5 Alasan Wanita Lebih Panjang Umur Dari Pria
Sumber: Telegraph.co.uk

Psikologi / 22 April 2015

Kalangan Sendiri

5 Alasan Wanita Lebih Panjang Umur Dari Pria

Lori Official Writer
4662
<!-- endif]-->

Tak ada satu manusia pun yang bisa memprediksikan usia seseorang, baik pendek atau panjang. Namun sebuah penelitian menunjukkan bahwa gender bisa menentukan usia. Para peneliti menemukan bahwa wanita ternyata berpotensi lebih panjang umur daripada pria. Terdapat 5 alasan besar yang melatarbelakangi hal itu, yaitu:

1. Kekebalan tubuh wanita lebih lama menua

Ilmuwan Jepang mengatakan bahwa kekebalan tubuh yang melemah dari waktu ke waktu dapat meningkatkan kerentanan terhadap penyakit dan memperpendek rentang hidup seseorang.

Prof Katsuiku Hirokawa dari Medical Tokyo dan Gigi University dan rekan menganalisis sampel darah dari 356 pria dan wanita sehat berusia antara 20 dan 90. Mereka mengukur kadar sel darah putih dan molekul yang disebut sitokin yang berinteraksi dengan sel-sel sistem kekebalan tubuh untuk mengatur respon tubuh terhadap penyakit. Pada kedua jenis kelamin, dijumpai bahwa jumlah sel darah putih per orang menurun seiring dengan pertambahan usia.

2. Wanita lebih kuat dalam kandungan

Calon bayi perempuan lebih kuat dalam kandungan daripada janin laki-laki. Hal ini disebabkan oleh kecenderungan janin laki-laki lebih lemah dan mudah terserang infeksi prenatal atau masalah kandungan lainnya. Selain itu, janin laki-laki lebih lambat berkembang sehingga rentan kelahiran prematur atau kemungkinan meninggal dunia.

3. Sel-sel tubuh wanita lebih tahan lama ketimbang pria

Hasil studi terbaru menunjukkan, wanita dapat hidup bertahan lebih lama karena sel-sel tubuh mereka lebih bisa memperbaiki sel yang rusak ketimbang sel tubuh pria. Dalam laporan yang diterbitkan Scientific American, Profesor Tom Kirkwood dari Newcastle University, Inggris menyatakan bahwa tubuh wanita secara genetika memiliki mekanisme yang lebih baik dalam hal perbaikan sel rusak untuk menghasilkan sel yang sehat kembali.

Berdasarkan data statistik di Inggris, perbedaan angka harapan hidup pria dan wanita semakin menipis, yakni sekitar 4.2 tahun (turun dari 6 tahun selama kurun waktu 27 tahun terakhir).  Sedang harapan hidup bayi laki-laki diperkirakan bisa mencapai rata-rata 77.7 tahun dan bayi perempuan sekitar 81.9 tahun.

4. Wanita lebih penakut dari pria

Faktor keberanian ternyata juga berpengaruh dalam menentukan usia pria dan wanita. Mentalitas wanita yang cenderung penakut juga membantu wanita menghindar dari risiko yang menyangkut nyawa. Misalnya saat berkendaraan di lalu lintas, wanita akan cenderung lebih berhati-hati ketimbang pria yang lebih dipacu oleh emosi. Wanita akan jauh berpikir dua kali saat akan mengambil keputusan sehingga dapat terhindar dari kecelakaan.

5. Wanita lebih perduli dengan kesehatan

Meski kelihatan begitu merepotkan dan menghabiskan banyak biaya, namun perawatan tubuh yang dilakukan wanita ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan. Misalnya, menjalankan program diet, olahraga dan mengkonsumsi makanan organik sehat.  

Sementara pria lebih cenderung tidak mampu menahan nafsu mengkonsumsi beragam jenis makanan atau minuman seperti fast food, daging, alkohol dan rokok, yang cenderung menimbulkan beragam penyakit.

Kendati beragam faktor di atas merupakana hasil studi yangdilakukan oleh sejumlah peneliti. Namun bukan berarti laki-laki memang diciptakan dengan usia yang lebih pendek daripada wanita. Faktor kebiasaan juga berperan besar bagi kondisi kesehatan seseorang. Jadi, mulailah menerapkan pola hidup sehat sehari-hari.

Sumber : Vemale.com/Tempo.co/ls
Halaman :
1

Hot Topics

  1. Cahaya Bagi Negeri
  2. Daily Devotional
  3. Nabi Palsu
  4. Khotbah Tentang Bersyukur
  5. Punya Tujuan Hidup Umur Lebih Panjang

Related Articles

Ikuti Kami