Menko Polhukam: Gereja Jangan Berpolitik

News / 21 September 2015

Kalangan Sendiri

Menko Polhukam: Gereja Jangan Berpolitik

daniel.tanamal Official Writer
5511

Dalam pidato pembukaan acara Sidang Sinode Gereja Masehi Injil di Timor (GMIT) ke -33 di Nusa Tenggara Timur, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Panjaitan mengingatkan para pimpinan gereja untuk tidak memasukkan ambisi-ambisi politik kedalam gereja.

"Gereja itu perannya bukan untuk berpolitik, gereja adalah perpanjangan tangan Tuhan, dan harus membawa persatuan yang lurus dan utuh untuk umatnya sehingga jemaatnya menjadi lentera pembangunan dimana saja di seluruh pelosok Indonesia," kata Luhut dalam acara yang digelar di Bumi Tii Langga Kompleks Perkantoran Baa, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur, Minggu (20/9/2015).

Luhut meminta, gereja harus berperan menyatukan seluruh umat. GMIT menjadi organisasi yang sudah tua dan sangat diharapkan untuk bisa memainkan peran pemersatu. Tidak hanya itu, ia juga mengharapkan agar gereja mampu bekerja mencerdaskan jemaat. "Saya harap dalam Sidang Sinode GMIT ke-33 ini harus bisa dikedepankan agenda ini dan Sinode GMIT harus punya warna, agar para Pendeta bisa mencerdaskan para jemaat, dan tidak hanya berkhotbah di mimbar saja," kata Luhut.

Luhut juga mengaku terpukau dengan potensi pulau Rote yang berada di Selatan NKRI dan perkembangan ekonomi harus didukung oleh mental manusianya, dan peran gereja sangat penting dalam hal itu. "Dari atas saya lihat Pulau Rote sangat indah, dan pemerintah mencanangkan pariwisata menjadi pusat penerimaan bangsa, sehingga pembangunan infrastruktur pariwisata, menjadi sangat penting sehingga saya berharap, NTT didorong agar pariwisatanya lebih bagus lagi. Saya ingin melihat bahwa Rote ini menjadi pusat wisata yang bagus, juga dengan hasil rumput laut yang besar yang bisa menjadi industri. Juga perikanan, serta pertanian berkembang di sini sehingga daerah ini menjadi lebih makmur. Para Pendeta menjadi kunci untuk menyebarkan pendidikan," ujar Luhut.

Gereja Masehi Injili di Timor (GMIT) adalah salah satu gereja yang tergabung dalam Gereja Protestan di Indonesia (GPI). Gereja ini terletak di provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Gereja ini berdiri pada 31 Oktober 1947

Sumber : kompas
Halaman :
1

Ikuti Kami