Hari Buruk Bikin Gesekan Antar Sesama, Yuk Atasi Lewat 5 Hal Ini
Sumber: https://www.gannett-cdn.com/-mm-/ac688ee

Single / 10 November 2018

Kalangan Sendiri

Hari Buruk Bikin Gesekan Antar Sesama, Yuk Atasi Lewat 5 Hal Ini

Inta Official Writer
1793

Sebagai anak Tuhan, kita pasti pernah melalui hari-hari yang buruk. Entah itu karena pekerjaan, hubungan, atau karena hal lain yang bikin damai sejahtera dalam hati kita hilang. Dampaknya, suasana hati yang buruk bisa membuat hubungan kita dengan orang lain pun jadi buruk. Contohnya, kita jadi ketus, jutek, atau justru cenderung meluapkan kekesalan kita pada orang tersebut.

Sekarang, siapa sih yang mau berlama-lama kehilangan damai sejahteranya? Nah, ketika kita mengalami hari yang bikin suasana hati jadi buruk, yuk gunakan beberapa tahap ini.

1.  Ingatkan pada diri kalau Tuhan selalu hadir bersama kita

"Lalu Ia berfirman: “Aku sendiri hendak membimbing engkau dan memberikan ketentraman kepadamu.”” (Keluaran 33:14)

Pada setiap waktu-waktu yang buruk, tariklah napas sejenak dan katakan pada diri sendiri bahwa Tuhan selalu berada ditengah-tengah kita, maka Tuhan akan memberikan kelegaan buat kita. Ingatlah selalu bahwa Tuhan selalu berserta dengan kita. Untuk itu, undanglah Ia untuk terus berada dalam hati kita, maka sukacita dan damai sejahtera akan ada dalam hati kita.

2.  Bersyukur pada Tuhan atas segala hal yang terjadi

"Siapa yang mempersembahkan syukur sebagai korban, ia memuliakan Aku." (Mazmur 50:23)

Mengucap syukur nggak hanya berarti kita memuliakan Tuhan, tetapi juga membantu kita untuk melihat segala hal yang baik atas setiap hal yang terjadi dalam kehidupan kita. Kalau kita memejamkan mata sejenak, akan selalu ada hal yang bisa disyukuri, sebab kasih Tuhan senantiasa bersama kita setiap saat.

Baca juga: Pelajaran-pelajaran Yang Bisa Kita Petik Ketika Berada Dalam Hubungan Pacaran Yang Sehat

3.  Renungkan tentang bagaimana Tuhan menunjukkan dirinya kepada kita

"Karena Allah berfirman dengan satu dua cara, tetapi orang tidak memperhatikannya." (Ayub 33:14)

Cara Tuhan berbicara pada kita sangatlah beragam. Bisa melalui firmanNya, tapi bisa juga lewat sebuah kejadian yang menimpa kita. Terkadang, Ia juga berbicara pada kita melalui orang-orang yang ada di sekitar kita. Ketika kita mengalami hari yang buruk, cobalah renungkan kembali, kira-kira, apa yang Tuhan ingin sampaikan dari kejadian tersebut.

4.  Berbaliklah pada Tuhan

"Karena itu sadarlah dan bertobatlah, supaya dosamu dihapuskan." (Kisah Para Rasul 3:19)

Sering banget kita melakukan sebuah kesalahan tanpa menyadarinya. Meskipun kita sudah menjadi anak Tuhan, kita juga tetap bisa jatuh dalam dosa. Kita melakukan kesalahan setiap hari. Tetapi, Tuhan mengingatkan pada kita kalau pada setiap kali kita jatuh dalam dosa, ingatlah untuk bertobat dan kembali kepadaNya.

5. Lupakan kesalahan tersebut sebab Tuhan mau kita untuk bertumbuh

"Akan hal ini aku yakin sepenuhnya, yaitu Ia, yang memulai pekerjaan yang baik di antara kamu, akan meneruskannya sapai pada akhirnya pada hari Kristus Yesus." (Filipi 1:6)

Tuhan sedang mengubahkan setiap kita untuk bertumbuh bersama denganNya. Jangan biarkan rasa bersalah yang terus menerus justru menjatuhkan kembali kita. Ingatlah kalau Tuhan adalah pribadi yang selalu mau mengampuni. Terimalah pengampunan TUhan tersebut. Mintalah pada Tuhan hikmat untuk terus bertumbuh di dalamnya.

Hari-hari yang buruk dapat membuat kita bertumbuh selama kita bisa melihat pesan apa yang sedang Tuhan ingin sampaikan dalam kejadian tersebut. Oleh karena itu, janganlah kecewa dan terus ingatkan pada diri tentang 5 hal di atas tadi, ya.

Sumber : crosswalk
Halaman :
1

Ikuti Kami