Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
225


Menstruasi, haid atau datang bulan adalah salah satu fase fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi. Proses ini biasanya dialami kaum perempuan setiap bulan sejak usia remaja sampai menjelang menopause.

Secara biologis, fase ini sangat alamiah. Saat perempuan mengalami fase ini, orang-orang justru memaklumi dan bahkan banyak wanita yang mendapat keringanan saat mengalami periode haid.

Berbeda dengan yang dialami perempuan di pedesaan Nepal, India ini. Di sana dikenal tradisi Chaupadi yang sudah berakar kuat dimana wanita yang mengalami periode haid harus diasingkan dan disiksa.

Tradisi ini dihormati sesuai dengan nilai adat dan agama setempat. Perempuan yang sedang haid akan diasingkan di suatu tempat yang tak layak selama seminggu tanpa adanya koneksi dengan lingkungan sosial.

Warga memiliki keyakinan bahwa perempuan yang haid dianggap kotor dan dikuatirkan akan memberi bencana pada manusia, lahan dan ternak sekitar.

Biasanya wanita haid akan dikurung di gudang. Ada juga yang disuruh pergi ke hutan yang harus ditempuh selama 10-15 menit dari desa dan harus tinggal di gubuk kecil di tengah hutan.


Tak heran, perlakuan ini membuat sebagian wanita meninggal dalam kondisi yang mengerikan. Ada yang kepanasan, ada yang terlalu banyak menghirup asap api unggun dan bahkan digigit ular kobra. Paling ngerinya, wanita ini bahkan diperkosa oleh laki-laki tak bertanggung jawab.

Baca Juga :

3 Teknik Pijat Ini Dijamin Redakan Nyeri Haid Loh, Coba Yuk!

Siklus Haid Pendek, Ternyata Lebih Mudah Hamil.

Penderitaan yang dihadapi wanita Nepal ini dianggap tak layak. Hal ini mendorong Mahkamah Agung Nepal sejak 2005 silam, tradisi ini resmi dilarang.  Sayangnya, wanita di pedesaan ini tetap saja menjalankan tradisi tersebut tanpa komplain.

Di satu sisi, kita pasti prihatin dengan situasi yang dialami kaum perempuan di Nepal ini. Pasalnya, periode haid sebenarnya adalah salah satu fase alami tubuh yang diijinkan Tuhan terjadi atas wanita karena hal itu menentukan periode kesuburan seorang wanita. Jadi, kita patut bersyukur kalau di negara ini wanita haid masih diperlakukan dengan baik.

Sumber : Nationageographic.com/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

adrian 18 July 2019 - 21:48:14

Hutang

0 Answer

Dunia Anak 18 July 2019 - 12:05:47

Iop

0 Answer

Dunia Anak 18 July 2019 - 12:05:39

Rhon n

0 Answer


Yu55 Ch4nnel 28 May 2019 - 16:51:25
Bertahun2 saya meninggalkan Tuhan Yesus,hanyut dng... more..

Wellyanti Oktavia Selan Welly 19 May 2019 - 19:45:52
Selama 10tahun hidup berkeluarga, yang saya rinduk... more..

Dendank 15 May 2019 - 19:54:05
Saat Ini saya sangat membutuhkan Dana 400 ribu unt... more..

Dendank 15 May 2019 - 19:54:04
Saat Ini saya sangat membutuhkan Dana 400 ribu unt... more..

Banner Fun Run Juli week 3


7269

Banner Testify Juli week 3