DPR Lontarkan Ide Bangun Gereja & Wihara di Kompleks Parlemen
Sumber: dpr.go.id

Nasional / 30 January 2016

Kalangan Sendiri

DPR Lontarkan Ide Bangun Gereja & Wihara di Kompleks Parlemen

Puji Astuti Official Writer
3939

Dalam perayaan Natal di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (28/1/2016) malam, Ketua Panitia Perayaan Natal Nasional Maruarar Sirait melontarkan ide untuk membangun rumah ibadah selain masjid di kompleks parlemen tersebut. Idenya adalah dengan menambah bangunan rumah ibadah berupa gereja dan juga wihara. 

"Boleh enggak ada pura, wihara, kelenteng, dan gereja di parlemen untuk menunjukkan pluralisme?" demikian pertanyaan retorika yang dilontarkan Maruarar Sirait yang dikutip Kompas.com.

Ide tersebut mendapat tanggapan positif dari Ketua DPR Ade Komarudin, namun ia mengisyaratkan agar Maruarar menggalang dukungan terlebih dahulu. Menurut pria yang akrab dipanggil Akom tersebut, ada dua persoalan dalam mendirikan rumah ibadah lagi di Kompleks Parlemen. Pertama, pasti akan ada protes karena pembangunan rumah ibadah ini membutuhkan anggaran yang cukup besar.

“Saya ingin teman-teman anggota Dewan yang Kristiani bahu-membahu memperjuangkan bersama saya,” kata dia.

Kedua, keterbatasan lahan untuk mendirikan rumah ibadah.

”Kompleks tanahnya terbatas. Kita harus siasati benar,” ungkapnya. 

Walau demikian, bagi Akom, yang utama saat ini adalah sikap menghargai pluralisme dan toleransi antara sesama anggota DPR yang berbeda agama. Perbedaan agama dan politik tidak semestinya menjadi halangan untuk menjalin persahabatan dan memajukan negara.

“Kebersamaan dan toleransi ini kita jaga demi persatuan nasional. Intoleransi tak bisa hidup di negara ini. Ini amanat konstitusi kita, jadi tak bisa kita debatkan lagi,” demikian tegasnya.

Sumber : Kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami