ini. 

Sumber : CBN

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Baby Medellu 17 November 2019 - 21:45:56

Sejarah kejatuhannya bangsa israel

0 Answer

Serly Setiawan 17 November 2019 - 13:17:28

selamat siang

0 Answer

Tonny 17 November 2019 - 00:19:03

Anak muda

0 Answer


surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Joice Merry 6 November 2019 - 13:22:01
Mohon topangan doa agar Supaya tidak khawatir akan... more..

Aneke Ane 5 November 2019 - 05:23:34
Saya ane. Saat ini saya merasa berada dititik ter... more..

Banner Mitra November Week 2


7269

Banner Mitra November Week 2