6 Gelar Pendidikan Tak Lazim Yang Cocok Untuk Pengusaha
Sumber: Brunel University/flickr.com

Entrepreneurship / 8 August 2015

Kalangan Sendiri

6 Gelar Pendidikan Tak Lazim Yang Cocok Untuk Pengusaha

Puji Astuti Official Writer
5966

Dari pengalaman dan orang-orang yang saya temui, tidak banyak yang memiliki latar pendidikan sesuai dengan bidang pekerjaan yang digelutinya. Tidak jarang bahkan latar bidang pendidikannya sangat melenceng dari profesinya. Hal yang sama juga berlaku bagi wirausahawan, tidak selalu mereka harus berlatar belakang sekolah bisnis atau akuntan. Jadi jika Anda tidak memiliki latar belakang pendidikan dibidang bisnis, jangan putus asa dulu, karena latar belakang pendidikan bagi mereka yang ingin memulai usaha terbilang terbuka lebar. Namun berikut ini ada 6 latar belakang pendidikan yang tak lazim namun cocok untuk mereka yang ingin jadi pengusaha menurut laman Entrepreneur.com :
1 Seni Teater
Pelatihan teater yang Anda terima saat kuliah akan membantu Anda untuk tampil dihadapan para investor, klien maupun para karyawan Anda. Anda akan tahu bagaimana menguasai bahasa tubuh, tekanan suara dan juga bagaimana membangun personal branding. Selain itu kemampuan Anda untuk berkomunikasi yang terlatih dengan baik akan membantu Anda mengembangkan jaringan.
2 Sarjana Olahraga
Mereka yang mengenyam pendidikan olahraga akan mengerti benar pentingnya kerjasama tim, daya tahan dan kemampuan untuk mendorong diri sendiri untuk mencapai terbaik. Selain itu mereka juga diajarkan untuk mengutamakan kesehatan tubuhnya, hal ini yang seringkali dilupakan oleh para pengusaha muda. Karena sesukses apapun seseorang, namun jika dalam perjalanannya ia kehilangan kesehatannya, maka apa yang dicapainya tidaklah berarti lagi.
Belajar dibidang pendidikan jasmani juga membuat seseorang untuk mengerti nilai-nilai sportifitas dan juga ketetapan hati untuk menghadapi persaingan yang sengit, hal ini bukan hanya berlaku di lapangan pertandingan namun juga dunia bisnis.
3 Sejarah
Cara terbaik untuk belajar adalah dari sejarah, dengan demikian kita tidak mengulang kesalahan yang sama. Seorang sejarahwan harus memiliki kemampuan untuk menganalisa dan juga menikmati untuk menengok ke masa lalu melihat apa yang salah dan apa yang benar. Selain itu mereka yang memiliki pendidikan bidang sejarah biasanya adalah seorang pencerita yang baik. Semua itu kemampuan yang penting untuk seorang pengusaha.
4 Tehnik
Pendidikan bidang tehnik saat ini sangat luas, mulai dari tehnik mesin hingga tehnik komputer yang saat ini sedang maju pesat. Jadi bidang tehnik apapun, maka kemampuan Anda bisa dipastikan akan menopang Anda menuju keberhasilan.
5 Theologi
Apa hubungannya keimanan dengan bisnis? Lebih dari yang Anda bayangkan. Jika Anda mempelajari Theologi maka Anda akan menemukan bahwa bidang ini tidak hanya mempelajari "spiritualitas" namun sangat luas. Mereka yang memiliki latar belakang bidang teologi lebih terbuka, memiliki rasa ingin tahu yang besar, dan memiliki kemampuan analisa yang baik. Mereka juga sangat suka mengamplikasikan makna sebuah pelajaran atau kisah dalam kehidupan sehari-hari. Secara umum, mereka adalah pemimpin yang hebat.
6 Musik
Jenis alat musik apapun yang Anda tekuni saat kuliah, Anda akan menemukan bahwa apa yang Anda pelajari akan menuntun Anda pada jalur wirausaha. Anda akan membutuhkan ambisi dan konsentrasi untuk mendedikasikan diri dalam bidang musik, kedua hal ini juga penting dalam dunia usaha. Selain itu banyak penelitian mengungkapkan bahwa musik memberi dampak positif dalam berbagai segi kehidupan.
Nah, apakah Anda terinspirasi dengan artikel di atas? Apapun latar belakang pendidikan Anda, semua itu bisa mendukung Anda untuk mencapai keberhasilan. Jangan pernah menyerah saat menghadapi kesulitan saat Anda berjuang mewujudkan impian Anda.

Sumber : Entrepreneurs.com | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami