Nepal Gempa Bumi, 2000 Orang Tewas

Nasional / 27 April 2015

Kalangan Sendiri

Nepal Gempa Bumi, 2000 Orang Tewas

daniel.tanamal Official Writer
6374
<!--[endif]-->

Gempa bumi berkekuatan 7,9 SR yang menggucang Nepal pada Sabtu (25/4) mengakibatkan 2.000 orang tewas. Jumlah tersebut terus bertambah setiap harinya seturut dengan pencarian dan evakuasi besar-besaran yang saat ini sedang dilakukan pemerintah setempat.

Gempa yang tepatnya mengguncang kota Pokhara itu juga menimbulkan kerusakan yang luas di ibukota Kathmandu. Longsoran salju akibat gempa ini mengubur sebagian base camp bagi para pendaki gunung yang akan mendaki Everest. Presiden Nepal Mountaineering Association (NMA) Ang Tshering Sherpa mengatakan akan sulit melakukan evakuasi kepada para pendaki karena jalur kembali ke basecamp telah tertutup akibat longsor salju.

Dia menyebut Longsoran salju sempat menghantam sebagian basecamp. Sementara itu, Salah seorang pemandu, Shinji Tamura mengatakan sekitar 40 orang terluka akibat longsoran salju yang disebabkan oleh gempa yang mengguncang Nepal kemarin. "Tidak ada yang tahu berapa banyak yang hilang," kata Shinji.

Pasukan tentara India yang berbasis di pegunungan tertinggi dunia, Mount Everest, memberikan informasi telah menemukan 18 potongan badan pendaki gunung di antara longsoran yang menimbun base camp. Menurut informasi sementara, ada lebih dari 1.000 pendaki yang tengah berada di Mount Everest saat ini.

Kemlu RI pun menuturkan ada sedikitnya 3 WNI yang berhasil diketahui menjadi pendaki gunung tersebut. Menurut Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia (PWNI dan BHI) Kemlu, Lalu M Iqbal, ketiganya berada dalam kondisi selamat.


Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami