Boko Haram Kalahkan ISIS Dalam Daftar Kelompok Teror Paling Mematikan
Sumber: CNN

Internasional / 5 September 2016

Kalangan Sendiri

Boko Haram Kalahkan ISIS Dalam Daftar Kelompok Teror Paling Mematikan

Puji Astuti Official Writer
4168

Berdasarkan daftar Global Terrorism Index (GTI) 2015 yang dirilis oleh Institute for Economic & Peace, kelompok teroris Boko Haram yang berada di Nigeria menduduki urutan pertama sebagai kelompok teror paling mematikan karena bertanggung jawab terhadap tewasnya lebih dari 6.664 orang. Sedangkan ISIS sendiri untuk tindakan teror hanya menewaskan sekitar 6073 orang lebih. Kebanyakan korban ISIS terjadi di medan pertempuran, yaitu sekitar 20.000 orang sehingga tidak dimasukkan dalam jumlah kematian karena tindakan teror, tetapi perang. 

Data yang dirilis oleh  Institute for Economic & Peace berdasarkan kesimpulan dalam 15 tahun terakhir dengan penekanan khusus pada tahun 2014. Hasil dari GTI ini juga menyimpulkan bahwa di tahun 2014 tindakan teror meningkat sebesar 80% di seluruh dunia. Ini adalah peningkatan tertinggi. Sedangkan jumlah orang yang tewas karena terorisme meningkat sembilan kali lipat dibandingkan tahun 2000. 

Setelah Boko Haram dan ISIS, kelompok teror yang selanjutnya yang menduduki tingkat teratas dalam indek teror ini adalah Taliban yang berada di Afganistan dan Pakistan, serta Militan Fulani di Republik Afrika Tengah dan Nigeria. 

Sedangkan untuk negara yang paling terdampak oleh tindakan terorisme adalah Afganistan, Irak, Nigeria, Pakistan dan Suriah. Kelima negara tersebut mengalami 78% kematian akibat terorisme. 

Motif tindakan terorisme tidaklah selalu karena ideologi agama, beberapa wilayah juga karena perebutan wilayah, isu rasial dan masih banyak lagi. Namun seringkali hal ini dibungkus dengan isu-isu agama untuk memprovokasi. 

Sudah saatnya tindakan terorisme menjadi musuh bersama, lawan dan hentikan penyebaran-penyebaran isu bernada provokasi. Mulai dari lingkungan sekitar, jangan biarkan keluarga dan orang-orang disekitar menjadi makanan empuk mereka yang menyebarkan kebencian. 

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami