Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
616


Beberapa orang selalu beranggapan bahwa hutang adalah sebuah aib, dan seharusnya orang Kristen itu nggak berhutang. Padahal hal tersebut nggak sepenuhnya benar, apalagi di jaman sekarang. Coba deh lihat, ada berapa banyak perusahaan yang membiayai perusahaannya dengan cara berhutang? Ada banyak kan?

Tapi memang, nggak semua hutang berakibat baik. Ada kalanya hutang justru menjerumuskan kita, dan membuat hidup kita menjadi tambah melarat. Solusinya adalah membayar hutang tersebut.

Tapi gimana caranya membayar hutang dan lepas dari hutang yang sudah bertumpuk-tumpuk? Ya, memang susah banget. Apalagi kalau hutangnya kepada rentenir dengan bunga yang besar. Maka hutang akan terus menerus bertambah, bukannya berkurang. Duh, stres kan?

Bagaimana pun, situasinya sudah terjadi dan sebagai orang Kristen, kita jangan menyalahkan diri sendiri akan hal ini, dan melulu pesimis.

Akan selalu ada cara untuk menyelesaikan sebuah masalah, yang pasti solusi dan caranya bukan pinjam sana sini ya. Yang ada kamu hanya akan tutup lobang dan gali lobang. Utangmu tidak akan pernah luas, namun yang ada kamu kena masalah baru.

1. Coba deh turunkan gaya hidupmu

Yang namanya kebiasaan, memang sulit untuk dilepaskan, tapi mau nggak mau kamu harus mau dan bisa. Yep, kamu harus bisa menurunkan gaya hidupmu, menurunkan standar hidupmu. Soalnya, gaya hidup ini bisa menjadi alasan kenapa selama ini kamu belum bisa melunasi hutangmu.

Contohnya, bagi kamu yang anak kos, yang malas masak dan makan terbang sana sini.

Bayangkan jika kamu makan sekali 20 ribu, dikali 2 menjadi 60 ribu. Pikirkan dengan duit 60 ribu, kamu sudah bisa makan untuk 2 hari loh, bukankah itu irit banget?

Kamu sudah bisa simpan uang dalam seminggu sekitar 180 ribu rupiah. Selama sebulan, kamu irit 720 ribu. Lumayan banget nggak sih?

Nggak cuma itu, hal-hal lain seperti beli kopi Starbucks, belanja baju sekali sebulan dan lain sebagainya, cobalah untuk diubah.

Nongkrong dan beli starbucks bukan sebuah keharusan kan?

2. Coba kurangi budget untuk biaya hidup kamu

Kalau sudah terlilit banget sama hutang, kamu harus bisa buat mengurangi budget buat hidup kamu. Gimana lagi, masa harus ngutang terus? Duh, jangan deh!

Coba kamu lihat, apakah ada pengeluaran bulanan primer yang sebenarnya bisa kamu kurangi? Misalnya kamar kosan. Dari pada kamu bayar sewa kamar di apartemen yang harganya bisa 3 juta sebulan, mending cari kos-kosan yang lebih terjangkau, misalnya kosan yang harga sewanya di kisaran 1 jutaan. Banyak kok.

Kalau tinggal di kos-kosan kamu memang perlu penyesuaian untuk dirimu sendiri. Karena biasanya fasilitas di apartemen dan di kos-kosan itu sangat jauh berbeda.  Kalau kosan kamu itu bersih dan layak ditempati, kenapa nggak adaptasi disana saja kan?

3. Usahakan menghindari gali lubang dan tutup lubang

Beberapa orang akan berpikir untuk mencari hutang buat menutupi utang yang ada. Cara ini memang bisa bikin kamu melunasi hutang sih tapi kan kamu harus bayar lagi, artinya kamu berhutang lagi. Jadi sebetulnya, nggak bikin kamu benar-benar keluar atau lepas dari hutang kan?

Gali lubang dan tutup lubang itu sebenarnya cuma cara untuk menunda pembayaran utang saja, bukan melunasinya.

Misalnya nih, kamu udah mentok banget untuk bayar utang Kredit Tanpa Agunan (KTA), terus tiba-tiba ada tawaran buat top-up KTA terus kamu iyain. Yang ada utang kamu semakin membeludak. Coba deh pikirin baik-baik sebelum mengambil tawaran tersebut.

Dari pada kamu top-up KTA atau ngutang kepada keluarga demi bayar utag berjalan mending kamu berhemat deh. Sebisa mungkin, pasti sangguplah!

BACA JUGA :

Mau Jadi Berkat di Tempat Kerja? Begini Caranya. Mulai Yuk!

4. Jual barang yang kamu nggak butuhkan lagi

Dari pada bikin mumet di rumah, mending kamu jualin deh tuh barang-barang.

Lumayan kan, jika baju-baju kamu terjual semua dan duitnya bisa membayar utang kamu. Setidaknya menyicillah.

Kamu juga bisa jual mobil atau motor kamu. Nggak apa-apalah merelakan kendaraan tersebut buat melunasi hutang. Apalagi jualan barang itu kan nggak terlalu sulit, pastilah banyak yang mau.

Nggak apa-apalah, sementara waktu kamu naik angkutan umum dulu, daripada dikejar-kejar hutang yang sudah menumpuk gitu kan? Selain stres, hati kamu juga nggak tenang berkendara dan kemana pun. Pusing!

Nanti setelah hutang lunas, dan keuangan kamu kembali normal, silahkan untuk menabung dan membeli mobil atau motor lagi.

5. Stop pakai kartu kredit

Perlu diakui bahwa penggunaan kartu kredit ini benar-benar bikin kita seperti punya uang terus. Padahal di akhir bulan, baru deh kita stres karena harus membayarnya dengan jumlah yang bikin pusing.

Jadi mulai sekarang, coba deh berhenti dulu pakai kartu kredit. Simpan dulu deh kartu kreditnya di rumah. Kalau utang uah lunas, bolehlah sesekali dipakai lagi, asal jangan berlebihan ya.

Setelah melakukan 5 hal di atas,  kamu juga bisa mencari pekerjaan sampingan. Lumayan kan, pendapatannya untuk mencicil hutang.

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Dimas Diang 16 September 2019 - 13:44:33

Bagian excelnyang berisi alamat suatu sel

0 Answer

Armin Maulana 15 September 2019 - 18:57:54

Sebuah kapasitor keping sejajar diudara mempunyai .. more..

0 Answer

marsel sihombing 14 September 2019 - 20:37:08

perkataan kotor

0 Answer


Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

The Kicker Ellex 26 August 2019 - 18:40:31
Salam sejahtera para sahabat... Perkenalkan, nama ... more..

Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Banner Mitra September week 3


7271

advertise with us